Ruang Cerita dan Renjana

Dari Papua Untuk Indonesia, Setengah Abad Freeport Berkontribusi Untuk Negeri

Freeport indonesia
Pic source IG @freeportindonesia

Menjelajah bumi Papua dengan segala kearifan lokal dan keunikannya, tentu tak akan lepas dari nama PT. Freeport Indonesia. Selama 50 ( lima puluh ) tahun lebih beroperasi di Papua sejak April 1967, Freeport telah memberikan sumbangsih yang tidak sedikit bagi Indonesia.

Seperti kata pepatah 'tak kenal maka tak sayang', sebelum bicara tentang sumbangsih Freeport untuk Indonesia, mari kita mengenal PT. Freeport Indonesia lebih dekat lagi.

PT. Freeport Indonesia  disingkat PTFI atau lebih sering disebut Freeport, merupakan tambang mineral terkemuka di dunia yang berlokasi di kota Mimika, Provinsi Papua, Indonesia. Perusahaan ini merupakan afiliasi dari Freeport - Mc.Moran Copper & Gold Inc dan PT.Indonesia Asahan Aluminium ( Persero ) atau PT.Inalum. Freeport  menambang dan memroses bijih  menghasilkan konsentrat yang mengandung tembaga, emas dan perak dan dipasarkan ke seluruh penjuru dunia terutama ke smelter tembaga dalam negeri, yaitu PT. Smelting.

Visi PT. Freeport Indonesia

Misi PT. Freeport Indonesia

Selama 50 tahun lebih beroperasi di Indonesia, Freeport sangat memahami pentingnya memberikan kontribusi positif bagi masyarakat. Paling tidak ada dua pola kontribusi Freeport untuk Indonesia. Pertama, kontribusi langsung terhadap penerimaan negara berupa pajak, royalti dan dividen. Yang kedua, keuntungan tidak langsung berupa gaji atau upah karyawan, pembelian dalam negeri, pembangunan daerah dan investasi dalam negeri.

Freeport juga memberikan kontribusi dalam pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Papua antara lain proyek infrastruktur dan fasilitas masyarakat baik di bidang pendidikan, kesehatan maupun ekonomi.

Kontribusi Freeport Dalam Bidang Pendidikan


Berdirinya Institut Pertambangan Nemangkawi ( IPN ).

IPN merupakan institusi pelatihan khusus yang didirikan oleh PT. Freeport Indonesia dan dikelola oleh Departemen Quality Management Services ( QMS ). IPN terletak di area seluas 8 hektar di dalam area industri PT. Freeport Indonesia. Tujuan didirikannya institusi ini adalah untuk menyediakan pendidikan dan pelatihan bagi siswa magang dan pramagang serta memberikan pengembangan sumberdaya manusia khususnya bagi orang Papua asli (AOP) agar menjadi tenaga kerja yang mumpuni di bidang pertambangan.

Di IPN, siswa - siswi IPN tidak hanya dilatih skill, tetapi juga manajemen, sikap dan perilaku. IPN juga membebaskan siswa - siswinya dari segala biaya operasional pendidikan, bahkan mmberikan tunjangan biaya hidup, transportasi bahkan THR.

Sejak didirikan pada tahun 2003 hingga saat ini, IPN sudah mendidik lebih dari 2.700 siswa yang mayoritas lulusannya direkrut dan bekerja di Freeport dan perusahaan privatisasi lainnya.

Hadirnya IPN merupakan contoh bentuk sistem pendidikan yang aplikatif dan strategis dalam mendidik sumber daya manusia sesuai kebutuhan lokal untuk mengelola sumber daya alam yang ada.


Kontribusi Freeport Dalam Bidang Kesehatan


Rumah Sakit Mitra Masyarakat ( RSMM )


Rumah Sakit Mitra Masyarakat merupakan rumah sakit yang didirikan dengan menggunakan Dana Kemitraan PTFI. RSMM saat ini telah menjangkau pelayanan empat spesialistik yaitu bedah, penyakit dalam, kebidanan dan anak serta kunjungan reguler penyakit mata. RSMM telah dilengkapi peralatan penunjang medis yang canggih untuk mendukung pelayanannya.


Rumah Sakit Waa Banti ( RSWB )

Seperti halnya RSMM, RSWB juga didirikan dengan menggunakan Dana kemitraan PTFI. RSWB merupakan rumah sakit pertama di Papua yang mendapatkan akreditasi dari Kementrian Kesehatan. Selain memberikan pelayanan kesehatan pada aspek kuratif dan rehabilitatif, RSWB juga melakukan kegiatan pada aspek preventif yang terintegrasi dengan program kesehatan masyarakatyang dijalankan oleh LPMAK.

Klinik

PTFI dan LPMAK juga mensponsori beberapa klinik yang ada di Mimika, tersebar di beberapa wilayah seperti SP IX, SP XII, Nayaro dan Pomako.


Program Pelayanan Kesehatan

Program pelayanan kesehatan ini berfokus pada kesehatan Ibu dan Anak, Pengendalian Malaria, Pengendalian HIV dan AIDS, pengendalian TB, Air bersih dan sanitasi. 


Sumber bacaan :
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Freeport_Indonesia
https://www.ptfi.co.id
https://goodnewsfromindonesia.id
Be First to Post Comment !
Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca. Jika kalian mempunyai pertanyaan terkait artikel ini, silakan drop pertanyaan di kolom komentar, bukan melalui private chat atau media sosial.
Thank you!

Custom Post Signature

Custom Post  Signature