Kreasi Hoop Art, Seni Menghias Pemidangan

pic source : www.amazon.com
Bismillahirrahmannirrahim..

Sudah lama saya vakum bebikinan. Efek libur sekolah panjaaaang banget, konon niatnya mau dipakai buat ngerjakan project bebikinan yang list nya sudah nggak cukup satu halaman agenda. Tapi ternyata rencana tinggal rencana. Apa daya, anak-anak libur sekolah kerjaan emaknya malah nambah.

Pfiiuuhhh... *elap keringet..*

Di daftar pending project saya, salah satunya adalah membuat hoop art. Lihat foto - foto hoop art yang kece - kece di instagram dan pinterest, membuat darah saya mendidih ( hahaha, sangar gak tuh..) sudah nggak sabar ingin bebikinan hoop art.

Oke buat pemanasan, kita ngobrol- ngobrol dulu tentang hoop art yuuk....

Hoop art merupakan seni kerajinan menghias hoop atau pemidangan. Pemidangan, atau ada juga yang menyebut midangan atau widangan pasti sudah banyak yang tahu dong.. Ini alat craft yang termasuk old school, dari jaman kakek nenek buyut sudah ada. Midangan biasanya dipakai untuk menyulam.  Bentuknya berupa dua buah lingkaran yang dipasangkan dengan uliran diatasnya.

pemidangan ( pic source ; www.tokopedia.com )
Saya  belum menemukan sumber kapan dan siapa yang mulai mempopulerkan hoop art. Tetapi di Indonesia sendiri, hoop art masih populer sampai dengan tahun 2019 ini. Seni kerajinan hoop art memiliki tingkat kesulitan yang beragam, mulai dari sederhana, menengah dan sulit. Tergantung media dan teknik apa yang digunakan untuk menghiasnya. Hiasan yang diaplikasikan di hoop art macem - macem, bisa menggunakan flanel, kreasi kancing atau yang agak sulit biasanya dengan teknik embroideryEtapi,  kalau sudah hobi sih nggak ada yang sulit ya ?

Baca juga yuk : Cara Membuat Hoop Art


Media Hoop Art


Pada dasarnya, hoop art dibuat dengan media hoop ( pemidangan ) tetapi bisa juga hoop art dibuat dengan media lain yang juga berbentuk lingkaran. Misalnya, compact disc bekas, kawat atau hula hop. Hula hoop digunakan untuk membuat hoop art dalam ukuran yang cukup besar, tanpa kain ditengahnya.

Untuk hoop art yang menggunakan midangan, ditengah-tengahnya dipasang kain. Kain yang dipakai bisa bervariasi seperti kain perca, kai. crosstitch ( kristik ), blacu, kanvas, atau goni.

hoop art
hoop art berbahan kawat ( pic source : pinterest )

Hoop art dari CD bekas ( pic source : youtube )
Hoop art dengan media hula hoop ( pic source : media-rooang.com)

Fungsi Hoop Art


Secara umum hoop art berfungsi sebagai wall decoration, namun dengan kreatifitas seni yang tidak terbatas hoop art bisa dibuat agar memiliki daya fungsi lebih dari sekadar pemanis ruangan, contohnya untuk jam dinding, papan nomor rumah, room name, juga sebagai souvenir atau ucapan hari istimewa. Di marketplace Indonesia harga pasaran hoop art mulai dari 60 ribu rupiah. Sedangkan di markerplace luar negeri seperti etsy.com harga hoop art dipatok kisaran 17 USD


Pic source www.etsy.com

Contoh hoop art untuk souvenir wisuda (Pic source Instagram)

Cantik - cantik kan..
Bagaimana, tertarik untuk membuat hoop art?

Salam,




6 komentar on "Kreasi Hoop Art, Seni Menghias Pemidangan"
  1. ewowwww, hasilnya.....sangat menarik sekali, Mbak ini kreatif Banget deh. Kalau dikembangkan , saya yakin Mbak bisa jadi Pengusaha Sukses di bidang Home Industri .

    # Eeee, ada yang Gratis buat saya ngak yah, hahahah....:) *ngarep.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin aamiin.. Makasih supportnya Kang. Cuma bidang craft ini cabangnya buanyaaak banget dan saya belum ketemu satu yang ingin saya tekuni lebih khusus. Masih pengen nyobain semuanya..

      Hapus
    2. Coba cobain 10 % dulu, siapa tau ketemu yang cocok, kalau sudah cocok cepatan digarap, mumpung belum di dahului oleh tetangga sebelah. :)

      Hapus
    3. Iya bener juga tips nya Kang. Ada sih beberapa yg sudah masuk daftar di project. Cuma ya itu, kadang-kadang kalah sama mager, atau riweuh ngerjakan setrikaan (eh.. wkwwk) :D :D

      Hapus
  2. Dulu saya pernah membuatnya , sekitar tahun 80-an. Ternyata masih eksis juga ya. Masih ada peminatnya. Kalau dari segi alat tampak kuno gitu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oiya? Waah mas Djangkaru kelas berapa tuh, prakarya SD kah ?

      Kalau hoop/pemidangannya nya emang udah old school banget, dari jaman kakek nenek sudah ada mas. Biasanya kan buat nyulam tuh..

      Tapi kalau kreasi seni yang dibuat di hoop dan nggak dilepas lagi, saya baru tahunya sekarang2 ini. Tapi bisa jadi saya yang kurang update juga, hehee..

      Hapus

Terima kasih sudah membaca. Ditunggu komentarnya ya..!

Custom Post Signature

Custom Post  Signature