Minggu, 13 Agustus 2017

# Game Level 3 # Institut Ibu Profesional

[ Level 3 ] Day#1 Rencana dan Persiapan Family Project


Family Project, apalagi ini ??

Membaca game level 3 ini, mendadak otak saya rasanya mbruwet, seperti hape android yang memanas karena kebanyakan aplikasi. Setelah mencari pencerahan kesana kemari, chit chat dengan sesama peserta bunsay maupun seniorita, akhirnya mulai jelaslah, apa yang dimaksud Family Project.

Eta terangkanlah, jadi Family Project atau fampro adalah kegiatan bersama yang direncanakan bersama-sama oleh seluruh atau sebagian anggota keluarga, dalam rangka mencapai tujuan bersama yang telah ditetapkan. 

Nggak perlu yang jauh-jauh deh mikirnya, aktivitas apa saja yang dikerjakan oleh seluruh anggota keluarga, itulah family project. Nah, kalau begitu sih, saya punya banyak (planning) fampro. Ya, baru sebatas planning, karena saya belum menentukan target waktu pelaksanaannya. Alhamdulillah, kok yo pas banget, di materi bulan ke 3 ini tugasnya berkaitan dengan family project. Jadi saya sekaligus me review rencana-rencana apa saja yang pernah saya buat, dan memilih beberapa untuk direalisasian menjadi family project.

Beberapa rencana yang sudah sempat menari-nari di kepala saya, antara lain :

  1. menyortir mainan, khususnya boneka yang populasinya semakin tak terkendali
  2. memperbanyak cooking day bersama kakak Icha dan dedek Wecha, untuk mengurangi durasi anak-anak terpapar gadget dan televisi.
  3. simple craft project, membuat kerajinan tangan sederhana, seperti gantungan kunci, pembatas buku, pencil cap, stiker label dll yang kira-kira masuk ke pasar anak-anak, khususnya ke teman-teman kakak Icha. Targetnya, ialah menambah pemasukan / uang saku anak-anak dan pos infaq.
  4. merapikan buku-buku bacaan, karena keterbatasan tempat, buku-buku kami masih mencar-mencar. Ada yang di ruang tv, ada yang di kamar, ada yang di meja belajar dll. Sudah terpikir lama ingin menyatukannya dalam satu ruang, rencananya ruang depan, supaya bisa menjadi Pojok Baca yang bisa dinikmati oleh teman-teman Icha dan Wecha
  5. merapikan pekarangan, mulai dari mengecat pagar, menambah tanaman, menutup saluran pembuangan / got --> duh, yang ini fampro kelas berat bagi kami, bismillah semoga bisa terlaksana

Dari 5 poin rencana fampro diatas, sepertinya saya harus memilih lagi, mana yang bisa direalisasikan. Karena fampro ini yang terpenting adalah realisasi, bukan rencana... hehehe. Dengan mengacu kepada proses, saya pilih kegiatan yang sederhana, menyenangkan, mudah tapi juga menantang. Baiklah, berikut nama project fampro saya :
  1. Cooking Day
  2. Simple Craft Project
  3. Pojok Baca
Hari kedua, mulai pelaksanaan project pertama yaitu Cooking Day. InsyaaAllah   akan saya tulis pada postingan berikutnya.

#Day1
#Level3
#MyFamilyMyTime
#KuliahBunsayIIP

2 komentar:

  1. Fampro! Ikutan aah, mau buat fampro bersama kaka Athan di rumah^^

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca, yuk tinggalkan jejak dengan komentar yang santun

Follow Us @soratemplates