Jumat, 08 September 2017

# Ulasan

Rahasia Tidur Berkualitas a la Choky Sitohang



Bagi kebanyakan orang, tidur merupakan aktifitas untuk mengakhiri hari. Tetapi tidak bagi Choky Sitohang. Menurut hot daddy yang juga presenter beken ini, tidur merupakan aktifitas untuk mengawali hari. Tidur yang berkualitas sangat dibutuhkan agar dapat melanjutkan aktifitas selanjutnya dengan stamina yang prima. Hmm, benar juga ya..? Lalu, apa rahasia Choky untuk mendapatkan tidur yang berkualitas ? Sabtu pekan lalu, Choky Sitohang membeberkan rahasia tidur berkualitas keluarganya. Penasaran kaan...? Yuk kita simak..

dari kiri ke kanan : Mbak Nanda MC, Bp Mukti Argo, Choky Sitohang, Ibu Yessica Dewi
Acara talkshow bertajuk Healthy Sleep Healthy Life yang digelar pada Sabtu 3 September 2017 di Pakuwon Mall tersebut menghadirkan Choky Sitohang sebagai Brand Ambassador Florence, Bapak Mukti Argo dari PT.Duta Abadi Primantara (PT.DAP) dan psikolog ibu Yessica Dewi, S. Psi. M.Psi. Acara ini termasuk salah satu dari rangkaian pameran Healthy Sleep Family Carnival yang disponsori oleh PT. DAP selaku produsen dan distibutor produk - produk beding kenamaan yaitu King Koil, Serta, Tempur dan Florence.

Membuka talkshow, ibu Yessica Dewi menyampaikan pentingnya menjaga kualitas tidur anak agar performa anak dalam aktifitasnya di sekolah selalu prima. Apakah anak - anak harus tidur siang setiap hari? Disampaikan psikolog cantik ini, kebutuhan tidur setiap anak berbeda sesuai usianya. Pada usia play group dan TK, anak membutuhkan tidur siang minimal 30 menit sampai 2 jam setiap harinya. Ketika menginjak usia Sekolah Dasar, tidur siang sudah tidak wajib lagi, namun tetap perlu diperhatikan kecukupan jam tidur antara 10-11 jam per hari. Bagaimana cara menjaga kualitas tidur anak, berikut tips dari Ibu Yessica :
  1. Sediakan ruangan tidur yang nyaman dengan penerangan yang cukup, suhu udara yang sejuk dan ventilasi udara yang cukup.
  2. Berikan matras /kasur yang nyaman, sesuai dengan sensifitas anak. Karena selera setiap anak berbeda, ada yang menyukai matras yang empuk, ada juga yang menyukai matras yang keras.
Bagaimana jika jam tidur anak kurang, karena terbawa oleh aktifitas orangtuanya? Seperti yang dialami Choky Sitohang, kelekatan anak - anak kepada Choky berimbas si anak selalu menunggunya untuk tidur. Hal ini membuat jam tidur anak  menjadi tidak teratur dan dikhawatirkan kualitas tidurnya berkurang. Ibu Yessica menyarankan beberapa tips berikut :
  1. berikan pemahaman yang baik tentang jam tidur
  2. sepakati jam tidur lebih awal dari biasanya, misalnya biasanya jam 12 malam, majukan menjadi jam 10. Tidak perlu langsung 'normal' ke jam 8 atau jam 9. Namun secara bertahap diarahkan untuk tidur sebelum jam 9
  3. berikan reward, jika anak berhasil tidur lebih awal, berikan bonus waktu bermain pada pagi harinya, misalnya sebelum berangkat ke sekolah.
Nah, bagi yang memiliki problem seperti keluarga Choky, boleh tuh dicoba tips dari ibu Yessica. Menurut Choky Sitohang, kualitas tidur merupakan hal yang sangat signifikan untuk dapat melanjutkan aktivitas sehari-hari dengan baik. Kualitas aktifitas sehari-hari tergantung dari kualitas tidur, tentu dibarengi dengan asupan makanan dan minuman sehat yang cukup, latihan teratur dan meminimalisir stress. Salah satu faktor pendukung kualitas tidur adalah pemilihan matras yeng tepat.

sumber foto  https://www.facebook.com/Florence.Mattress.Indonesia/
Sebelum didapuk menjadi brand ambassador produk tersebut, Choky Sitohang dan keluarga merupakan pengguna setia Florence.Choky merasakan banyak sekali manfaat yang didapat dengan menggunakan Florence. Salah satunya dari sisi estetika, Florence memberikan nilai tambah keindahan rumah karena desainnya sesuai dengan rancang bangun rumah tinggal mereka. Selain itu kenyamanan tidur keluarga lebih terjaga dengan hadirnya Florence. Florence merupakan tempat tidur yang sesuai dengan kebutuhan keluarga Indonesia yang modern dan dinamis. Dengan Florence momen kebersamaan keluarga Choky menjadi lebih berkualitas, karena banyak aktivitas keluarga bisa dilakukan di kasur yang nyaman, sehingga kebersamaan yang sehat terjalin secara dinamis. 

Apakah produk dari PT DAP hanya Florence? Tentu tidak. PT DAP banyak melakukan riset mengenai pola tidur masyarakat modern sekarang ini. Pola hidup masyarakat khususnya di kota besar cenderung mengabaikan kualitas tidur yang baik. Padahal, hal ini akan sangat berpengaruh pada hari tua. Tidur merupakan  investasi, karena sepertiga hidup kita berada diatas tempat tidur. Selain mengkampanyekan pentingnya kualitas tidur sebagai investasi hidup,PT DAP memberikan solusi dengan mengembangkan produk tempat tidur sesuai kebutuhan masyarakat Indonesia. Apa saja produk PT DAP ?
  • King Koil, merupakan tempat tidur dengan kualitas tertinggi yang dibuat dengan teknologi terbaru. King Koil hadir memenuhi selera masyarakat yang menyukai tempat tidur bergaya klasik.
  • Serta , dengan tagline nya "always comfortable"  Serta adalah matras nomor 1 yang dipakai oleh masyarakat America. Di desain untuk memenuhi kebutuhan masyarakat tropis, Serta menerapkan teknologi adaptive dynamic system yang membuat suhu matras lebih dingin di malam hari
  • Florence merupakan brand yang hadir untuk memenuhi pangsa pasar menengah di Indonesia. Florence memberikan pilihan produk dengan harga terjangkau namun tetap unggul dalam kualitas
  • Tempur, brand yang satu ini menggunakan teknologi beding yang digunakan para astronot NASA untuk tidur diluar angkasa, dengan material khusus yang nyaman dipakai diluar angkasa tentunya akan memberikan kenyamanan maksimal ketika digunakan di bumi.

Nah nah, mulai bingung mau pilih yang mana kaaan ? Sebelum kamu menentukan pilihan, perlu diingat juga nih tips membeli tempat tidur dari Bapak Mukti Argo :
  • Lihat material dari tempat tidur tersebut. Apakah cukup halus dan lembut.
  • Jangan hanya dipegang, jangan hanya duduk. Karena kasur bukan sofa, hehe.. Cobalah untuk tidur dengan posisi favorit kita.Apakah itu berbaring telentang atau miring. Jangan khawatir, karena sales person produk - produk PT. DAP  akan sabar menunggu. Rasakan dalam posisi berbaring minimal 5 menit. Harus yakin saat memilih, karena tempat tidur tersebut akan menemani sepanjang hari dalam usia kita. Kayak jodoh aja ya.. *eaaa...
Masih disampaikan oleh Bapak Mukti Argo, ada 2 tahapan dalam tidur
  1. REM atau Rapid Eye Movement yaitu proses menjelang tidur. Kalau istilah Jawanya 'liyer-liyer' ( bukan lieur ya.. beda lagi hehe ). Pada proses ini terjadi perbaikan sel - sel tubuh.
  2. NREM atau Non Rapid Eye Movement, yaitu saat kita sudah tidur tenang. Tahap ini juga menentukan kesehatan mental. Jika NREM tidak tercapai, akan menimbulkan rasa tidak nyaman pada saat bangun. NREM sangat memerlukan situasi yang nyaman. Oleh karena itu pemilihan tempat tidur yang baik sangat penting agar proses tidur ini bisa terjadi dengan baik
Tidak lupa Ibu Yessica juga menyampaikan tips bagaimana untuk menanamkan kebiasaan tidur yang baik pada anak, juga untuk mencegah anak susah tidur :
  • Persiapkan aktifitas sebelum tidur secara rutin, misalnya ganti piyama, cuci tangan dan kaki, dan ke toilet. Lakukan dengan urutan yang sama
  • Hindari gadget ketika diatas tempat tidur
  • Jika anak belum mengantuk, isi dengan aktifitas yang bisa menstimulasi anak agar merasakan kantuk, misalnya membaca cerita, atau bermain puzzle
  • Berikan lampu tidur di kamar jika anak masih takut gelap, matikan setelah anak tertidur
  • Pada proses awal menumbuhkan kemandirian, temani menjelang anak-anak tidur, dan tinggalkan kamar anak setelah mereka tertidur.
photo session bersama Choky Sitohang
Wow, daging semua isi talkshownya ya?  Banyak ilmu dan tips yang bermanfaat. Ternyata urusan tidur bukan hanya sekedar memejamkan mata saja. Seperti judul talkshownya, healthy sleep healthy life. Tidur yang sehat dan berkualitas akan meningkatkan kesehatan raga dan rohani kita. Jadi, apa pilihan tempat tidurmu? Tentukan pilihanmu sekarang..!







1 komentar:

  1. Jadi mengerti rahasia tidur yg berkualitas, krn dulu pernah bangun tidur tau2 leher malah ga nyaman, orang2 bilang, salah bantal atau salah posisi hehehe...

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca, yuk tinggalkan jejak dengan komentar yang santun