Sabtu, 24 November 2018

# BPN 30 Day Blog Challenge

5 Jurus Anti Baper di Media Sosial



Biasanya apa sih, yang bikin teman - teman baper ketika bermain medsos ?

✔️ postingan nggak ada yang nge like or comment?
✔️ lihat postingan artis atau teman yang menurut kita hidupnya sempurna ?
✔️ debat / pro kontra menanggapi sesuatu ?

atau apa ? he he he
Dulu saya termasuk yang baper an dengan medsos. Pernah autoleft grup wa gegara teman saya candaannya kelewatan. Nyesel setelah itu ? Nggak juga sih, sekali - sekali emang perlu. Tapi kadang - kadang kebaperan kita juga bisa ditanggapi lucu oleh orang lain (baca = diketawain). 

Contohnya yang ini, beberapa waktu yang lalu ketika saya sedang antri belanja di warung, tidak sengaja terlibat obrolan ibu - ibu tentang grup whatsapp mereka. Ibu - ibu ini lagi ngobrolin teman mereka yang baper gegara postingannya nggak ada yang respon. Rupa - rupanya teman si ibu ini memposting  berita duka tentang meninggalnya seorang da'i kondang yang mantan rocker. Karena kesal postingannya tidak direspon beberapa menit kemudian si ibu marah - marah.

"Yo opo ngunu iku, wa ne nggak direken ngamuk..." 
(Bagaimana kalau seperti itu, wa nya nggak direspon marah)

"Posting e lho jam pitu, yahmono aku jek uplek nang dapur, gak kiro nyekel hp.." sahut ibu yang satunya ( postingnya jam tujuh, jam segitu aku masih sibuk di dapur, nggak mungkin pegang hp )

Saya senyum - senyum sendiri mendengarnya. Tuh kan, kalau kita kelewat baperan di medsos bisa- bisa diketawain yang lain. Jadi baiknya bagaimana ? Kalau menurut saya sih begini

1. Positif Thinking
Jika kita memutuskan menggunakan medsos, artinya kita siap menerima segala resikonya. Keseringan negatif thinking akan membuat sakit hati. Jadi belajarlah selalu positif thinking menyikapi setiap postingan orang lain.Begitu juga ketika postingan kita minim respon, akui mungkin postingan kita kurang menarik, atau bisa jadi belum ada yang menanggapi karena sibuk.

2. Skip Jika Perlu
Bete lihat teman posting foto dan kepsyen mesra - mesraan mulu dengan suaminya? Atau keki lihat do'i upload foto jalan - jalan ke luar negrinya ? hehehee...
Media sosial sudah ada antisipasi kok untuk kenyamanan kita. Ada menu unfollow di facebook dan mute/senyapkan di instagram. Manfaatkan itu aja, daripada nahan baper.

3. Bersikap pro choice
ibu bekerja vs ibu dirumah ?
melahirkan normal vs operasi sesar ?
vaksin vs no vaksin ?
sekolah negeri vs sekolah full day ?

masih banyak lagi daftar pro dan kontra yang ujung - ujungnya menjadi perdebatan tanpa ujung pangkal di media sosial. Setiap orang memiliki kondisi dan pertimbangan masing - masing. Jadi, bersikap pro choice terhadap pilihan orang lain merupakan hal yang terbaik menurut saya.

4. Saring sebelum sharing
jargon ini sudah populer banget untuk mengingatkan kita pentinganya menjaga jempol dan telunjuk sebelum menyentuh tombol 'share'. Pastikan hanya yang bermanfaat yang kita share dari akun medsos kita

5. Introspeksi Diri
Sebelum menyalahkan orang lain, mengkritik hidup orang lain, coba deh kita introspeksi diri sendiri. Sebab belum tentu kita lebih baik dari yang kita kritik.

Tapi dipikir - pikir, kalau semuanya bisa nerapin jurus anti baper, nanti di media sosial nggak ada yang nyinyir bin julid nggak seru dong ? hahaha... Biarlah, media sosial boleh panas, tapi hati kita harus tetap adem kayak ubin mesjid. Setuju tak ?


day 5
BPN 30 Day Blog Challenge

5 komentar:

  1. wkwkwkww.. iya juga ya mba, kadang orang2 julid itu bikin medsos jadi hidup muahahahah.
    Tapi mending orang aja deh yang julid asal bukan kita hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaa .. Iya mba, akumah ogah jadi orang julid.. Biat orang lain aja...

      Hapus
  2. Setujuh ubin mesjid adem wkwkwk.
    Etapi bener sih perang komen julit ajaib gitu suka bikin ngakak #duhjahat

    BalasHapus
    Balasan
    1. bhahahha... diam-diam banyak yang suka menikmati perang nyinyir di medsos ya..

      Hapus
  3. ohhh...aku mau berkomentar salah fokus nih ....Mbak Novriyanti tinggal di Jawa Timur rupanya... hehehe...dialog ibu2 di warung ituuh

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca, yuk tinggalkan jejak dengan komentar yang santun

Follow Us @soratemplates