Review Skincare Legend, Tje Fuk ! Baca Ini Dulu Sebelum Mencoba

tje fuk kosmetik


Entah kesambet apa, tetiba penasaran bangen pengen nyobain skincare ini. Pernah dengar brand kosmetik Tje Fuk ( baca : cefuk ) ? Jika kalian asing dengan namanya, coba deh tanya dulu ke mama, tante atau oma kalian, mungkin mereka paham. Hehe.. 

Yes, Tje Fuk adalah brand skincare yang sudah melegenda alias sudah ada sejak jaman baheula. Jaman dulu sebutannya kosmetik ya, masih jarang yang pakai istilah skincare. Tje Fuk memang pernah punya masa keemasan, kira-kita sampai sekitar era 2010 an. Makin kesini, nama Tje Fuk mulai jarang diperbincangkan. Tapii ternyata nih, produk Tje Fuk masih setia menempati  rak-rak di belakang kasir minimarket frenchise, bahkan menempati posisi 'sultan' yaitu di belakang kasir. Itu menandakan produk Tje Fuk masih ada yang beli masih diminati customer skincare masa kini.

Ditengah gempuran trend skincare Korea maupun skincare lokal yang keren-keren dan harga yang relatif lebih ramah di kantong, Tje Fuk masih bisa bertahan, saya jadi penasaran, apa yang membuat Tje Fuk masih eksis hingga kini. Apa iya Tje Fuk memang sebagus itu ?

Saya kemudian browsing dengan mengetikkan kata kunci review kosmetik tje fuk di mesin pencari. Kebanyakan result yang muncul di-post sebelum tahun 2020. Tapi ada satu yang menarik yaitu review dr. Oka Sidharta dengan judul Bedah Ingredients Skincare Legend ! Tidak saya tempel linknya disini ya, yang penasaran silakan ke YouTube channel-nya dr. Oka Sidharta, tapi setelah selesai baca artikel ini, hehe..

Singkat cerita, saya order Tje Fuk di store resminya di Tokopedia. Ternyata oh ternyata produk Tje Fuk ini tidak hanya melulu day cream dan night cream, sudah banyak varian baru yang cukup up to date, mengikuti perkembangan skincare sekarang. Ada juga seri baru yaitu FOE 2. Sepertinya, FOE 2 ini sasarannya lebih ke kaum muda, cmiiw ^^  

Setelah konsultasi singkat dengan kakak adminnya, saya check out lah 5 item produk Tje Fuk yaitu, Tje Fuk Washing Cream 1 dan 2 ( ini sepaket sih, sepertinya tidak bisa dibeli terpisah ), kemudian Tje Fuk Moisture Cream, Tje Fuk Day Cream dan Night Cream.

Tje Fuk Washing Cream 1 dan 2

Harga IDR 69.900/paket ( dapat 2 produk )

tje fuk washing cream

Tje Fuk Washing Cream 1 With Scrub

Ingredients :
Palmitic Acid, Myristicacid, Stearic Acid, Adinol CT9, GMS GE 080 N/E, Propylene Glycol, Monamid 150 LWA, Polyquaternium, Glycerine, Glydant, Perfume, Yellow, Demin Water

Klaim Manfaat :
Membuat kulit wajah bersih dan segar

tje fuk washing cream 1

Tje Fuk Washing Cream 1 with scrub berwarna kuning muda senada dengan tube kemasannya, dan mengandung butiran scrub. Sebenarnya saya kurang yakin juga, apakah scrubbing ini bisa dilakukan tiap hari, tapi menurut adminnya, ini boleh dilakukan untuk daily cleansing. Di awal pemakaian menurut saya scrub nya agak tajam, jadi saya pakai cuma sedikit, nggak sampai sebiji jagung. Scrubbing pelan aja. Ini dipakainya nggak berbusa, hehe.. iya kan namanya juga washing cream, bukan washing foam. 

Honestly, ada sensasi 'tebal' di wajah setelah pemakaian. Jadi kayak ada cream yang tertinggal. Wajah terasa agak lengket, minyak wajah keangkat tapi nggak ada efek kesat. 

Setelah pemakaian washing cream 1, lanjut ke washing cream 2 yang botolnya hijau. tertulis di kemasannya, with moisturizer. 

Tje Fuk Washing Cream 2 With Moisturizer

Ingredients :
Palmitic Acid, Myristicacid, Stearic Acid, Dysodium Lauryl Sulfosuccinate Dea, Glyceryl Monostearate, Polyquaternium-7, Glycerine, Triethanolamin, Demineralized Water, Yellow 10 C1:47005, FD & Blue Ci : 42090, DMDM Hydantoin, Perfume, Propylene Glycol. 

Klaim Manfaat :
Membuat kulit wajah bersih dan segar. 

tje fuk washing cream 2



Secara tekstur Tje Fuk Washing Cream 2 lebih ringan dibandingkan Washing Cream 1. Jika diaplikasikan ke wajah mengeluarkan busa tapi sedikit. Rasa 'tebal' yang ditinggalkan washing cream 1 auto keangkat, jadi udah paling bener ya, ini dipakai sesuai urutanya yaitu setelah washing cream 1, kayak yang mengangkat sisa-sisa washing cream 1 yang terasa tertinggal di wajah. 

Setelah pemakaian, kulit terasa bersih segar tapi tetap moist.

Jadi, dari kedua produk yang klaimnya 'hanya' membuat kulit wajah bersih dan segar, saya bisa pastikan, kedua produk ini mampu memenuhi klaim yang ditawarkan. ✔ 

Tje Fuk Moisture Cream

Tahap setelah cleansing, yaitu moisturizing dengan Tje Fuk Moisture Cream, kayak ini nih bentuknya:


Tje Fuk Moisture Cream dikemas dalam botol kaca doff berisi 30 ml. Harga jual konsumen IDR 130.000/botol. ( wdyt, it's pricey or pricey ? )

Mode keluarannya dengan pump. Untuk satu kali pakai, saya cukup menekam pump 1x sudah cukup untuk diusapkan ke seluruh wajah dan leher. Tekstur creamnya sedang, tidak terlalu pekat dan tidak terlalu encer sehingga mudah diaplikasikan ke wajah.  Wanginya segar dan cepat meresap ke kulit. 

Sayang, di botolnya tidak mencantumkan ingredients jadi saya nggak bisa menulis infonya disini. 

Klaim manfaat Tje Fuk Moisture Cream :

Mencerahkan wajah kusam hanya dengan semalam. 

Hemm.. 

Kalau dari manfaat yang diklaim mampu mencerahkan wajah kusam hanya dengan semalam saya rasa berat sodara..

TBH, untuk efek moisturizing ini memang bagus ya.. tapi untuk efek mencerahkan dalam semalam, sorry to say, belum yah..

Tje Fuk Day Cream dan Night Cream

Harga IDR 120.000/pack isi Day Cream dan Night Cream, @8 gram

First impression melihat Tje Fuk Day Cream dan Night Cream ini, mini banget .. haha .. 

Memang imut banget, kayak kemasan share in jar. Packaging nya, out of date parah.. jar warna hitam dari bahan mirip batu, tutup warna emas. Jadul banget pokoknya..

Tje Fuk Day Cream


Untuk creamnya, berwarna kekuningan karena ini semacam pearl cream gitu ya.. mengandung foundation juga. Jadi memang ini nggak bisa di aplikasikan langsung setelah cleansing, harus didahului dengan pemakaian moisturizer atau cream ini bakalan tembelong-tembelong nggak mau ngeblend. 


Ketika dipakai, ada efek tone up ke warna kulit satu tingkat. Jadi lebih kuning. Oiya untuk pemakaian sunscreen ini disarankan sebelum day cream ya

Tje Fuk Night Cream

Tje Fuk Night Cream kemasannya persis sama dengan Day Cream, hanya beda stiker yang menandai day dan night nya saja. 

Tekstur Tje Fuk Night Cream lebih ringan daripada day creamnya. Warna putih, ringan di wajah. Mudah diaplikasikan ke wajah. Untuk pemakaian yang disarankan tetap sama yah, didahului dengan moisture cream terlebih dahulu. 


Kesimpulan

Dari review yang saya temukan di internet, ada beberapa yang menyebutkan, bahwa hasil dari pemakaian Tje Fuk ini akan terlihat setelah 1 ( satu ) minggu. Tapi sebagian juga menulis bahwa Tje Fuk sekarang nggak sebagus dulu hasilnya. Tapi balik lagi, hasil skincare apapun pastinya tergantung dari kulit masing-masing. Bagus di satu orang belum tentu bagus untuk yang lain.

Pun dengan review ini, murni dari pengalaman saya, setelah mencoba Tje Fuk Skincare selama 7 hari.

1. Harganya Cukup Pricey

Sebenarnya kategori pricey itu relatif sih ya, gak akan sama untuk masing-masing orang, IMHO Tje Fuk ini tergolong over budget untuk kantong saya.  

2. Kemasan old school, alias jadul hehe.. 

Sejauh yang saya ingat, kemasan Tje Fuk ini nggak ada perubahan, tetep seperti yang sudah ada sejak dulu. Makanya dari material, bentuk, maupun font tulisan vibesnya jadul banget. Mungkin ini maksudnya supaya tetap menjaga ciri khas dari brand Tje Fuk itu sendiri ( haha.. sotoy kan saya.. )

3. Sudah Bersertifikat Halal dan BPOM

Buat kalian yang ragu dengan kehalalan Tje Fuk, mungkin karena nemuin banyak huruf China di kemasan produk ini, jangan khawatir karena Tje Fuk sudah memiliki sertifikat halal dengan nomor LPPOM-00150099211019 tanggal kadaluwarsa 08 Februari 2026 ( data saat artikel ini di publish, sumber : halalmui.org )   

Demikian juga dengan sertfikat BPOM, Tje Fuk juga sudah mengantongi ijin POM untuk 154 item produknya ( sumber https://cekbpom.pom.go.id/kosmetika )


4. Banyak typo, baik di website resmi atau di marketplace. 

Hehe, ini out if topic yah.. mohon maaf, tapi typo nya banyak dan cukup menganggu. Misalnya, penulisan 'tebar pesonamu' ditulis ' terbar pesonamu', ada juga 'for Man and women' imho menurut saya seharusnya 'for Men and Women' oiya ada lagi kata 'wrinkle' yang ditulis 'wringkle'

Untuk branding sebuah produk nasional, kayaknya kurang pas aja kalau official websitenya typo.

4. Repeat Order or Not ?

Hemm.. untuk waktu satu minggu saya belum bisa memutuskan apakah akan repeat order atau tidak. Murni dari pengalaman pemakaian saya selama 7 hari ini Tje Fuk belum memberikan hasil sesuai harapan. Tapi barangkali jika digunakan minimal sampai paket pertama ini habis, kemudian ada perubahan yang signifikan, bolehlah repeat order.

Kalau kalian bagaimana, apakah tertarik pakai Tje Fuk ?

Terima kasih sudah membaca ^^


Posting Komentar

11 Komentar

  1. aku ingat betul brand Tje Fuk ini, karena tante aku pernah pake. Dan aku waktu itu masih SD. Legend banget
    sampe sekarang aku belum pernah cobain juga, takut ga cocok juga sebenernya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang se legend itu Tje Fuk ya mbak, dari jaman kita masih bocah sampai kini masih eksis

      Hapus
  2. Pantesan namanya unik ternyata skincare dari jaman baheula ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iya, sebenarnnya ingin coba dari dulu baru kesampaian

      Hapus
  3. Jiaahhh... berarti aku seumuran mama-mama sama tante-tante, dong, Mbak Nov... hihiiii... 😄
    Tje Fuk ini dulu memang legend dan sekelas dengan Olay (Oil of Ulan). Model ambassador-nya artis Diana Pungky yang cantik banget. Sayangnya, dulu aku tetap belum tertarik pakai Tje Fuk dan lebih memilih Olay. Dari segi harga kayaknya juga mirip Olay, deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha.. beda angkatan dikit kayaknya kita mba..
      laahh aku malahan ngga inget brand ambassadornya tje fuk mba... Iya bener, jadi ingat.. Diana Pungky icon kecantikan era 90an yak..

      Hapus
  4. Wah, legend banget ini brand ya Mbak.
    Jadi inget dulu tje fuk juga nangkring di meja rias Mama saya, hwkwkwkk...
    Penasaran pengen cobain, tapi kira-kira ini cocok untuk kulit sensitif cenderung kering gak, ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah mamanya gaul ya mba, era nya mama-mama kita tjefuk ini kelas skincare sultan ngga sih..? hehhee

      Hapus
  5. Produk kosmetik Legend betul ini dan terkenal mahal di masanya Mbak, seingat saya sih. Kemasan day dan night creamnya lucu ya? model era lama gitu. Happy banget saya produk ini masih ada.

    BalasHapus
  6. Tje Fuk memang legend banget, sih. Ternyata punya banyak produk skincare juga ya.. Sy baru tahu, lho. Untuk harga, menurut sy gppa mengeluarkan sedikit lebih banyak untuk perawatan wajah. Asal cocok di kulit kita nggak masalah. Mau nggak mau, kita yang udah nggak muda ini memang harus mau perawatan.. Hehe.

    BalasHapus
  7. Waduh, saya malah baru tahu brand Tje Fuk ini, ternyata udah ada dari zaman baheula dan masih eksis sampai sekarang ya. Jadi penasaran juga mau cobain apalagi dengan klaimnya yang bisa menghempaskan kusam dalam semalam, hihi.. Untungnya juga udah tersertifikasi Halal dan BPOM so aman digunakan.

    BalasHapus

Haloo, terima kasih sudah membaca ! Jika kalian mempunyai pertanyaan terkait artikel ini, silakan drop pertanyaan di kolom komentar, bukan melalui media sosial. Jangan gunakan profil 'unknown' ya .. ( maaf banget niih, komentar 'unknown' dan meninggalkan link hidup tidak saya tampilkan )