Sabtu, 01 April 2017

# DIY & Craft

Bunga Cantik Dari Karton Telur


Sudah lama saya ingin mengajak Icha dan Faisya membuat hiasan dinding bunga cantik dari karton telur ini, tapi nyari-nyari karton telurnya ngga dapet-dapet. Sampai suatu hari, di onggokan sampah pinggir jalan saya melihat dua buah karton telur tergeletak begitu saja.. hehe. Beberapa bagian agak basah, tapi untungnya masih bersih dan tidak berbau. Jadi saya bawa pulang dan saya jemur dulu sampai karton-karton itu kering sempurna.

Sambil menunggu karton kering, saya dan Icha menyiapkan alat-alat yang diperlukan yaitu :

1. Gunting
2. Cat air, kuas, palet dan air
3. Lem UHU

Untuk bahan-bahannya :
1. Karton telur
2. Kanvas ukuran 20 x 30 cm
3. Kawat tangkai bunga
4. Daun
5. Selotip tangkai
6. Glitter ( ngga pakai glitter juga ngga apa-apa )

alat dan bahan
Setelah karton kering sempurna dan alat / bahan lengkap yuk kita mulai membuat. Begini caranya :

1.  Pertama-tama, gunting karton telur menjadi bentuk bunga. Karena karton telur lumayan keras, Icha agak kesulitan juga. Saya bantu dengan menggunting karton telur satu per satu setiap cekungan, kemudian Icha yang membentuk kelopaknya. Saya tinggal finishing untuk merapikan bentuk kelopaknya. Buat kurang lebih 8-10 buah. ( saya buat 9 ). Setelah itu buat juga bulatan-bulatan kecil, dari sisa karton telur, dengan diameter kira-kira 1 cm. Jumlah bulatan menyesuaikam jumlah bunga yang kita buat.


2. Kemudian warnai kelopak kelopak bunga tersebut dengan menggunakan cat air. Bagian ini yang paling disukai anak-anak. Faisya pun semangat ikut mengoleskan kuas. Kita bisa mulai dari satu sisi dulu, misalnya bagian bawah, lakukan untuk semua kelopak. Biarkan kering dan lanjutkan dengan bagian atasnya. Taburi glitter secukupnya di bagian dalam kelopak. Jemur atau angin-anginkan sampai kelopak-kelopak tersebut kering. Warnai juga bulatan bulatan yang telah kita buat tadi, dengan warna yang sama dengan kelopak.


3. Sambil menunggu kelopak kering, kita warnai kanvas dulu yaa.. lagi-lagi anak-anak berebutan mewarnai dan memilh warna.Akhirnya kami memilh warna biru muda


4, Masih sambil menunggu kelopak dan kanvas kering, kita  siapkan kawat tangkai bunga. potong sekitar 15-20 centimeter sebanyak kelopak bunga. Lilit dengan selotip tangkai sampai semua bagian tertutup. Jangan lupa sisipkan beberapa daun pada tangkai tersebut. Bagian ini agak sulit, jadi anak-anak merelakan saya yang mengerjakannya, hehe..

5. Jika kanvas dan kelopak bunga sudah kering, kami bersama-sama mulai menyusun bunga pada kanvas. Susun se natural mungkin. Bayangkan kita sedang menyusun rangkaian bunga. Kemudian lekatkan dengan lem UHU. Setelah bunga menempel pada kanvas, tempelkan bulatan bulatan kecil tadi pada bagian tengah bunga. Pilih warna yang berbeda antara bunga dengan bulatan ya..
oiya, sebenarnya dari resep aslinya bulatan kecil ini pakai kancing plastik. tapi untuk kesan natural saya menghindari bahan plastik, jadi saya akalin seperti ini.

6, Susun tangkai dibawah kelopak bunga. lekatkan dengan lem. atur supaya tangkai tampak terhubung dengan bunga ya.. 


 7. Nah.. jadi deh, hiasan bunga cantik dari bahan karton telur. Lucu dan unik kan?


Cara membuat hiasan bunga dari karton telur ini saya adopsi dari sini . Saya modifikasi di beberapa  karena menyesuaikan bahan yang tersedia. Kerajinan ini juga pernah dimuat di majalah Sakinah

Semoga bisa menjadi inspirasi berkreasi di akhir pekan bersama anak-anak [Novri.nh]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca, yuk tinggalkan jejak dengan komentar yang santun

Follow Us @soratemplates