Pilah Pilih Air Minum Dalam Kemasan, Yuk Kenali Jenis dan Manfaatnya


Hydration talk

Pembaca Diarynovri,

pernah nggak sih, kalian merasa kebingungan di minimarket ketika mau beli air minum ? Ahaha, saya pernah loh ! Stuck di depan barisan botol-botol air minum dalam kemasan, saking banyaknya merk yang terpampang di depan mata. Ada yg tertulis, air mineral, air alkali.+ dan lain-lain. Sebenarnya apa sih bedanya ?

Nhaa, alhamdulillah nih Senin kemarin tanggal 30 September 2019, saya mengikuti Hydration Talk yang diselenggarakan oleh Danone-AQUA. Talkshow nya membahas tentang jenis dan manfaat AMDK serta pentingnya hidrasi sehat. Jadi sedikit banyak nambah ilmu tentang AMDK dan seluk beluk hidrasi sehat.

Pada talkshow yang diadakan di Hotel JW Marriot Surabaya itu, ada 3 narasumber yang dihadirkan. Semuanya pakar dibidangnya. Siapa saja beliau, ini dia

- dr. Nurul Ratna Mutu Manikam, M. Gizi, Sp. GK Ketua Departemen Ilmu Gizi, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia

Dr. dr. Diana Sunardi, M. Gizi, Sp. GK Ketua Indonesian Hydration Working Group ( IHWG ) 

- dr. Tria Rosemiarti, Hydration Science Director PT. Tirta Investama ( Danone-AQUA)

Berhubung saya lagi baik hati saya mau bagi-bagi oleh-oleh dari Hydration Talk  disini. Mau kan?

Yuuks..
Yang pertama,

Pentingnya Pemenuhan Hidrasi Sehat Bagi Tubuh

Kurang lebih 2/3 ( dua per tiga ) tubuh manusia tersusun dari air. Bahkan, berbagai organ dalam tubuh seperti ginjal, otak dan otot mengandung 70-80% air. Karena itu air menjadi salah satu zat makro esensial dan berperan penting dam fungsi fisiologis tubuh.

Jika dulu kita mengenal jargon makanan sehat dengan standar 4 Sehat 5 Sempurna, maka yang berlaku sekarang adalah rekomendasi Menteri Kesehatan di Tumpeng Gizi Seimbang dimana selain karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral kita juga harus memenuhi kebutuhan air dengan rekomendasi 8 (delapan) gelas sehari. Hal ini, dikatakan oleh dr. Nurul Ratna, asupan air diperlukan untuk mencegah dehidrasi atau ketidak seimbangan kebutuhan cairan tubuh yang dapat mengakibatkan gangguan kesehatan baik jangka panjang maupun jangka pendek.

Gangguan kesehatan jangka pendek contohnya apa saja sih ? Bisa berupa penurunan konsentrasi, kelelahan dan sembelit. Sedangkan gangguan jangka panjangnya antara lain gangguan ginjal, bisa berupa keluhan batu ginjal atau PGK ( Penyakit Ginjal Kronis ), infeksi saluran kemih atau bahkan kegemukan.

"Penting untuk menerapkan kebiasaan minum air untuk menjaga kecukupan hidrasi agar tubuh tetap sehat," dr. Nurul Ratna Mutu Manikam, M. Gizi, Sp. GK


dr. Nurul Ratna Mutu Manikam
dr. Nurul Ratna Mutu Manikam, M. Gizi, Sp. G

Kenali Jenis dan Manfaat AMDK Yang Kita Konsumsi

Mengonsumsi AMDK sudah menjadi gaya hidup kita sehari-hari. Dari beragam jenis AMDK yang beredar di pasaran itu ternyata tidak banyak masyarakat yang memahami perbedaan jenis dan manfaatnya. Ada 4 jenis AMDK yang dibahas lebih lanjut dalam talkshow, yaitu air mineral, air demineral, air oksigen dan air alkali. Keempatnya menurut Dr. dr. Diana Sunardi, M. Gizi, Sp. GK memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Ini dia penjelasannya :

✔ Air Mineral

Jenis air mineral merupakan AMDK yang paling mudah ditemukan di Indonesia. Air Mineral mengandung mineral alami, yang didalamnya terdapat kandungan natrium, kalsium, zinc, florida, magnesium, kalium dan silica. Mineral sangat dibutuhkan oleh tubuh. Natrium berfungsi untuk menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit, magnesium berfungsi menjaga sistem kardiovaskuler, kalsium untuk menjaga kesehatan tulang, kalium untuk sistem saraf dan otot, zinc untuk pembentukan sel dan enzim, florida untuk mencegah karies gigi dan silica untuk membantu memperkokoh jaringan otot.

Air mineral memiliki pH 6.0 - 8.5

✔ Air Demineral

Merupakan AMDK yang diproses melalui destilasi atau reverse osmosis / deionisasi. Air ini memiliki pH 5.0 - 7.5

Karena tidak memiliki kandumgan mineral sama sekali, air ini tidak baik bagi kesehatan jika dikonsumsi dalam jangka panjang

✔ Air Oksigen

Merupakan AMDK yang ditambah
oksigen (O2). Bisa berupa air mineral atau demineral.

✔ Air Alkali

Merupakan AMDK yang melalui proses elektrolisis atau ionisasi/penambahan garam. PH air alkali berkisar antara 8.5-9.97. Air ini tetap memiliki kandungan mineral.

Dr. dr. Diana Sunardi
Dr. dr. Diana Sunardi, M. Gizi, Sp. GK

"Jenis air demineral, air dengan pH tinggi atau air dengan oksigen masih memerlukan kajian ilmiah lebih lanjut untuk mengetahui bahwa jenis air tersebut dapat memberikan manfaat kesehatan lain selain dari tercukupinya kebutuhan hidrasi", Dr. dr. Diana Sunardi, M. Gizi, Sp. GK
Dalam kesempatan  tersebut, dr. Tria Rosemiarti selaku Hydration Science Director PT. Tirta Investama juga menyampaikan mengenai komitmen Danone-AQUA untuk terus memberikan edukasi dalam membantu meningkatkan kesadaran akan pentingnya kebiasaan minum air yang sehat di Indonesia. Danone - AQUA menggandeng berbagai pihak seperti IHWG, Universitas Indonesia dan beberapa universitas lain di Indonesia.

Sesuai misinya untuk memberikan kesehatan kepada sebanyak mungkin orang dan visi " One Planet One Health", Danone - AQUA percaya bahwa kesehatan masyarakat ditentukan oleh gaya hidup dan lingkungan yang sehat juga.

Danone Aqua
Dari kiri ke kanan dr. Tria Rosemiarti, Dr. dr. Nurul Ratna Mutu Manikam, M.Gizi, Sp. GK dan Dr. dr. Diana Sunardi, M. Gizi, Sp. GK

Lebih lanjut dr. Tria menuturkan, bahwa dalam memproduksi air mineral, Danone AQUA selalu berkomitmen menjaga kemurnian produk mulai dari sumber mata air, proses produksi hingga kontrol kualitas pasar. Danone - AQUA mengajak masyarakat jeli dalam memilih jenis AMDK yang sesuai dengan manfaat yang diharapkan karena AMDK yang berkualitas dapat menjadi pilihan untuk mendukung hidrasi sehat dan aktivitas sehari-hari.

Urusan air minum memang bukan urusan sepele. Setelah paham manfaat hidrasi sehat dan jenis-jenis AMDK, mudah-mudahan teman-teman semua lebih paham bagaimana memilih AMDK yang baik untuk kesehatan.

Semoga oleh-oleh Hydration Talk kali ini bermanfaat ya.

Salam,
29 komentar on "Pilah Pilih Air Minum Dalam Kemasan, Yuk Kenali Jenis dan Manfaatnya "
  1. Saya sudah lama jadi penjual minuman mineral ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, berarti mas Djangkaru termasuk pejuang hidrasi sehat dong....


      Hapus
  2. Terimakasih sharingnya 😇

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih banyak sudah mampir ke blog saya bun..

      Hapus
  3. trimsnya, infonya sangat berharga

    BalasHapus
  4. Wah baru tahu kalau air pun banyak jenisnya. Selama ini sih beli minuman kemasan hanya yang mereknya sudah terkenal-terkenal saja. Cuma belum tahu banget soal manfaat ini. Terima kasih atas informasinya ya mba. Bermanfaat banget.

    BalasHapus
  5. Masalah minum adalah perkara penting, bila yg di minum nggak bagus misal banyak mengandung asam, kapur pasti berbahaya di kemudian hari.

    Minum air yg dg yg sudah terpercaya aja hehe

    BalasHapus
  6. Banyaknya minuman manis, air putih semakin tergeser padahal manfaat air putih itu sangat luar biasa.
    Danone Aqua aku suka beli, memang suka buat bingung mau beli air mineral merek apa. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu dia... Palagi ke anak-anak tuh mba, susyah bgt ngarahin supaya minum air putih, banyakan pilih yg manis2

      Hapus
  7. Sebenarnya gak bingung sih kalau pilih AMDK ini karena selalu langsung hap pilih Danone-Aqua. Hehe. Btw, aku baru tau juga loh kalau konsumsi air demineral dlm jangka panjang tidak baik u kesehatan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Padahal ada yg bilang bagus utk terapi ya mba..
      Kemarin bu Diana bilangnya, butuh penelitian lebih lanjut utk memastikan hal tsb

      Hapus
  8. wah ini nih yang sering terlewat. selama ini cuma asal minum aja, pengen minum ya nyari tanpa pilah pilih. terimakasih sharingnya mbak.

    BalasHapus
  9. air mineral 3 liter per hari adalah keharusan buatku, pakainya tentu saja Danone Aqua :)

    BalasHapus
  10. Pemahaman pentingnya hidrasi sehat ini penting ya, karena dapat mencegah penyakit-penyakit di kelak kemudian hari. Tfs mb..

    BalasHapus
  11. Hari gini apa-apa emang gak boleh sembarang ya Mba? Termasuk urusan minum

    BalasHapus
  12. aqua yg paling enak sih, klo yg lain kurang suka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayak ibu saya mba, merk lain gak suka.. Wajib Aqua hehee

      Hapus
  13. Kalau yang pHnya diatas 7 sepertinya tak bisa dikonsumsi setiap saat ya mbak, karena diperlukan untuk menetralkan as lambung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, ph tinggi kurang baik utk kesehatan

      Hapus
  14. Baru tahu, ternyata ada banyak macam jenis air

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mba, sy juga baru tahu bedanya, hehehe

      Hapus
  15. Ternyata ada beberapa jenis ya mbak. Semakin menambah wawasan saya tentang air minum dalam kemasan...

    BalasHapus
  16. Masalah penurunan konsentrasi, kelelahan dan sembelit itu baru masalah awal yang timbul ketika kita kekurangan air putih ya mbak? kalau maslah ini berlanjut bisa lebih berbahaya. makasih postnya bermanfaat benget nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali mba.. Kurang minum kayaknya sepele dampaknya ngga bisa disepelein

      Hapus
  17. Iyaa mbak bermanfaat banget sekarang jadi tau deh bedanya apa. Dan ternyata walau cuma air putih ada macam macam ya jenisnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget... Kayak saya tuh, suka bingung pilih-pilih...

      Hapus

Terima kasih sudah membaca. Ditunggu komentarnya ya..!

Custom Post Signature

Custom Post  Signature