Resep Fish Bites ala Resto Yang Praktis dan Mudah, Gorengan Sehat Favorit Anak


resep fish bites


Urusan masak, saya tuh nggak suka yang ribet-ribet. Untungnya suami dan anak - anak juga nggak terlalu picky soal makanan.  Biasanya saya siapkan makanan siap saji yang praktis, misalnya frozen food. Jadi sewaktu - waktu anak-anak butuh camilan bisa langsung goreng. Sudah enak, praktis dan hemat waktu, pulak !

Tapiiii, biasanya yang cerewet Ibu saya, alias neneknya nak-kanak. Ini nggak boleh lah, itu nggak baik lah.. Jangan sering makan makanan berpengawet lah, Jangan sering makan goreng-gorengan lah, endebra endebre... Hihihi, memang ya kalau nggak cerewet namanya bukan nenek.. Tapi si nenek ini memang lebih telaten dalam urusan masak-memasak. Jika kebetulan beliau sedang ada di rumah kami, biasanya stok frozen food sementara hengkang dulu dari freezer. Diganti makanan-makanan homemade yang dibuat sendiri oleh beliau. 

Makanya anak-anak suka banget kalau ada neneknya. Tahu kalau bakalan dimanjain dengan cemilan kesukaan mereka. Berhubung memang sukanya makanan digoreng, seringnya sihh mereka request cemilan kayak perkedel, bakwan sayur, naget dan sebangsanya. Nah kan, teteup gorengan mulu maunya.. Tapi belakangan ini, Ibu sudah nggak terlalu cerewet lagi perihal makanan digoreng. Kata Ibu saya, boleh makan goreng-gorengan asal goreng sendiri dan pakai minyak goreng yang bagus.

Emangnya, kriteria minyak goreng yang bagus itu kayak apa sih ? Saya jadi penasaran kan.. 

Dari artikel kesehatan yang saya baca di internet, katanya minyak goreng yang bagus itu salah satunya mempunyai kandungan lemak tak jenuh tinggi. Tenyata nih, kandungan lemak tak jenuh tertinggi pada minyak tumbuhan adalah minyak goreng yang dibuat dari kedelai. Wah, baru tahu ya.. Selama ini saya pikir minyak goreng ya dari kelapa sawit aja. 

happy soya oil
yuk kenalan sama Happy Soya Oil

Setahu saya, minyak goreng yang terbuat dari minyak kedelai, ya Happy Soya Oil. Saya pernah lihat di supermarket cuma belum ngeh apa bedanya. Saya baca-baca nih, Happy Soya Oil ini terbuat dari 100%  minyak kedelai murni. Karena kandungannya dari minyak kedelai murni, jadi Happy Soya Oil memiliki kandungan vitamin E yang baik untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah penuaan dini. Aih, saya jadi membayangkan jika konsumsi goreng-gorengan kita digorengnya selalu pakai Happy Soya Oil, kulit bakalan lebih cantik karena terhindar dari penuaan dini. Bisa hemat budget skincare juga dong, hehehe..

Dan ternyata kebaikan Happy Soya Oil nggak cuma kandungan vitamin E aja, minyak ini juga kaya akan antioksidan, omega 3 dan omega 6. Paket lengkap, antioksidan, omega 3 dan 6 kan udah dipercaya banget bisa menangkal radikal bebas. Jika tubuh terhindar dari radikal bebas pastinya kerja tubuh dan organ-organ vital bisa berjalan dengan lebih baik.

Wuih, baru tahu kalau ada minyak goreng plus plus kayak gini...! Kalau pakai Happy Soya Oil, mau makan cemilan goreng - gorengan hayuk aja. Kebetulan nih, anak-anak lagi minta dibuatin Fish Bites. Saya udah pesan fillet ikan kakap di tukang sayur langganan. Iya, musti pesan dulu. Soalnya jarang - jarang kang sayur bawa fillet ikan kakap. Biasanya mah, mujaer, lele dan sebagainya. Membuat fish bites ternyata mudah, saya dapat resepnya dari buku Ibu Sisca Soewitomo. Nyoba sekali langsung sukses. Kata Icha, enak..! Kayak beli di restoran, hehehe..

Iya juga ya, baru ingat kalau Fish Bites ini jadi salah satu menu di restoran fast food kesukaan mereka. Sebenarnya rahasia enaknya Fish Bites ini ada di saus cocolannya. Ada rasa gurih, manis dan segar gimanaa gitu. Ternyata ada campuran kental manis dan air jeruk lemon pada mayonaisnya. Saya baru tahu resep saus cocolannya ya dari buku Ibu Sisca ini.

Buat yang ingin coba, silakan dicontek resepnya ya.. InsyaAllah ini mudah banget dan anti gagal.

Fish Bites Homemade 

Bahan :
300 gram daging / fillet ikan kakap, potong memanjang ukuran 8x1x1cm
1 sdm air jeruk nipis
1 sdt garam

Olesan Panir:
1 putih telur, kocok lepas
150 gram tepung roti kasar

Saus :
3 sdm mayonais
1/4 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
1 sdm air jeruk lemon
2 sdm kental manis putih
2 sdm bawang bombay cincang
2 sdm acar mentimun 
2 sdm peterseli cincang

Minyak goreng Happy Soya Oil secukupnya untuk menggoreng

Cara Membuat :

1. Cuci bersih ikan kakap yang sudah dipotong, lumuri dengan air jeruk nipis dan garam. Diamkan 15 menit. Kemudian cuci dan tiriskan


2. Buat sausnya, dengan mencampur mayonais, garam, merica. Aduk rata. Tambahkan kental manis dan air lemon, aduk kembali. Kemudian tambahkan bawang bombay cincang. Simpan selama 30 menit dalam lemari es. Bagi yang nggak terlalu suka rasa asin, bisa kurangi takaran garamnya ya. Karena biasanya mayonais sudah mengandung rasa asin.


Oiya, di saus ini seharusnya ada acar dan peterseli, tapi saya skip ya. Karena saya nggak suka acar, dan kebetulan nggak dapat peterseli. Untuk aksen hijau pada saus saya tambahkan daun seledri cincang.

3. Panaskan Happy Soya Oil secukupnya, sambil kita menyiapkan ikan untuk digoreng. Celupkan ikan ke dalam putih telur, kemudian balur / lumuri dengan tepung roti. Goreng sampai kecoklatan.


4. Tadaa, fish bites hangat siap dinikmati. Jangan lupa hidangkan dengan cocolan saus mayonais segarnya. Humm, it's so yummy...!

This is it! Fish Bites dengan cocolan saus mayo lezat..!

Kalau gorengnya pakai Happy Soya Oil, nggak dicerewetin sama nenek lagi, hehehe. Ternyata ingin sehat nggak harus berhenti makan enak. Anak-anak juga lahap makannya. Wajib nih sedia Happy Soya Oil di rumah, agar tetap bisa menyajikan gorengan enak kesukaan keluarga.

#JanganBerhentiMakanEnak
#HappyHealthy
40 komentar on "Resep Fish Bites ala Resto Yang Praktis dan Mudah, Gorengan Sehat Favorit Anak "
  1. Wah bisa dicoba di rumah niiiiih... Karena anakku seneng banget ngemil...

    BalasHapus
    Balasan
    1. dicoba mba, anti gagal nih.. super duper gampang bikinnya. habisnya juga cepet, hahaha

      Hapus
  2. Wah, enak nih mbak bisa ditiru resepnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk dicoba mba,, insyaAllah gampang banget, anak2 pasti suka deh

      Hapus
  3. Mbaaa. Kok enak banget sih cemilannya. Auto buat deh besok, apalagi pake minyak happy soya oil ya, jadi ga khawatir walau makan gorengan.

    BalasHapus
  4. Untung bacanya pagi hari, jadi bisa buat inspirasi masak hari ini. Ohya, saya juga baru tahu kalau minyak dari kedelai lebih bagus dari minyak sawit.

    BalasHapus
  5. Ini bisa jadiin frozen food juga ya? Soal.y saya juga suka buat frozen food karena lebih praktis kalau sewaktu-waktu pengen makan atau ngemil

    BalasHapus
  6. Auto ngeces bayangin masakan yang udah jadi. Kebetulan aku lagi banyak stok ikan 😁

    BalasHapus
  7. Nasi mana nasi hehehe gemes kalo cuma dicemilin doang. Enak banget dan gampang buatnya ya, Mbak ...

    BalasHapus
  8. Resep dari chef kenamaan, dan berhasil di recook sempurna oleh Mbak NOvri. Mantap dan enak nih, bikin anak-anak makin cina masakan Bundanya. Jadi ingin coba resep dan minyak Happy Soya nya nih.

    BalasHapus
  9. Baru tahu ada mintak goreng ini. Cuss ah cari di auoermarket tdekat, apalagi anak2 mmg demennya yang digoreng2. Btw menunya juga menggugah selera. Nyummy kayaknya 😚😚

    BalasHapus
  10. Boleh dicoba tuh Mba. Aish, setuju itu. Mau sehat gak harus berhenti makan enak... hehehehe

    BalasHapus
  11. Soya oil itu enak buat menggoreng ya, aku mau coba beli aah. Thanks buat resepnya mbak:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak mba.. Lebih jernih, dan ngga cepet keruh.

      Sama-sama mba Iren

      Hapus
  12. Kandungan antioksidannya ini memang perlu banget lho buat tubuh mengingat jaman sekarang yang polusinya lumayan ya

    BalasHapus
  13. Saya baca artikel ini sore-sore, jadi pingin ngemil.

    Aapalgi lihat fotonya jadi tambah ngiler deh. Terima kasih resepnya ya mbak, mau saya coba praktkan

    BalasHapus
  14. Wah..cemilan sehat nih, kelihatannya gampang bikinnya. Kapan-kapan coba ah..thanks resepnya ya mba

    BalasHapus
  15. Baru tau ada minyak goreng soya ini. Btw buat fillet ikan ini sudah pernah. Sausnya yg penasaran buatnya. Thanks mba, sharingnya

    BalasHapus
  16. Mbak Novri, ini mah cemilan menyehatkan mana bikinnya mudah lagi ya. Julio pasti suka. Segera bikin ah. Makasih mbak

    BalasHapus
  17. Saya malah blm pernah liat happy soya oil. Kalau baca reviewnya sih bgs alias bisa di coba juga hehe

    BalasHapus
  18. Gampang banget bikinnya mbak, next time aku mau bikin firumah pasti anak-anak suka

    BalasHapus
  19. Resep idola deh kalau praktis bikinnya, disukai anak anak dan gampang cari bahannya. Thanks ya mba jadi pengen bikin ah hehe

    BalasHapus
  20. Makanan yang digoreng itu selalu jadi kesukaan anak. Orang tua juga sih hehehe...
    Tantangan buat para ibu, bikin makanan yang serba digoreng tapi tetap sehat dan menyehatkan...

    BalasHapus
  21. Wah, baru tahu ada minyak goreng yang terbuat dari kacang kedelai. Kirain dari minyak kelapa dan kelapa saja semua. Thanks, ya mba informasinya. Bisa beralih ke minyak goreng Happy Soya Oil ni. 😁

    BalasHapus
  22. Selama ini aku tahunya kedelai cuma dibuat tahu, tempe, dan kecap aja, hihihi … Ternyata bisa jadi minyak goreng juga ya, Mbak. Dilihat dari bahan dasarnya sih, tentu yang berasal dari kedelai jauh lebih sehat. Tapi sayangnya, aku belum pernah cobain Happy Soya Oil ini, nih.

    Nanti aku coba cari ah sekalian nyontek Fish Bites Homemade ala Mbak Novri, hihihi ...

    BalasHapus
  23. Bisa jadi cemilan sehat anak ini...
    anakku suka yang kriuk-kriuk.
    nanti hari minggu meluncur ke pasar ikan, beli Tengiri fillet.

    BalasHapus
  24. Aduh, buat cemilan enak banget ini. Apalagi kalo pas hujan, anget-anget. Mantaapppp

    BalasHapus
  25. Layak dicoba, praktis buat bekel anak ke sekolah

    BalasHapus
  26. Wah sama kayak anak-anakku mbak. Kalau main ke rumah utinya pasti dimasakin yang enak-enak, dan juga dibikinin kue-kue kesukaan mereka. Sayangnya, aku belum bisa mewarisi kepinteran ibukku dalam memasak

    BalasHapus
  27. Setuju banget
    Harganya memang lebih mahal tapi sepadan dengan kualitas dan kesehatan yang didapat

    BalasHapus
  28. Aaah ...
    Ini harus saya kasih lihat anak saya ini. Dia suka masak. Saya suka makan. Dua sejoli kita.
    Minyak gorengnya sehat, jadi ngga khawatir lagi deh

    BalasHapus
  29. Saya baru tau kalau ada minyak goreng yg berasal dari kedelai 😍 wah jadi alternatif untuk minyak goreng sehat nih.. btw, resepnya simple, praktis, lengkap dan pastinya ini terlihat enak 😍 nanti coba praktekin di rumah ah.. thanks resepnya ya mbak 🤗

    BalasHapus
  30. Minyak dari soya? Wah aku baru tahu..
    Pasti lebih sehat ya,, hmm hargamya gmn? Biasanya kan lebih mahal dari minyak biasa ya? Hehe

    BalasHapus
  31. Masak pakai Happy Soya Oil pasti menyehatkan ya .... papahku pernah bikij2 menu kesukaannya pakai minyak goreng ini. Meskipun harganya lebih tinggi dibandingkan harga brand kompetitor tapi manfaatnya bisa dirasakan. Mau coba ah resep dari mbak. Bisa buat sarapan nih atau dibawa bekal anak2 😍😍

    BalasHapus
  32. Resepnya gampang ternyata ya Mbak. Simple banget. Aku juga suka banget fish bite. Baru tahu teryata saos cocolan ditambahin susu kental manis dan perasan lemon. Jadi pengen coba nih mbak hehe.

    BalasHapus
  33. Waah ini kesukaan anakku kalau ke resto ala2 jepang gtu mbak, nanti aku coba contek resepnya yaa. Pakai Happy Soya oil gak takut gorengan jd gak sehat yaa TFS

    BalasHapus
  34. Terakhir belakangan ini minyak nabati tengah banyak diminati. Misalnya Happy Zoya yang terbuat dari kacang kedelai
    dimana ditenggarai dapat menjaga kadar kolesterol dalam tubuh menjadi normal

    BalasHapus
  35. Sepertinya yang doyan bakal sekeluarga nih. Wajib dicoba. Thanks for share, Mbak.

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca. Jika kalian mempunyai pertanyaan terkait artikel ini, silakan drop pertanyaan di kolom komentar, bukan melalui private chat atau media sosial.
Thank you!

Custom Post Signature

Custom Post  Signature