Rabu, 14 Juni 2017

# Institut Ibu Profesional # Kelas Bunda Sayang

[ GAMELEVEL 1 ] Day 7 Tantangan 10 Hari Komunikasi Produktif, Mengganti Nasihat Menjadi Refleksi Pengalaman




Salah satu gaya pengasuhan saya yang belum bisa hilang yaitu gaya menasehati. Terutama ke anak mbarep yang saat ini lagi sering-seringnya menguras emosi dengan tar sok tar sok nya.. entar besok entar besok.. di suruh apa-apa.. jawabnya  pendek " ntar "

" Tuh kan kak... apa mama bilang.."
" Makanya.. jangan bla bla bla..."
" Jadi anak wedok jangan males.. bla bla bla..."

Duh, ampuun nak.. Mamamu ini kudu lebih banyak banyak istighfar.. belajar.. istighfar lagi... 
Masih sering keceplosan. Seperti pas ini nih... sadar kalau anaknya kurang terawat, bukannya turun tangan mengingatkan tapi malah... 

" ih.. kakak ini giginya kotor banget tuh, males sikat gigi.. jangan males po'o kak.. habis sahur jangan langsung tidur, sikat gigi dulu,biar sisa makanan gak membusuk di gigi, bikin mulut kita bau. Apalagi waktu puasa..  jadi anak perempuan kudu rajin, malu kalau badan kita kotor..."

Makkk... itu nasehat apa kereta api?? Panjang betul... Yakin 100% kalau bakalan masuk telinga kanan lalu keluar telinga kiri. Ngaku saya salah....



Harusnya bagaimana? Menurut materi komunikasi produktif, yang paling sesuai menurut saya adalah menasehati berdasarkan refleksi pengalaman. Oke oke... saya coba ganti dengan komprod ya..

Seperti biasa, habis sahur Icha langsung mlungker lagi di kamar. Sambil saya pijit-pijit kakinya, saya ajak ngobrol. 

" Ngantuk ya..?"
" Ho oh..." jawabnya tanpa melihat. Pasti sudah feeling mau dinasehati nih !
" Iya.. waktu Mama kecil dulu Mama juga gitu kok.. bangun sahur rasanya beraat.. habis sahur ingin cepat-cepat tidur lagi. Jadinya gak gosok gigi deh... Makanya nih, giginya pada bolong.. jadi jelek kan, mana sakit lagi... "

Saya lirik responnya.  Eh dia ngeliatin. Tapi belum beranjak dari kasur. Hmm..
" Nanti habis gosok gigi kita sholat subuh  sama-sama ya..."

1...2...3...4

Alhmdulillah, bangun juga. Beranjak ke kamar mandi untuk gosok gigi.

#level1
#day7
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca, yuk tinggalkan jejak dengan komentar yang santun