5 Alasan Harus Buktikan Cintamu Dengan #PRUCinta, Nomor 5 Bikin Hati Gerimis

Foto dari Unsplash

Hari itu, untuk kedua kalinya dalam satu bulan anak-anak pulang sekolah dengan membawa kitir berita duka. Isinya serupa dengan minggu sebelumnya, yaitu informasi meninggalnya ayah dari salah seorang siswa di sekolah mereka. Seperti biasa, setiap menerima berita duka saya harus bersiap menerima pertanyaan dari si bungsu. Pertanyaan yang polos tapi terkadang jawabannya bisa membuat airmata menetes saking terharunya.

"Mama, kenapa orang harus meninggal..?"
"Kenapa ayah-ayah sering meninggal duluan...?"

Meskipun saya berusaha menjelaskan dengan bahasa yang mudah, tapi pemahaman anak seumur Fay sepertinya belum bisa sepenuhnya mengerti apa itu hakikat hidup dan kematian.

"Aku nggak mau, Mama sama Abi meninggal...."  ujarnya sambil memeluk saya. "Janji ya, Ma.. jangan meninggal...?"

Duh, mau jawab apalagi coba?

Pikiran saya lantas berkelana, teringat materi pada acara kajian parenting sekolah beberapa waktu silam. Kala itu Ustadz membahas makna Surat An Nisa ayat 9 yang terjemahannya berbunyi sebagai berikut:

"Dan hendaklah takut kepada Allah orang - orang yang seandainya meninggalkan di belakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap ( kesejahteraan ) mereka. Oleh sebab itu hendaklah mereka bertakwa kepada Allah hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar."

Ayat ini mengingatkan kepada kita bahwa suatu ketika setiap orang akan meninggalkan generasinya. Dengan kata lain  kematian adalah sebuah keniscayaan yang pasti akan terjadi pada semua makhluk yang berjiwa.

Di ayat tersebut juga termaktub dengan jelas, agar ketika kita meninggalkan dunia fana jangan sampai meninggalkan generasi yang lemah. Lemah iman, lemah ibadah, lemah ilmu dan juga lemah ekonominya.

Deg !

Saya terhenyak. Sebuah pertanyaan besar mengisi pikiran saya. Sudah siapkah saya meninggalkan atau ditinggalkan ?

Iman, ibadah, ilmu untuk anak-anak.. insyaa Allah sudah kami siapkan sebaik mungkin dengan berusaha menerapkan pola pengasuhan yang tepat sesuai tuntunan agama. Juga dengan bantuan lembaga sekolah berbasis keagamaan yang kualitas pendidikannya tidak kami ragukan.

Namun ketika dihadapkan pada pertanyaan, bagaimana dengan ketahanan ekonominya kelak? Lalu hening.

Menurut survei inklusi keuangan OJK ( Otoritas Jasa Keuangan )* hanya 1,5 % saja dari orang di Indonesia yang mempersiapkan dana darurat bila terjadi risiko. Hemm, berarti saya termasuk kelompok yang 98,5 % dong ?

Masih dari survey inklusi OJK sekitar 96,7 % responden mengaku memiliki tujuan keuangan untuk 'memenuhi kebutuhan sehari - hari'. Dengan kata lain, kesadaran masyarakat untuk mempersiapkan dana darurat terbilang masih sangat rendah.


Prudential Indonesia
dari kiri ke kanan : Mas Arie MC, Bp. Ari Purnomo dan Bp. Himawan Purnama
Hal ini disampaikan oleh Bapak Ari Purnomo, Head of Sharia Business Prudential Indonesia di Visma Coffee Art & Co Surabaya ketika peluncuran produk terbaru Prudential, PRUCinta, tanggal 11 Maret 2020 kemarin. Alhamdulillah, saya bersama beberapa teman blogger dan awak media berkesempatan meliput momen berfaedah ini.

Selain Pak Ari, dalam acara ini juga hadir Bapak Himawan Purnama, Head of Product Development Prudential Indonesia. Menurut pemaparan Pak Himawan, berbagai pakar finansial menyarankan bahwa tiap keluarga perlu menyiapkan dana darurat untuk kondisi mendesak dan tak terduga, salah satunya yaitu kondisi meninggalnya si pencari nafkah yang notabene adalah sumber penghasilan utama. Dana ini harus mudah dicairkan dan mencakup minimal total pendapatan rumah selama satu tahun. Have you ?

PRUCINTA
Bapak Ari Purnomo dan Bapak Himawan Purnama
seusai peluncuran PRUCinta di Visma Coffee Art & CO

Tentang Prudential Indonesia

Nama Prudential tentu tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Perusahaan asuransi yang memiliki nama lengkap  PT. Prudential Life Assurance ini sudah berdiri sejak tahun 1995. Di Asia, Prudential Indonesia menginduk pada kantor regional Prudential Corporation Asia (PCA) yang kantornya ada di Hongkong.

Tahun 1999, Prudential Indonesia telah menjadi pemimpin pasar untuk produk asuransi berbasis investasi ( unit link ). Kemudian Prudential juga sukses memimpin pasar asuransi syariah sejak mendirikan Unit Usaha Syariah di tahun 2007.

Sampai dengan akhir desember 2018, Prudential Indonesia memiliki kantor pusat di Jakarta dengan 6 kantor pemasaran ( Bandung, Semarang, Surabaya, Denpasar, Medan dan Batam )  dan 404 Kantor Pemasaran Mandiri (KPM) di seluruh Indonesia. Saat ini tercatat ada 250.000 lebih tenaga pemasar berlisensi yang melayani kurang lebih 2,1 juta nasabah di seluruh Indonesia.

Prudential Indonesia telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan ( OJK )

Kata Public Figure Tentang PRUCinta

Salah satu public figure yang menjadi nasabah setia Prudential adalah Ibrahim Imran, musisi yang akrab disapa Baim. Suami Artika Sari Dewi ini menyambut baik peluncuran PRUCinta. Baginya, Artika dan kedua buah hatinya Abbey dan Zoe adalah yang terpenting.

prudential syariah
Foto Baim bersama keluarga ( sumber : Google )

Sebagai seorang kepala keluarga, terlebih dengan resiko pekerjaan yang mengharuskannya sering travelling dan sangat mobile,  sewaktu - waktu bisa saja mendahului mereka. Oleh karena itu perlu persiapan maksimal untuk memastikan kesejahteraan hidup keluarga jika harus ditinggalkan nantinya. Baim sepakat bahwa mencintai adalah melindungi, dan menurutnya  PRUCinta sejalan dengan  bentuk perlindungan yang ingin dia berikan kepada keluarganya.

Keputusan memiliki polis asuransi PRUCinta, sudah menjadi langkah kecil Baim dalam mempersiapkan solusi perlindungan besar bagi orang - orang yang dicintainya.


Kenapa Harus PRUCinta ?

Pemaparan panjang lebar pak Ari dan Pak Himawan, banyak membuka pikiran saya akan pentingnya sebuah 'persiapan perlindungan' untuk orang tercinta. To love is to protect, bukti cinta terbaik untuk keluarga adalah perlindungan yang maksimal. Setuju ?

Asuransi Syariah PRUCinta merupakan produk asuransi jiwa tradisional berbasis syariah. Konsep sharia for all menjadikan produk ini dapat memberikan perlindungan secara maksimal yang dapat dinikmati oleh siapapun, bukan hanya kalangan tertentu. Selain itu, ada 5 alasan utama kenapa harus memilih PRUCinta

1. Simple dan terjangkau

Dengan kontribusi Rp. 300.000/bulan, kita sudah dapat memiliki perlindungan maksimal untuk keluarga tercinta. Bahkan, masih ada keuntungan tambahan jika dibayarkan per tahun, nasabah HANYA membayar 11 bulan kontribusi, atau hanya senilai Rp. 3.300.000 / tahun.

Prudential


2. Memberikan Manfaat Perlindungan Yang Menenangkan Pikiran

Manfaat perlindungan yang diberikan PRUCinta antara lain :
  • Santunan meninggal dunia dari Dana Tabarru' yang lebih optimal selama 20 tahun dengan masa pembayaran kontribusi hanya 10 tahun 
  • Manfaat jatuh tempo berupa nilai tunai dari Dana Nilai Tunai yang dimaksimalkan setara 100% kontribusi yang telah dibayarkan jika tidak ada klaim selama masa kepesertaan
  • Manfaat 3x santunan asuransi meninggal akibat kecelakaan serta 4x santunan asuransi meninggal dari Dana Tabarru' dan sesuai ketentuan polis, jika insiden terjadi dalam periode 6 ( enam ) minggu sejak tangal 1 Ramadhan ( penentuan 1 Ramadhan menurut ketetapan Pemerintah )

Masih ada manfaat tambahan berupa tambahan 10 % nilai tunai dari total kontribusi*) dan dibayarkan saat jatuh tempo, apabila nasabah melakukan hal-hal sesuai ketentuan berikut:

  • e-Submission / pendaftaran online
  • e-Policy / menerima polis secara online
  • e-Transaction Statement / menerima pernyataan transaksi melalui email
  • Pembayaran melalui autodebit rekening / kartu kredit
  • Tidak pernah lapsed 
*) promo ini berlaku s.d 30 Desember 2020


3. Jangka Waktu Maksimal 20 tahun, dapat diperpanjang tanpa medical check up

4. Produk ini termasuk dalam Program Wakaf Prudential, sehingga dapat dijadikan Wakaf Hidup dan Wakaf Wasiat.
  • Wakaf Hidup dilakukan saat manfaat jatuh tempo di akhir tahun ke 20 dibayarkan
  • Wakaf Wasiat dilakukan saat santunan asuransi atau nilai tunai dibayarkan.
Ketentuan Wakaf mengikuti program Wakaf Prudential yang sudah berjalan.

5. Karena hanya CINTA yang dapat hidup selamanya, kita tidak.

Perlindungan untuk keluarga merupakan bentuk cinta yang tak lekang oleh waktu. Sebab kehidupan tidaklah kekal,  tetapi cinta abadi untuk keluarga dapat diwujudkan dengan memberikan perlindungan yang maksimal melalui PRUCinta.

Prudential Indonesia
Ngicipin duduk di kursi narsum sebelum narsum yang asli datang, hihi :D

PRUCinta dihadirkan sebagai solusi yang relevan untuk melengkapi kebutuhan keluarga akan asuransi syariah yang simple, terjangkau dan mudah dipahami.

Hidup,mati, jodoh, rejeki memang hak mutlak dari Sang Pemberi Kehidupan. Namun, tidak ada salahnya kita berikhtiar memberikan yang terbaik bagi orang-orang tercinta.


Catatan :

Artikel ini hanya bersifat informasi. Bagi yang tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang Asuransi Syariah PRUCinta, silakan mengunjungi website resminya, atau menghubungi agen pemasar Prudential terdekat ( Niswa 0812 3553 1944 )
64 komentar on "5 Alasan Harus Buktikan Cintamu Dengan #PRUCinta, Nomor 5 Bikin Hati Gerimis"
  1. Thanks your information, mom 🙏❤😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama. Terima kasih sudah mampir yaa

      Hapus
  2. Beruntung sekali umat Islam karena memberi petunjuk beberapa kali seperti Surat An Nisa ayat 9
    Dan beruntung Prudential selalu memberi solusi bagi mereka yang sayang keluarga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Teh.. di dalam Al Qur'an sudah mengatur semua aspek kehidupan manusia. Padahal Al Qur'an ada beribu tahun lalu. Masyaa Allah ...

      Hapus
  3. Cinta kita kepada keluarga memang sebatas kita hidup saja ya. Saat meninggal, cinta itu putus dan tidak berkepentingan lagi. Kecuali memang upaya kita saat hidup sehingga ketika kita tiada, upaya itu bisa dijalankan, seperti asuransi tentunya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul itu Teh. Semua amalan terputus kecuali 3 hal. Amal jariah, ilmu yang bermanfaat dan doa anak sholeh/sholehah..

      Doa anak Sholeh/Sholehah juga merupakan wujud cinta bagi orgtua yang sudah tiada.

      Hapus
    2. Terharu saya Mbak. Semoga kita selalu mendapatkan Cinta Nya, mendapatkan anak Soleh dan solehah. Aamiin...

      Hapus
  4. aku cari nomor lima seperti yg ditulis di judul. ternyata emang benar, cinta dapat memberi semangat untuk mewujudkan keinginkan kita.

    Artikelnya informatif sekali, thanks ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masama mba Lita, makasih sudah mampir yaa..

      Hapus
  5. membuktikan cinta punya macam-macam cara, salah satunya dengan membuat asuransi PRUCINTA untuk orang tersayang

    BalasHapus
  6. Topik seperti ini bikin hati gerimis.
    Tapi PRUCinta sungguh cara yang praktis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mbak, praktis dan sederhana tapi mampu memberikan poerlindngan yang besar

      Hapus
  7. saya jadi ingat masa kecil saya, minta abi dan mama jangan meninggal karena saya takut kalau hidup sendirian. ternyata setiap anak memang demikian yaaa. usia gak ada yg tahu. memang sebaiknya kita memikirkan bagaimana nasib anak bila kita tinggal nanti

    BalasHapus
    Balasan
    1. fasenya kali ya mbak, anak saya yang kecil ini duuh suka bikin haru, peka banget hatinya

      Hapus
  8. keren mba artikelnya dengan pendekatan serta penyampaian yg bikin penasaran saaat baca judulnya bikin hati gerimis hihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Puitis dan berisi ya?
      Bikin penasaran 😊😊

      Hapus
    2. terima kasih mba Grandys.. teh Maria, makasih banyak sudah mampir

      Hapus
  9. Asuransi memang sangat penting, jadi siapkan Prucinta buat anak anak kita tercinta

    BalasHapus
    Balasan
    1. baru 1,5 % yang menganggap itu penting, kak..

      Hapus
  10. Wah iya ya no 5 emang bikin mellow mendadak deh. Bener banget, cm cinta yg bs hidup selamanya tp kitanya gak huhuu... Tfs yahh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih menentramkan karena PRUCinta ini asuransi syariah ya Mbak,, insyaallah dalam Islam pun kita diminta selalu berpikir ttg masa depan

      Hapus
    2. InsyaAllah mba.. konsep syariah juga terbukti menenangkan dan dapat dipakai semua kalangan, sharia for all

      Hapus
  11. Promonya menariiik banget.
    Cukup bayar 11 bulan untuk setahun.
    Ini kayaknya blum ada nih, promo diskon ginian di insurance lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyess.. belum lagi ada tambahan 10% nilai tunai jika nasabah daftar online, dan beberapa klausula lain

      Hapus
  12. Wuih Prudential udah ada produk baru lagi mba PRUcinta? Banyak banget keuntungannya ya hanya dengan 300rb/bulan. Itu poin nomor lima jleb banget "karena cinta bisa hidup selamanya, kita tidak."

    BalasHapus
    Balasan
    1. bangeeet mendadak mendung hati bacanya khaan

      Hapus
  13. Nah ini nih yang aku belum siapkan juga untuk anak-anak. Tentunya kepikiran banget ya, kalau aku nggak ada, nanti anak-anak bagaimana, ya?

    Semoga nanti dimurahkan dan diluaskan lagi rezekiku supaya bisa semaksimal mungkin berinvestasi untuk keluarga tercinta. Preminya lumayan murah ya, Mbak, Rp 300 ribu saja per bulan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin.. semoga dimudahkan mba Melina... semangaatt

      Hapus
  14. Menarik nih programnya mbak, aku juga lagi nyari asuransi jiwa untuk mencover suami. Karena dia yang bekerja, harus berjaga-jaga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. prucinta bisa jadi pilihan mba Fara.. ada link website dan nomor agen di artikel yah, semoga membantu

      Hapus
  15. Iya kudu dipikirin kalau tiba2 ninggalin keluarga kita ninggalin apa ya, terutama yang jd kepala keluarga. Btw PruCinta ini banyak keuntungannya ya terutama yang cuma bayar 10 tahun tapi dapat manfaat selama dua kali lipatnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, bayar cukup 10 tahun, dicovernya 20 tahun

      Hapus
  16. Ashiappp menyatakan cinta hehe
    Bisa aja Prucinta memang mantabs

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha, tu kak Sani jangan cuma bunga aja buat istrinya, beri PRUCinta juga...

      Hapus
  17. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuktikan sebuah cinta. Seperti poin kelima, karena hanya cinta yang dapat hidup lebih abadi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yups , cinta yang hidup selamanya kita tidak

      Hapus
  18. Pertanyaan seputar sakit-maut meski emang kedengeran ga enak tapi ada kalanya perlu juga di diskusikan dengan pasangan/keluarga. Somehow kita memang ga tau kapan batas usia tapi paling tidak ada persiapan menuju kesana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. butuh hati yang tegar untuk membahasnya mba..

      Hapus
  19. Baru sampai paragraf tengah, hatiku sudah gerimis, Mbak..

    Urusan cinta memang sangat menyentuh, saya makin menyadari, perlindungan lebih penting dari bunga sebagai pembuktian cinta

    BalasHapus
    Balasan
    1. idem mbak Yun, hadir di event ini bikin baper jiwa raga.. smeoga kita lebih prepare kedepannya ya

      Hapus
  20. asuransi swasta cukup menggiurkan ya, tapi belum tau nih proses claim nya nanti

    BalasHapus
    Balasan
    1. dipastikan dulu memahami semua klausulanya kak..untuk meminimalisir hal - hal yang tidak diinginkan di kemudian hari

      Hapus
  21. Produk terbarunya Prudential Indonesia ini menarik ya mba. Benefitnya banyak, biaya preminya juga terjangkau. Dan enaknya cuma bayar selama 10 tahun aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. padahal masa coverannya 20 tahun ya...

      Hapus
  22. huhuhu, saya bahkan pengen menghindar kalau dapat pertanyaan gitu, tapi memang mau nggak mau ya harus dihadapi.

    Btw prucinta ini oke juga ya dipunyain, nggak ribet dan nggak harus lama bayarnya, keuntungannya juga banyak dan beragam :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba rey, samaan.. suka pura-pura ngga tau gitu yah...

      Hapus
  23. Bener banget, ya, suatu saat Kita pun akan meninggalkan dan juga ditinggalkan. Nomor 5 memang iya, cinta bisa hidup terus tapi manusianya enggak. Prucinta ini penting juga ya, karena ke depannya enggak pernah tahu, kapan waktunya tiba ajal menjemput.

    BalasHapus
  24. Asuransi begini memang penting karena manusia enggak tahu ke depannya bakal seperti apa, kayak cinta yang bisa selamanya tapi manusia enggak Karena suatu saat pasti akan berpulang pada Tuhan-Nya.

    BalasHapus
  25. Itulah PR orangtua. Tak cuma siapkan anak agar bisa menghasilkan sendiri, tapi juga bisa mandiri dan terarah. Semoga anak kita semua dapat dipersiapkan dengan positif ya

    BalasHapus
  26. Aku masuk ke 1 persen mba, nabung dana darurat tapi bukan via asuransi. Value keluarga menghindari asuransi kerena ragu sama muamalahnya yang dengan barang yang belum ada. Aku jadi penasaran sama prinsip shariahnya prucinta. Soalnya walaupun masuk pasar modal syariah, syarat dari OJK masih harus ada 10% dari non syariah kan ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah keren sudah termasuk yang 1,5% mbak. Betul, bentuknya nya harus asuransi koq.
      Sesuaikan dengan family value.

      Untuk pertanyaannya tentang prinsip syariah PRUCinta, mungkin bisa di kroscek ke web nya langsung ya.. ada linknya di artikel. Semoga bisa terjawab disana.
      Terima kasih sudah mampir mba Ranti 😊😊

      Hapus
  27. Wah ada produk terbaru dari Prudential, Prucinta.
    Manfaatnya benar-benar sesuai dengan namanya, yang penuh cinta memberikan perlindungan untuk keluarga.

    BalasHapus
  28. Huaaaah....tersentil. iya, betul-betul. Aku termasuk yang tidak siap nih. Mulai mikir deh. Terima kasih atas ulasannya Mba. Sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  29. Lumayan terjangkau juga sebulannya hanya 300-an. Kalau dihitung-hitung lebih banyak buat makan di luar. Perlindungannya juga menyeluruh dan bener-bener penuh cinta. Jadi pengin tahu lebih mendetil ttg program yang ini.

    BalasHapus
  30. "ketika kita meninggalkan dunia fana jangan sampai meninggalkan generasi yang lemah. Lemah iman, lemah ibadah, lemah ilmu dan juga lemah ekonominya." Ya Allah... ini PR besar kita sebagai orang tua. Sedih kalau ingat, masih banyak kurangnya diri ini sebagai ibu. Terima kasih sudah mengingatkan.

    BalasHapus
  31. "ketika kita meninggalkan dunia fana jangan sampai meninggalkan generasi yang lemah. Lemah iman, lemah ibadah, lemah ilmu dan juga lemah ekonominya." Ya Allah... ini PR besar kita sebagai orang tua. Sedih kalau ingat, masih banyak kurangnya diri ini sebagai ibu. Terima kasih sudah mengingatkan.

    BalasHapus
  32. Dan hanya dengan Pru Cinta yang insha Allah bisa bantu masa depan anak2 kita pada saat kita tiada :)

    BalasHapus
  33. Wow, ada yang baru ya dari Pruden

    Kalau aku pakai asuransi syariahnya. Mayan mumet waktu memutuskan pakai ini atau tidak karna harus belajar fiqhnya dulu, faktanya dulu, sampai akhirnya yakin.

    Kalau PruCinta, nggak tahu nih kayak gimana. Penasaran sih.

    BalasHapus
  34. Ada banyaknjenis asuransi. Tapi, pru cinta mmng berikan bukti sih. Keluargaku ada yang pakai juga. ane sempat di tawarkan jg.

    BalasHapus
  35. Setuju...Hidup,mati, jodoh, rejeki memang hak mutlak dari Yang Maha Kuasa. Namun, tidak ada salahnya kita berikhtiar memberikan yang terbaik bagi orang-orang tercinta. Karena cinta mesti dibuktikan diantaranya dengan mewariskan PRUCinta untuk mereka

    BalasHapus
  36. Auto fokus ke yg nomor 5.. wkwk.. btw makasih infonya

    BalasHapus
  37. Bener banget. Ngak ada salahnya ikut asuransi..saya aja ngrelain waktu jadi agen, di sela waktu saya..karena pingin orang lain ngrasain banyak benefit seperti yang saya terima

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi memang harus jeli membaca polis dan S&K nya ya kak.. supaya tidak ada komplain di kemudian hari

      Hapus

Terima kasih sudah membaca. Jika kalian mempunyai pertanyaan terkait artikel ini, silakan drop pertanyaan di kolom komentar, bukan melalui private chat atau media sosial.
Thank you!

Custom Post Signature

Custom Post  Signature