Jumat, 30 Maret 2018

# Institut Ibu Profesional # Parenting

NeuroParenting, Metode Pengasuhan Anak Berbasis Otak


Neuroparenting, dikenalkan tahun 2008 oleh dr. Amir Zuhdi, seorang dokter yang menyenangi bidang otak atau neuroscience. Pada awalnya dikenal dengan istilah Neuroscience For Parenting. Agar lebih mudah diingat, disingkat menjadi  NeuroParenting. Jadi NeuroParenting adalah istilah yang dipopulerkan  oleh dokter Amir untuk menamai bagaimana cara beliau menerapkan pengasuhan anak sesuai tumbuh kembang otak anak.

dr. Amir Zuhdi penggagas NeuroScience

Dengan mengacu kepada  tahapan tumbuh kembang otak anak, progres pengasuhan tidak lagi abstrak melainkan menjadi nyata atau jelas. Seperti mengapa adzan dikumandangkan di telinga kanan dan iqomat di telinga kiri? Mengapa diperdengarkan suara adzan dan iqomat, bukan diperlihatkan lafazh Allah ? Jawabannya karena sel otak pendengaranlah yang tumbuh pertama kali dari panca indera pada bayi baru lahir. Ma syaa Allah..

Ada 9 otak asuh yang bisa memandu kita dalam mengasuh anak. Dan ilmu neuroparenting ini lebih memfokuskan bagaimana pengasuhan anak yang benar dengan berbasis pada tahapan perkembangan otak. Neuroparenting lebih focus diterapkan pada usia anak 0-14 tahun, karena pada usia ini otak anak berkembang mencapai 95%. Pada usia ini juga merupakan usia pembentukan dasar-dasar karakter kepemimpinan pada anak yang kuat.

Kita sebagai orangtua pastinya bercita-cita ingin menerapkan pola asuh yang baik pada anak-anak. Tujuan utama pengasuhan adalah kepemimpinan anak atau khalifah fiil Ard, dengan 3 ( tiga ) karakter utamanya yaitu tangguh, cerdas dan berakhlak mulia. Tujuan tersebut insyaAllah dapat tercapai dengan melakukan 3 (tiga) langkah pengasuhan yaitu :

1.       Mengasah 9 otak asuh (neuroscience)
2.       Melibatkan pikiran dan perilaku orangtua (nurturing)
3.       Melakukan bimbingan anak untuk menemukan kehebatan anak (coaching for child)

Makin penasaran ya Ayah Bunda tentang NeuroParenting?

Sebenarnya masih banyak lagi pembahasan  mengenai neuroparenting ini. Lebih lengkapnya Ayah Bunda bisa mengikuti seminar tentang NeuroParenting, Create A Leader From The Beginning yang akan diselenggarakan oleh Institut Ibu Profesional Surabaya Raya pada hari Minggu tanggal 8 April 2018. 

Waah, kurang seminggu lagi nih..! Yang belum daftar bisa langsung menghubungi bagian informasi dan pendaftaran acara yaitu Bunda Hairia dinomor WA 085255620199. Jangan sampai ketinggalan yaa..


*sumber tulisan : kulwap/kuliah via whatsapp dr Amir Zuhdi tentang neuroparenting


4 komentar:

  1. Alhamdulillah ya ibu2 jaman sekarang banyak sarana belajar. Semoga anak2 Indonesia jauh lebih maju krn ibu2 terus menerus menambah pengetahuan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mba, ibu cerdas membentuk generasi hebat..

      Aamiiiin...

      Hapus
  2. Makin kaya aja metode pengasuhan anak jaman sekarang, ya, Mbak. Saya baru dengar ada metode Neuroparenting ini..

    BalasHapus
  3. Betul mb yun, kita jadi bs pilih sesuai metode yg plg cocok ya.. Lebih lengkapnya bs kunjungi web dr amir di www(dot)amirzuhdi(dot)com mb yun..

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca, yuk tinggalkan jejak dengan komentar yang santun