Catatan Keuangan Harian, Asisten Pembukuan IRT Masa Kini


Bismillahirrahmannirahim..

Hari pertama untuk tantangan 10 hari di level 12, kelas Bunda Sayang ini, saya ingin menulis review tentang aplikasi Catatan Keuangan Harian. Buat bunda-bunda yang suka menulis detil pemasukan dan pengeluaran, aplikasi ini akan sangat membantu. Karena dengan aplikasi ini kita bisa mencatat pemasukan dan pengeluaran sedetil-detilnya tanpa riweuh membuka buku tulis dan cari pulpen. Kalau biasanya pengeluaran kecil-kecil  (tapi sering) terkadang lupa kita catat, dengan aplikasi ini beli toge seribu pun bisa rajin kita tulis. Karena tinggal buka handphone, buka aplikasi dan .. klik klik… jadi.

Sebenarnya aplikasi Catatan Keuangan Harian ini ada dua, versi gratis dan versi berbayar (Catatan Keuangan Harian PRO). Karena saya baru menggunakan versi gratisnya, jadi review kali ini khusus yang versi gratis saja.
Aplikasi ini dikembangkan oleh AsyncByte Software yang (ternyata) beralamat di Nganjuk Jawa Timur. Dengan berat hanya 2.0 MB aplikasi ini memuat fitur yang cukup lengkap untuk mencatat lalu lintas keuangan keluarga.

Aplikasi ini memiliki 3 (tiga) fitur andalan, yaitu Utama, Laporan dan Setelan

Fitur Utama

Menampilkan rincian pemasukan dan pengeluaran harian

Fitur Laporan

Memuat rekapitulasi laporan dan menampilkan selisih yang berarti jumlah sisa stok keuangan yang ada.

Fitur Setelan
Pada fitur setelan, kita akan menemukan 6 menu yaitu :
    1.  Edit Kategori Pengeluaran
Contoh kategori pengeluaran antara lain : Belanja Umum, Pulsa HP, Tagihan PDAM, Tagihan Listrik dan lain sebagainya. Bisa kita customize sesuai kondisi kita

   2.   Edit Kategori Pemasukan
Contoh kategori pemasukan antara lain : Gaji, Bonus dan Usaha. Sama halnya dengan kategori pengeluaran, kitapun bisa mengedit sesuai kebutuhan.

    3. Atur Warna Tampilan
Tersedia 8 pilihan warna untuk tema aplikasi. Yaitu, grey blue, pink, blue, light yellow,brown, purple, green, dan dark. Kita bisa mengubahnya setiap saat sesuai suasana hati kita (eh..)

   4.    Atur PIN
Jika tidak ingin data yang kita isikan diakses orang lain,kita bisa mengatur PIN untuk aplikasi ini.

   5.  Setelan Lainnya
·         Atur Pengingat
Untuk mengaktifkan pengingat waktu, jam berapa kita ingin mencatat secara rutin lalu lintas transaksi kita

·         Manual Back Up
Untuk membuat back up penyimpanan data dan mengirimnya ke dalam format excel jika dibutuhkan

·         Manual Restore
Sejujurnya, saya kurang jelas dengan fungsi menu manual restore ini. Akan saya update jika sudah menemukan fungsinya

·         Format Currency
Selain menampilkan pilihan mata uang, fitur ini juga menyediakan pengaturan desimal, pengaturan symbol mata uang dan kode pemisah penulisan (koma atau titik).

Kelebihan
Jika di update secara rutin aplikasi ini bisa menampilkan secara rinci pos – pos pemasukan dan pengeluaran apa saja yang telah kita lakukan. Sehingga posisi jumlah uang yang kita miliki dapat langsung diketahui dari selisih jumlah pemasukan dan pengeluaran

Kelemahan
Tidak ada fitur untuk mencatat rencana anggaran pengeluaran. Sehingga tidak bisa mengetahui apakah pos pos yang sudah kita lakukan sesuai dengan rencana anggaran yang sudah disusun atau belum. Namun hal ini bisa diatasi dengan membuat rencana anggaran secara manual dalam format lain,baik tertulis dalam buku catatan atau dalam file excel di drive.

Untuk mengunduh aplikasi Catatan Keuangan Harian, teman-teman bisa klik disini

Demikian review saya untuk aplikasi catatan keuangan. Semoga bermanfaat..!


#Day1
#Tantangan10Hari
#Level12
#KuliahBunsayIIP
#KeluargaMultimedia

Posting Komentar

0 Komentar