Jumat, 05 Oktober 2018

# DIY & Craft

Membuat Kreasi Dari Tutup Botol


Siapa yang suka berkreasi dengan si kecil dirumah? ( Saya tunjuk tangan duluan :D) Yups, berkreasi bersama anak - anak memang seru. Bisa meningkatkan bonding dengan anak, mengurangi intensitas anak bermain gadget daan.. syukur - syukur jika menghasilkan. Itu bonusnya. Kali ini, saya ingin berbagi cara kreasi dari tutup botol. Selain bisa jadi pernik lucu, kreasi tutup botol juga sekaligus sebagai sarana belajar si kecil untuk mengolah sampah menjadi benda yang bermanfaat. Setuju ya Ma? ( harus setuju, hehe..)

Tutup botol ini akan saya kreasikan menjadi topi lucu. Caranya mudah banget kok, alat dan bahan yang dibutuhkan antara lain :

1. kain perca kurang lebih 20 x 10 cm
2. benang dan jarum
3. tutup botol standar ( jangan yang terlalu tipis ya )
4. flanel dibentuk lingkarann diameter kurang lebih 5 cm
5. ring gantungan kunci
6. tali ( bisa menggunakan tali kur, tali kulit atau benang rajut, apa aja yang ada deh..)
7. pola dasar topi, berbentuk lingkaran dengan diameter sekitar 6 cm, bisa menggunakan kardus bekas atau  kertas tebal ( minimal setebal kertas buffalo )
8. pita lebar  0,5 cm, warna bebas. Saya menggunakan pita emas
9. bunga hiasan kecil, maksimal diameter 1 cm. 
10. lem tembak ( alat dan refill )
alat dan bahan membuat kreasi tutup botol

Cara membuatnya seperti ini,

1. Gunting perca untuk melapisi tutup botol, jahit jelujur sekelilingnya, kemudian serut, rapikan. Lakukan hal yang sama untuk pola dasar. Kemudian tempelkan tutup botol dan pola dasar yang sudah dibungkus kain perca menggunakan lem tembak. Nah, sudah terlihat seperti topi bukan?


2. Tempelkan pita di sekeliling sambungan, Gunakan sisa pita untuk membentuk pita dan ekor. Kemudian tempelkan aplikasi bunga hiasan untuk mempercantik topi


3. Tinggal merapikan bagian belakang topi. Ambil kain flanel yang sudah kita siapkan. Sisipkan ring gantungan kunci pada tali, tempelkan dibelakang topi, tutup dengan kain flanel dan lekatkan menggunakan lem tembak. Yayy, sudah jadi.. ! Mudah bukan ?

Selain menjadi gantungan kunci, kreasi ini dapat juga kita jadikan jepit rambut atau bros. Tinggal dikreasikan sesuka hati. Mudah bukan ? Semoga bisa menjadi inspirasi kegiatan bersama si kecil ya Ma.. ^^





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca, yuk tinggalkan jejak dengan komentar yang santun

Follow Us @soratemplates