Senin, 27 Februari 2017

# Matrikulasi IIP

Menuju Perubahan #Catatan Minggu ke 2-5


Bismillahirrahmannirrahim..

Time flies. Nggak terasa sudah di penghujung Februari. Dan program Matrikulasi Institut Ibu Profesional sudah memasuki minggu ke enam. Rencana awalnya, saya akan memposting review per minggu dari setiap tahapan materi dan tugas yang diberikan di MIIP. Tapi apa daya, diri harus tetap bergelut  dengan segala urusan domestik, ditambah lagi tugas yang saya kerjakan bersifat personal jadi saya kirim via email langsung ke fasilitator.

Eh ada yang belum tahu apa itu IIP atau Institut Ibu Profesional ? Coba deh googling.. banyak di internet. Apalagi kalau sudah pernah dengar nama Ibu Septi Peni Wulandani, tahu kan? Nah beliau adalah penggagas dan penyusun kurikulum pembelajaran di IIP. Luar biasa memang beliau. Awalnya saya membaca tentang kiprah adik Ara Kusuma. Salah satu generasi muda Indonesia yang cemerlang prestasinya. Ibu Septi adalah ibunda dari Ara Kusuma. Nggak heran ya, kalau putrinya juga luar biasa.
Oke, kembali lagi mengenai review saya selama mengikuti MIIP ini, rasanya seperti punya hutang kalau belum saya tulis disini ( eh, siapa juga yang nagih hehehe ). Walaupun nggak ada yang nagih, teteup lah saya tulis disini... *maksa*

Sampai di minggu ke 5 dan di NHW#5 ini rasanya saya ingin mengibarkan bendera putih, tapi saya yakinkan diri bahwa tidak ada belajar yang sia-sia. Walaupun bisa dibilang saya terlambat mengikuti MIIP ini, di usia saya dan di usia perkawinan saya yang sudah lebih banyak dari teman-teman lain, tetapi masih banyak PR yang harus saya benahi.
Sampai pada NHW#5 banyak sekali ilmu yang saya dapatkan, baik yang secara resmi dari materi MIIP maupun dari sharing dan obrolan sesama peserta di WA Group. Masyaa Allah.. luar biasa ! 

Rasanya ingin merombak NHW dari awal yang saya kerjakan.
Di NHW#1 saya menentukan bidang ilmu yang ingin saya tekuni adalah ilmu CRAFT. Sampai disini saya memahami bahwa ilmu Craft hanyalah salah satu bagian kecil dari ilmu Bunda Produktif.

Kemudian di NHW#2 ketika para peserta harus menentukan indikator kesuksesan diri sebagai individu, istri maupun sebagai seorang ibu, saya telah menentukan poin-poin indikator kesuksesan tersebut. Tentunya sesuai dengan kapasitas dan kemampuan saya. Semoga bisa konsisten dan istiqomah.

Lalu memasuki NHW#3 saya mulai memahamkan diri, melakukan introspeksi melihat kelebihan-kelebihan anggota keluarga kecil kita yaitu suami dan anak-anak. Alhamdulillah, NHW#3 ini mengingatkan saya kembali untuk melihat sisi baik yang dimililiki keluarga kita. Entah apapun masalah yang dihadapi, ingatlah hal-hal baik yang telah dilalui bersama. Dan memahami bersama apa tujuan kita dihadirkan di lingkungan kita.

Dan, yang cukup menegangkan adalah NHW#4 dimana semua peserta harus menyusun langkah-langkah dan milestone (pencapaian-pencapaian) yang akan dituju dalam rangka mencapai bidang yang ingin ditekuni. Karena NHW#4 ini saya buat dengan mengacu ke NHW#1 maka milestone yang saya buat pun sangat sederhana. Hanya tahapan-tahapan saya menentukan bidang craft apa yang ingin saya buat, mempelajarinya, menyiapkan bahan dan alat, membuat dan kemudian memasarkan. Di bagian akhir milestone saya menambahkan sebuah pencapaian agar bisa menjadi seorang mentor di bidang craft.

Dan yang sekarang, NHW#5 ! Peserta diajak menentukan Cara Belajar atau Learning How To Learn. Membuat sebuah design cara belajar yang bisa diterapkan untuk diri sendiri.
Jujur, saya merasa pembelajaran di MIIP ini jauuuuh diatas kapasitas kemampuan saya. Kalau bahasa jawanya, saya agak kepontal-pontal mengikuti materi-materi dan bahkan ngos-ngos an mengerjakan NHW nya. Tapi sekali lagi saya pahamkan ( pada diri saya sendiri ) bahwa tidak ada ilmu yang sia-sia. Seperti kata Ibu Septi, lakukanlah walaupun belum paham. Allah yang akan memahamkan. Insyaa Allah.. ! Dan saya merasakan betul makna kalimat tersebut. Kerjakan -Lakukan ! Sedikit demi sedikit pemahaman akan terbentuk. Walau kadang agak sulit untuk menyampaikan kembali atau menyusunnya dalam sebuah tulisan.

Baiklah.. curhatnya sudah dulu.. saatnya saya mengidentifikasi bagaimana saya learning how to learn sebagai jawaban atas NHW#5 saya. Dalam proses belajar saya, saya akan lebih bisa memahami suatu hal dengan tahapan sebagai berikut :

1. Membaca
2. Menandai poin penting
3. Menerangkan ( berbicara sendiri)
4. Merangkum / menulis kembali

Saya merasa masih banyak kekurangan di sana-sini dalam pengerjaan NHW saya dari NHW 1-5. Namun semoga apa yang saya pahami dan saya kerjakan dapat memberikan perbaikan dalam diri dan keluarga saya khususnya, dan pada lingkungan saya pada umumnya.

*in syaa Allah tulisan ini akan dilanjutkan pada postingan berikutnya mengenai review materi di minggu ke 6 sampai minggu ke 9

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca, yuk tinggalkan jejak dengan komentar yang santun