Kamis, 30 Maret 2017

# jalan-jalan

Serunya Jalan-jalan ke Taman Safari Prigen ( Field Trip TK At Tadzkiroh Sidoarjo)

Dari sekian banyak lokasi wisata di Jawa Timur, Taman Safari Indonesia II di Prigen Pasuruan  sepertinya menduduki deretan atas sebagai tujuan wisata. Karena selain lokasinya yang mudah dijangkau, Taman Safari juga menyajikan informasi dan edukasi fauna yang fun dan sangat menghibur. Sehingga cocok sekali dijadikan sebagai lokasi tujuan field trip bagi siswa-siswi Paud/TK.

Dan alhamdulillah, tanggal 23 Maret 2017 kemarin, Paud-TK Islam At Tadzkiroh Sidoarjo berkesempatan mengunjungi Taman Safari Indonesia II di Prigen Pasuruan Jawa Timur.
Saya sendiri, kebetulan sudah 3x mengajak anak-anak kesana, tapi ternyata menjelajah taman safari bersama keluarga dengan bersama rombongan sekolah keseruannya beda lho !  Untuk pengunjung kolektif/rombongan pihak Taman Safari akan menyediakan pemandu wisata yang menemani sepanjang perjalanan. Tugas pemandu wisata antara lain memberikan informasi tentang satwa-satwa yang dilihat di sepanjang area satwa serta mengatur jadwal rombongan agar bisa menyaksikan pertunjukkan-pertunjukkan satwa yang digelar di jam-jam tertentu. Juga mengkoordinasi jam berapa rombongan harus berkumpul untuk makan siang, atau sudah harus menuju bis masing-masing. Jadi jangan khawatir hilang atau terpisah dari rombongan, mbak /mas pemandu akan mengenali atau memanggil kita lewat pengeras suara.

Rombongan Paud-TK Islam At Tadzkiroh berangkat dari Sidoarjo pukul 8.30 wib. Menggunakan 3 unit bus wisata Barokah Trans. Berisi sekitar 100 siswa paud-TK plus pendamping, dan 9 bunda pengajar. Alhamdulillah perjalanan sangat lancar, sekitar pukul 10.00 wib bis sudah sampai di area parkir taman Safari. Setelah menunggu beberapa saat, akhirnya buspun memasuki area satwa. Oiya, untuk rombongan bis 3 yang kami tumpangi, kami di pandu oleh mbak Wati sebagai tour guide nya. Banyak sekali informasi yang kami dapatkan dari mbak Wati tentang satwa-satwa yang ada disana. Dan ternyata, masing-masing satwa itu punya nama.. ada Kaila, Keisha, Widya, Fendi dan banyak lagi. Cantik-cantik ya namanya. Dan lucunya, beberapa nama kebetulan sama dengan nama anak-anak yang ada di bis. Riuh tawa rombongan ketika mb Wati menyebutkan nama satwa yang sama dengan nama anak. He he..

Melintasi area satwa menggunakan bus wisata rupanya cukup menegangkan. Jalanan yang sempit dan menanjak sempat membuat bus kehilangan kendali. Bus berhenti mendadak dan mundur sedikit ( beberapa senti ) sudah membuat para penumpang panik. Alhamdulillah kesigapan pak sopir membuat semuanya terkendali dengan baik.

Sekitar pukul 11.00 kami selesai melintasi area satwa. Waktunya jam bebas. Selama satu setengah jam rombongan disilakan jalan-jalan bebas atau mencoba wahana permainan yang ada. Gratis semua wahana, karena tiket yang kami pakai adalah tiket terusan. Tapi tidak termasuk foto bersama satwa. Untuk foto bersama satwa dikenakan biaya 15.000/orang. Wahana favorit yang banyak dicoba antara lain : mini rollercoaster, gajah terbang dan kursi terbang.
mini roller coaster

kursi terbang, seperti ayunan tapi melayang tinggi banget

yayy... gajahnya terbang !
 Tidak terasa sudah pukul 12.30 wib. Mbak Wati mengingatkan agar rombongan segera menuju restoran Gading untuk mengambil makan siang. Ternyata, makan siang tidak dimakan direstoran karena pertunjukkan gajah akan segera dimulai. Jadi kami membawa makan siang ke area pertunjukan gajah. Disana kami dibuat takjub dengan gajah-gajah yang pintar berakting. Diceritakan, akibat ulah manusia merambah hutan secara liar, gajah-gajah kehilangan tempat tinggal. Selain itu manusia juga mengeksploitasi gajah untuk kepentingan pribadi. Skenario yang apik dan akting para gajah yang memukau membuat penonton tak henti bertepuk tangan.
dokter gajah mau nyuntik, eh pasiennya malah lari

jangan khawatir, gajah ini cuma akting kok, ceritanya dia barusan tertembak oleh pemburu
ini pemburu dan warga desa yang mengganggu gajah

Setelah selesai pertunjukan gajah, kami menuju area lumba-lumba. Tidak hanya lumba-lumba, ada juga berang-berang dan singa laut yang menunjukan kebolehannya. Oiya untuk menjaga lumba-lumba dari kepunahan Taman Safari juga melakukan penangkaran yang berlokasi di Pantai Sigandu Batang Jawa Tengah. Berang-berang, singa laut dan lumba-lumba pun tak kalah pintar dengan gajah. Aksi mereka yang lucu membuat pentonton tertawa.

ucapan selamat datang dari Kyra dan Kareba si lumba-lumba

lompatan cantik Kyra dan Kareba

main basket
Dari panggung lumba-lumba anak-anak diajak ke Safari Water World Yah namanya bocah ketemu air yaa.. langsung deh pada heboh. semua kepingin nyemplung. Hehe..
Sebenarnya masih ada satu pertunjukan lagi yaitu Temple of Terror tapi waktu sudah tidak memungkinkan. Masih harus ngejar waktu untuk singgah di Masjid Ceng Ho supaya bisa sholat (jamak Dhuhur dan Ashar) dan wisata belanja. Akhirnya kami berpisah dengan mbak Wati dan melanjutkan perjalanan.

Safari water World
Sampai di masjid Ceng Ho hampir jam 5 sore. Suasana pelataran masjid juga ramai penuh bis dan rombongan lain. Tapi suasana di dalam masjid cukup lengang. Beberapa menyempatkan berwisata belanja ke pasar oleh-oleh di belakang masjid. Disana dijual aneka jajanan dengan harga mulai dari Rp. 3000,- per bungkusnya.
Selepas maghrib kami melanjutkan perjalanan kembali menuju Sidoarjo. Para penumpang khususnya krucil-krucil hampir semuanya tertidur. Perjalanan pulangpun lancar sesuai harapan. Jam 8 malam kami tiba di sekolah dan kembali ke rumah masing-masing. 

Alhamdulillah sampai rumah!
Mulai terasa nih capeknya.. Bongkar tas dan ranselnya nanti dulu lah. Yang penting bersihin badan dulu. Anak-anak saya mandikan air hangat. Sholat dan makan, kemudian langsung Zzzz... Tidur nyenyak karena kecapekan.
Seru juga ya, menjelajah taman safari bersama rombongan! Hati senang meskipun badan lumayan capek. Capeknya juga karena kebanyakan bawaan, padahal beberapa ternyata tidak kami perlukan disana.  Next, sudah tahu apa yang perlu dibawa dan apa yang tidak. Nah bagi yang akan menjelajah taman safari atau lokasi lain untuk field trip bersama anak-anak, ada baiknya simak dulu apa saja yang perlu dibawa :

1. Obat-obatan : minyak angin, obat luka antiseptik, plester. Ini WAJIB ya! Kadang-kadang hal tidak terduga bisa menimpa kapan saja. Seperti yang saya alami. Qadarullah, jari Faisya terjepit pintu pagar wahana saat kami antri di wahana gajah terbang. Beruntung saya sempat membawa betadin dan plester. Jadi bisa mengurangi resiko infeksi dan mengurangi durasi tangisannya juga.
2. Makanan ringan dan minuman secukupnya. Fyi, harga segelas minuman dingin dan cemilan ( popcorn dll ) di area pertunjukkan satwa rata-rata Rp. 20.000,- per buah !
3. Sepatu / sandal flat. Say big NO untuk wedges apalagi high heels. Sepatu kanvas / kets bolehlah. Asalkan nyaman dan ringan.
4. Kamera digital atau kamera HP. Sayang sekali jika momen-momen disana tidak diabadikan. Kalau adanya kamera HP jangan lupa bawa powerbank nya.. hehe.
5. Mukena (bagi muslimah). Disana tersedia mushola yang cukup nyaman. Lebih baik jika tetap sholat diawal waktu.

Selain daftar bawaan yang wajib dibawa, perhatikan juga tips-tips berikut ini, supaya perjalanan menjelajah taman safari lebih nyaman dan berkesan :

1. Hindari  peak seasons seperti weekend, liburan sekolah atau libur nasional, agar perjalanan wisata lebih nyaman. Harga tiket masuk juga lebih murah.
2. Usahakan jam 10 pagi sudah tiba di Taman Safari, supaya bisa menikmati semua pertunjukkan satwa dari awal. Bagi rombongan, ada pemandu wisata yang siap menginformasikan jadwal pertunjukkan. Nah, bagi yang datang bersama keluarga tanyakan dulu jadwalnya ke petugas terdekat ya, karena sayang sekali jika dilewatkan.
3. Jika menggunakan bis wisata, pilih tempat duduk dengan kaca terang. Lebih nyaman kalau bisa duduk di barisan depan. Hindari kaca yang ada stikernya karena akan menyulitkan kita melihat satwa di kanan kiri jalan sepanjang area satwa.
4. Minimalkan barang bawaan agar lebih nyaman menikmati Taman Safari.
5. Sebaiknya tidak usah nyemplung ke water world. Ini kalau saya sih ya.. karena kalau main air, anak-anak pasti lupa waktu. Belum lagi untuk bilas dan ganti bajunya, bisa lama lagi. Gunakan waktu untuk menikmati pertunjukkan atau wahana yg ada. ( imho, berenang atau ke waterpark bisa diagendakan tersendiri, ke lokasi terdekat dalam kota )
Oiya, untuk biaya field trip Rp. 370.000,- per siswa dengan satu orang pendamping. Biaya tersebut sudah termasuk transportasi, tiket masuk terusan, jasa pemandu wisata dan makan siang anak dan pendamping. Jika ada anggota keluarga lain yang ingin ikut, bisa menambah biaya sebesar Rp. 175.000,- per orang.

Bagaimana, tertarik untuk mengajak keluarga atau rombongan menjelajah taman safari? Mudah-mudahan cerita perjalanan saya ke Taman Safari bersama rombongan bisa memberikan inspirasi alternatif pilhan berwisata bersama rombongan. Semoga bermanfaat ya!

*special thanks to Mama Raffa Nayla, makaciii foto2 cantiknya

10 komentar:

  1. Hai Mbk Novri salam kenal
    makasih ya sudah berkunjung ke blog saya
    Seru ya saat ke Taman Safari...Saya pernah kesana juga tapi sudah 3 thn yang lalu kayaknya hehehe
    semoga besok ketemu di acara Dancow

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa mb reni... asiikk, semoga ketemu, kopdaran kita yaa..

      Hapus
  2. Wah, bagus mbak😀, blog ku malah sering terbengkelai, hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo aktivkan lagi.. rajin2 diupdate

      Hapus
  3. bisa jadi referensi buat touring murid sd ku,,, hehe makasih yah mab

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2.. alhamdulillah bs bermanfaat ^^

      Hapus
  4. belum pernah kemari , tempat wisata sekalian edukasi ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mb Tira, anak2 bisa main sekaligus belajar mengenal satwa. Makasih sudah mampir ya

      Hapus
  5. Dipasuruan ada to taman safarinya, kirain tadi itu di Bogor.
    Aku suka dengan pertunjukan atau antraksi gajahnya. Tampak seru.
    Bawa hape dan power bank, itu wajib. Bawa makanan biar lebih hemat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe.. ada taman safari jg di Pasuruan,
      iya bener.. seru banget, pinter2 gajahnya

      Hapus

Terima kasih sudah membaca, yuk tinggalkan jejak dengan komentar yang santun