Senin, 03 April 2017

# Liputan

Percaya Diri Melepas Si Kecil Bereksplorasi

Sejujurnya saya  mengakui, bahwa sebelum ini saya lebih  sering mengatakan ‘jangan’ kepada  anak-anak. Sampai suatu hari, saya berniat  merombak mindset saya, dan mencoba memberi ruang lebih untuk anak-anak bereksplorasi.  Faisya (5 tahun)  keheranan ketika saya mengijinkan dia bermain hujan di halaman rumah.

“Bener boleh, Mi ?” tanya Faisya. “Enggak sakit?”
“Iya boleh,” saya mengangguk. Padahal dalam hati agak deg-degan, “Insya Allah enggak, selesai main langsung mandi yaa..” kata saya
Sorenya, setelah kakaknya pulang sekolah, dia tidak sabar menceritakan pengalaman pertamanya bermain hujan. Si kakak Icha menjawab kalem.
“Hujan itu shower yang paling besar”

Belakangan saya tahu, ternyata itu menirukan iklan Dancow yang terbaru. Wah, Umi nya kudet! Maklum jarang nonton televisi.
Dan, ketika iklan acara peluncuran Dancow Advanced Excelnutri+ mulai tayang di televisi, mereka sudah menandai tanggal berapa acara digelar di Surabaya. Hari Sabtu  1 April 2017 saya, suami dan anak-anak menuju Royal Plaza Surabaya tempat diselenggarakannya acara.


Seperti yang saya duga, animo masyarakat untuk acara ini sangat tinggi. Terbukti dengan banyaknya pengunjung  di atrium Royal Plaza Surabaya. Padatnya antrian tidak menyurutkan niat Bunda dan Ayah yang ingin menyaksikan dari dekat peluncuran Dancow Advanced Excelnutri+.  Karena disana tidak hanya peluncuran produk, tetapi juga ada talkshow dan disediakan empat area bermain yang semuanya  bertujuan untuk mengasah eksplorasi si Kecil. Mulai dari kemampuan kognitif meliputi berbahasa, atensi / memperhatikan, memori / mengingat, menyelesaikan masalah dan melatih psikomotorik si Kecil.

keramaian acara Peluncuran Dancow Advanced Excelnutri+ di atrium Royal Plaza Surabaya

Faisya sudah tidak sabar ingin bermain, sementara saya masih ingin mengikuti talk show. Akhirnya terpaksa berbagi tugas dengan suami. Sementara saya menyimak talk show, suami menemani anak-anak bermain. Thank you, hubb !

Acara talkshow dibuka oleh moderator cantik bunda Shahnaz Haque. Menghadirkan 3 (tiga ) narasumber yaitu  Senior Brand Manager DANCOW Advanced Excelnutri+ ayah Riza Nopalas, dokter spesialis tumbuh kembang anak DR.dr. Roedi Irawan, M.Kes, SpA(K) dan psikolog bunda Ratih Ibrahim.

Disampaikan oleh Ayah Riza Nopalas, Nestle DANCOW sebagai mitra terpercaya orang tua dalam memastikan tumbuh kembang si Kecil, meluncurkan inovasi terbarunya yaitu Nestle DANCOW Advanced Excelnutri+ yang memiliki kandungan Lactobacillus Rhamnosus tiga kali lipat lebih tinggi dari sebelumnya. Nestle DANCOW berharap inovasi terbaru ini dapat membantu si Kecil mencapai tumbuh kembang optimal dari sisi nutrisi. Selain dua elemen lainnya  yang juga harus diberikan oleh  Bunda dan Ayah yaitu stimulasi dan cinta dari Bunda dan Ayah.
Narasumber ikut bermain bersama anak-anak
Sementara itu, DR.dr.Roedi Irawan, M.Kes, SpA(K) juga menambahkan bahwa Lactobacillus Rhamnosus adalah  bakteri baik yang dapat membantu menjaga saluran pernafasan dan saluran cerna si Kecil. Sehingga asupan bakteri baik sangatlah penting untuk mendukung proses belajar dan pertumbuhan di Kecil. Senada dengan  ayah Riza dan dokter Roedi, bunda Ratih Ibrahim juga menyampaikan adanya tiga elemen penting dalam tumbuh kembang anak, beliau menekankan pentingnya cinta Bunda dan Ayah pada masa eksplorasi untuk melengkapi nutrisi.

"Memperbolehkan si Kecil bereksplorasi merupakan salah satu wujud cinta Bunda dan Ayah. Kepercayaan diri orang tua untuk berkata “IYA BOLEH” dan melepas si Kecil akan dapat mendorong si Kecil untuk berani dan mandiri untuk menemukan hal-hal baru dan mengembangkan dirinya"

Suasana talkshow yang diramaikan oleh anak-anak berlarian diatas panggung tidak membuat para narasumber terganggu. Bunda Ratih Ibrahim  justru ikut bermain bersama anak-anak dan duduk di tangga panggung diikuti narasumber yang lain. Panggung  pun berubah menjadi lesehan sehingga  suasana terasa lebih akrab.


Kurang lebih pukul tiga sore talkshow pun usai. Tidak terlalu lama, tapi materinya ‘daging’ semua. Tinggal dikunyah pelan-pelan dan dipraktekkan pastinya!  Tengok kanan kiri depan belakang, belum terlihat penampakan anak-anak dan Abinya. Wah, pasti keasikan bermain. Akhirnya saya menemukan mereka di Art Center. Haha, rupanya si Abi kecapekan mengikuti duo krucils ini kesana kemari. Saya melanjutkan menemani anak-anak bermain sementara Abi istirahat, ngedeprok di salah satu pojokan area bermain. Sebagian besar area sudah mereka jelajahi  ( yang artinya tiket sudah distempel dan tidak boleh masuk lagi, hehe ) saya hanya kebagian masuk ke Photo Booth. Bagi saya ini area wajib, sudah keliling-keliling kalau belum foto rasanya gimana yaa.. ? Walau antrian cukup panjang, dibelain deh !

Taraa..! ini hasil ngantri panjang di photo booth

Sambil menunggu foto jadi, kami sempat keliling lagi. Saya menanyakan ke Icha dan Faisya, bagaimana kesan-kesan mereka bermain tadi. Jawabannya kompak, seru !

Jadi, inilah area bermain yang sempat mereka jelajah :

Central Park
Ini area pertama yang sempat dijelajah sebelum talkshow dimulai, saya masih sempat menemani mereka bermain. Central Park  di desain seperti  sebuah taman, dengan bunga-bunga dan hujan. Iya hujan! Begitu masuk anak-anak dipakaikan mantel dan dipinjami tablet yang sudah dibungkus pelindung air. Oww, ternyata central park ini dilengkapi dengan teknologi AR atau Augment Reality. Gambar virtual akan muncul jika layar tablet diarahkan ke objek tertentu. Faisya kegirangan ketika seekor kelinci virtual meloncat-loncat saat dia mengarahkan tablet ke foto kelinci. Juga ketika ada kupu-kupu virtual  yang beterbangan ketika tablet diarahkan ke gambar sebuah kepompong. Di tengah taman cuaca berubah hujan, mereka sempat terguyur hujan (buatan). Untung sudah pakai jas hujan.
siap menjelajah Central Park

diajarin dulu sama kakak dari Dancow
ehh ada kupu-kupunyaa...

Smart City
Menampilkan nuansa perkotaan masa depan. Di sekeliling kota disediakan permainan lego yang mengasah keterampilan dan kecerdasan. Mereka bersemangat merancang kreasinya masing-masing.

area smart city

si Kecil bereksplorasi merancang desain untuk smart city

aku buat es krim ajaa.. hehehe


Play Park
Ini wahana yang paling disukai Faisya. Minta bolak-balik masuk. Beruntung kami mendapat satu tiket tambahan di goodie bag, akhirnya keturutan masuk play park lagi. Yang paling disukai adalah menaiki monkey bar dan memerah susu sapi. Keseluruhan di area ini ada trampolin, wall climbing, dan perosotan. Permainan-permainan di play park ini sangat bagus untuk mengasah kemampuan motorik anak.

dua kali masuk Play Park buat naik monkey bar
"susunya boleh diminum ngga?", tanya Faisya

Art Center
Di Art Center ada aktivitas menggambar dan hand painting, hehe, makanya Faisya juga betah. Jarang-jarang dirumah boleh belepotan main cat di tangan kan..? (tapi setelah ini boleh kok, hehehe). Oiya tak hanya menggambar dan hand painting, di sini juga ada story telling. Kak Haris sang story teller, membawakan kisah Dani dan Raisa melawan bakteri jahat. Anak-anak juga bisa menyaksikan ceritanya pada giant book yang muncul di monitor raksasa.

hand painting hasil karya si Kecil

Kak Haris sedang bercerita

Tidak hanya untuk anak-anak, ada juga Consultation Booth untuk Bunda dan Ayah. Didukung para dokter dan nutrisionist berpengalaman mereka siap melayani Bunda dan Ayah yang ingin berkonsultasi.

Consultation Booth

Sayang keseruan di acara Dancow Explore Your World harus segera kami akhiri, sudah hampir jam 5 sore. Waktunya pulang. Meskipun terlihat berat meninggalkan area, duo kecil nan shalihah ini menurut juga.. hehe. Di perjalanan pulang mereka tidak henti-hentinya bercerita petualangan mereka di area-area yang mereka jelajahi.

Acara Dancow Explore Your World ini diadakan selama dua hari, yaitu tanggal 1-2 April 2017. Jadi Bunda dan Ayah yang belum sempat datang di hari pertama masih ada kesempatan untuk datang di hari kedua. 

Untuk Bunda dan Ayah di kota lain, jangan khawatir Dancow Explore Your World juga diadakan di beberapa kota besar lainnya. Yaitu, Jakarta 29-30 April 2017, Semarang 5-6 Agustus 2017, Solo 9-10 September dan Makassar 7-8 Oktober 2017. Sementara untuk Medan sudah diadakan pada tanggal 4-5 Maret 2017 kemarin. 

Untuk Bunda dan Ayah yang masih ingin berkonsultasi dan mendapatkan informasi terbaru seputar tumbuh kembang dan gizi anak, Bunda dan Ayah bisa mengunjungi website Dancow Parenting Club

Kalau anak-anak pulang membawa pengalaman serunya bermain, saya pulang membawa kepercayaan diri yang baru. Saya jadi semakin percaya diri untuk lebih memberikan ruang eksplorasi kepada Icha dan Faisya, tentu saja dengan tetap memperhatikan asupan nutrisi salah satunya dengan memberikan Nestle DANCOW Advanced Excelnutri+ sesuai tahapan usianya. [Novri.Nh]

24 komentar:

  1. Play park memang tempat yang buat si kecil betaaaah banget hahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahaha.. betul betul betul... ^_* tp keseluruhan area nya juga seru banget ya..

      Hapus
  2. Pokoke kalo ada event DANCOW, akoooh mau datang lagi, lagi dan lagi :)
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akupun akupun... !sampai mikir nanti kl bocilku sudah gede bawa anak siapa ya.. hehehe

      Hapus
  3. Seruu banget ceritanya ya mbk. Tiketku kmrin gak kepake semua,niat balik hari minggunya eh ada halangan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah blm rejeki.. ga apa2, semoga ketemu lagi di event berikutnya ya mbak ^^

      Hapus
  4. Ah...kemarin belum sempat menyapa mbak...salam kenal yaa...semoga berjumpa di event yang lain

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ga sempat say hai, padahal
      kita ada foto satu frame lho mba ren.. aamiin, smg ketemu di event selanjutnya

      Hapus
  5. Siippp! Edukasi yang mantab dan asyik buat selruh anggota kluarga yah :)

    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah..mba nurul, sampai 2x mampir.. *sungkem sama suhu*

      Hapus
  6. acara yang bener2 seru. si kecil betah bermain seharian

    BalasHapus
  7. acara Dancow di Surabaya ini seru banget ya, Si kecilku betah banget main di Play Park

    BalasHapus
    Balasan
    1. samaaa... hehe, semoga ketemu lagi di event berikutnya mbak

      Hapus
  8. Terima kasih, Kakak untuk balon ungunya
    Maafin Salfa yang ngerepotin ya
    Moga tahun depan ketemu lagi di event Dancow

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama dek Salfa.. gak ngrepotin kok. kata mba faisya, aku pinter ya Mi, ga apa2 balonnya buat dek Salfa, aku kan sudah besar.. (lagi fasenya merasa senior)

      Hapus
  9. Asyiik udah boleh hujan-hujaaan. Hehehe. Dulu waktu saya kecil kalau dapat izin hujan-hujan tuh bahagianya gak terkira :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. tadinya ngga boleh, emaknya agak over bin lebay..

      Hapus
  10. Oh itu yang di booth consultation itu nutritionist ya?
    Kok mereka ngakunya ke saya itu mereka psikolog, hihihihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau ga salah ada dokter, psikolog dan nutrisionist deh.. gak sempet konsul sayaa.. antriannyaa gilak, bocah masih ingin kemana2

      Hapus
  11. Aku untungnya pas di photoboth ga antri :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kok bisaaa? pas aku antrinya kek ulaar, panjaaang

      Hapus
  12. Wah enak ya mbak Novri bisa berbagi tugas sama suaminya. Si Kecil agak rewel pas Talkshow - nya karena pengen main dan akhirnya saya harus sabar-sabar ini dia untuk mau nunggu "sebentar".
    Tapi sejauh ini seru-seru deh acara DANCOW ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mb yulia, alhamdulillah.. ^^
      Bener seru banget, semoga bisa ikutan jg event berikutnya

      Hapus

Terima kasih sudah membaca, yuk tinggalkan jejak dengan komentar yang santun

Follow Us @soratemplates