Sabtu, 17 Juni 2017

# Institut Ibu Profesional # Kelas Bunda Sayang

[ GAMELEVEL 1] Day10 Tantangan 10 Hari Komunikasi Produktif, Review dan Pemantaban Komprod



Day 10 , yayyy...!!
Mengerjakan latihan komunikasi produktif selama 10 hari,sebagai tugas / tantangan dari Kelas Bunda Sayang Institut Ilmu Profesional, rasanya sungguh...wow!!
Disini saya me review kembali, bentuk komunikasi saya ke anak-anak. Yang ternyata selama ini masih lebih banyak salah daripada benernya. 
Belum lagi, semangat yang naik turun. Dan ternyata nggak cuma saya lho.. Hamdalah, kamipun saling menyemangati, jika ada teman -sesama peserta- yang lagi down segera di up kan oleh yang lain. Perjalanan masih panjang, masih ada 11 tantangan lagi di kelas Bundsay. 

Hari terakhir tantangan, bertepatan dengan hari ke 10 saya ( alhamdulillaaah.. genap juga 10 hari ). Saya ingin memantapkan lagi poin - poin  komprod yang lebih sering saya aplikasikan sehari-hari. Antara lain : mengendalikan emosi, intonasi dan suara yang ramah, mengatakan yang diinginkan dan memberi pilihan. Ya, empat poin tersebut menurut saya adalah poin dasar yang harus saya kuasai dan aplikasikan sehari - hari.


Poin mengendalikan emosi, ini sudah ON sejak anak-anak bangun tidur. Alhamdulillah lancar. tidak ada drama berarti yang bikin esmoni saya naik. Demikian juga poin intonasi dan suara yang ramah, so far lancarr... hari ini nada suara masih terjaga di oktaf rendah.  Poin ketiga, mengatakan yang diinginkan, ini beberapa kali diulang, ketika menyuruh Icha ( 9tahun ) makan. Qadarullah, sejak Kamis kemarin sepulang sekolah badannya demam, jadi saya ijinkan tidak berpuasa dulu. Hobi si sulung membaca sering bikin sampai lupa makan, padahal badannya masih lemah karena sakit. Kondisi normal saja makannya susaah, apalagi waktu sakit gini,tambah susyaah, baca buku ,  nonton tv,main tablet.. yah maklum liburan. Karena itu saya coba mengganti kalimat :

"Jangan main tab sama baca buku mulu... makan dulu yaa.."

dengan kalimat :

"Yuk makan dulu, biar cepat sehat.. antibodi di tubuh kakak sedang berjuang mengalahkan benda asing yang masuk jadi perlu dibantu dengan asupan makanan yang baik dan banyak"

Dan ngga butuh waktu lama, nasi sop pentol bakso yang saya siapkan habis. Alhamdulillah..

Sedangkan untuk poin ke empat, memberikan pilihan, ini lebih sering saya aplikasikan ke Faisya ( 5 tahun ) Bocah yang sedang homoluden banget ini, paling susah disuruh mandi, apalagi kalau rombongan teman-temannya sudah nyamperin kerumah. Buru-buru mau pergi aja.

"Adek mau mandi sekarang apa main dulu 5 menit?"
"Mandi sekarang aja deh..."

Yess! Dalam hati emaknya bersorak. Jika saya gunakan kalimat perintah "Ayo mandi dulu sebelum main!!" bisa jadi endingnya gak semulus ini.


Mission Accomplished!
Tantangan 10 Hari Komunikasi Produktif  DONE !

#level1
#day10
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca, yuk tinggalkan jejak dengan komentar yang santun