Selasa, 05 Desember 2017

# Game Level 6 # Institut Ibu Profesional

I Love Math #8 Cerdas Memahami Waktu dan Nama Hari

"Ma, kalau aku pakai baju ungu, berarti besok libur ya ?"
"Iya, karena baju ungu dipakai hari.... ???" pancing saya.
"Jum'aat !" jawabnya bersemangat.

Begitu biasanya Faisya menandai hari sekolah dan hari liburnya. Seragam sekolah ada tiga. Setelan oranye dipakai hari Senin dan Selasa, rok terusan kuning merah dipakai hari Rabu dan Kamis, kemudian setelan training suit ungu dipakai pada hari Jum'at. Karena sekolahnya 5 hari saja, jadi Sabtu libur. Itulah kenapa, dia menandai setelah memakai baju ungu dia libur. Khusus pekan ini, ada perubahan dalam pemakaian seragam. Seragam ungu dipakai hari Rabu dan Kamis. Sedangkan rok terusan kuning merah dipakai hari Jum'at, karena rencananya pada hari Jum'at pekan ini ada pengambilan foto untuk ijazah TK.


Sejujurnya, bocah TK saya ini belum terlalu hafal urutan hari. Mencocokan dengan seragam adalah salah satu caranya mengingat hari. Makanya, ketika ada perubahan sementara untuk pemakaian seragam perlu ada penjelasan lebih lanjut mengenai itu. Dan itu sudah saya lakukan beberapa hari yang lalu.

"Pekan ini, baju ungu adek dipakai hari Rabu dan Kamis yaa..'' kata saya.
"Trus, setelah itu libur ?" tanyanya.
"Enggak, hari Jum'at masih masuk, tetapi pakai baju kuning merah.."
"Kenapa ?"
"Kata Bunda, hari Jumat anak-anak mau difoto.."
Bunda adalah panggilan untuk guru-guru disekolah. Sengaja saya sisipkan "kata Bunda" supaya bocah TK ini tidak protes dan tidak muncul pertanyaan-pertanyaan berikutnya. Etapiii, ternyata masih ada pertanyaan lainnya..
"Bunda bilang ke Mama? Kapan ?"
"Nggak, Bunda bilangnya pakai surat aja, semua Mama diberi surat.."
"Oooh pakai surat..." jawabnya manggut-manggut.


Qadarullah, dari semalam badan Faisya agak sumeng.Gejala hidung mampet beberapa hari kemarin, dilanjutkan dengan batuk-batuk, dan akhirnya diikuti demam. Sedikit pusing juga katanya. Jadi hari ini dan mungkin besok, saya mintakan ijin ke Bunda pengajar agak diperbolehkan istirahat dirumah.

Aktifitas memahami waktu dan nama-nama hari seperti ini juga termasuk stimulasi matematika logis lho! Kirain, matematika itu hanya berkutat di angka dan simbol saja. Nggak kan ?

#day8
#gamelevel6
#tantangan10hari
#kuliahbunsayiip
#ilovemath
#mathisaroundus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca, yuk tinggalkan jejak dengan komentar yang santun