Sabtu, 24 Maret 2018

Wisuda Al Qur'an Icha


Tahun ini, sekolah kakak Icha kembali mengadakan wisuda Qur'an, atau wisuda angkatan ke 11. Wisuda diikuti oleh siswa-siswi mulai kelas 3 SD sampai kelas 9 atau kelas 3 SMP, dan ibu- ibu anggota komite sekolah. Dengan usia wisudawan termuda 9 tahun dan tertua usia 58 tahun. Masyaa Allah..

Dalam wisuda ini ada dua kategori, yaitu wisuda khotmil Qur'an atau khatam Qur'an 30 juz dan wisuda tahfidz atau hafal Qur'an juz 30-29. Iya, memang berbeda ada yang wisuda karena berhak mendapat syahadah khatam 30 juz, dan ada yang diwisuda karena berhak mendapat syahadah tahfidz juz 30-29. Bukan tahfidz 30 juz ya.. Ini lain lagi. Saya sempat kewalahan membalas komen yang masuk dari postingan saya di medsos tentang wisuda ini. Kebanyakan mengucapkan selamat karena over estimated, mengira jika Icha wisuda tahfidz ( aamiiin ya Rabb, semoga disegerakan )
Prosesi wisuda cukup mengharukan bagi saya. Apalagi mengingat proses munaqosyah atau ujian kelulusan yang tidak mudah. Icha sempat mengulang karena munaqosyah pertama bertepatan dengan persiapan lomba dokter kecil, sehingga dia harus terburu-buru meninggalkan ruang sidang munaqosyah untuk latihan dokcil. Qadarullah, munaqosyah keduapun ada halangan batuk pilek. Tapi alhamdulillah, lulus dan bisa mengikuti wisuda tahun ini. 


Begitu melihat anak mbarep ini berada di barisan wisudawan dan wisudawati yang memasuki ruangan, saya sempat mellow.. Gimana nggak terharu, seusia Icha dulu, saya mah apa tuh, juz amma  saja belum kelar. Ya, meskipun wisuda khotmil ini bukanlah sebuah prestasi yang sangat istimewa, karena momen wisuda ini pasti akan dicapai oleh semua siswa, tapi bagi saya tetap luar biasa.

Setelah wisudawan dan wisudawati memasuki panggung, prosesi dimulai dengan pembacaan hafalan QS Ar Rahman sambung menyambung oleh para wisudawan wisudawati, dilanjutkan dengan pembacaan surat-surat pendek dan doa khotmil Qur'an. Kemudian menyanyikan senandung Al Qur'an
Sesi yang paling menegangkan yaitu sesi imtihan atau tanya jawab oleh ustadz pembimbing. Pertanyaan diberikan sesuai kategori wisudanya, pertanyaan seputar bacaan tajwid untuk wisuda khatam, dan sambung ayat untuk wisuda tahfidz. Suasana yang cukup menegangkan namun alhamdulillah bisa berjalan dengan lancar.

wisudawan / wisudawati terbaik

Setelah sesi imtihan selesai, dilanjutkan dengan pemberian penghargaan kepada wisudawan wisudawati terbaik dari setiap kategori kelulusan. Dan diakhiri dengan penyerahan syahadah atau ijazah kelulusan bagi semua wisudawan wisudawati dan doa penutup.

Qur'an dan tahfidz ini merupakan program berkesinambungan dari Perguruan Islam Raudlatul Jannah yang mulai dari jenjang preschool, SD dan SMP. Program ini bertujuan untuk membentuk generasi Qur'ani yang qowwiyun (kuat) baik dari segi ilmu, iman maupun ekonomi. Aamiin, In syaa Allah..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca, yuk tinggalkan jejak dengan komentar yang santun

Follow Us @soratemplates