Jumat, 28 Juli 2017

# Game Level 2 # Institut Ibu Profesional

[ Level 2 - Tantangan 10 Hari ] Hari ke 8 Mengembangkan Kemampuan Motorik & Bahasa


Tidak terasa sudah hari ke delapan dari tantangan 10 hari melatih kemandirian anak. Seharusnya, hari ini  saya masih melanjutkan latihan memasang tali sepatu untuk Wecha. Qadarullah, sejak Rabu sore badannya panas sehingga kemarin dan hari ini saya meminta izin ke sekolah untuk tidak masuk.
Jadi, apa aktivitas apa lagi untuk melatih kemandirian selama libur sakit ini? Si bocah sudah mulai bosan dirumah karena saya belum mengizinkannya untuk bermain diluar, sampai kondisinya benar-benar fit. Saya membuka kembali file-file catatan di kelas Bunda Sayang. Tujuh poin penting pada perkembangan kemandirian anak usia 2 - 6 tahun. Salah satu poin pentingnya adalah mengembangkan kemampuan dan keterampilan motorik dan bahasa. 

"Keterampilan motorik yang matang akan mendorong  terbentuknya konsentrasi dalam beraktivitas, perencanaan gerak yang baik, kontrol diri yang baik, dan regulasi emosi yang seimbang  sebagai bekal proses belajar hal-hal yang lebih  kompleks " 

Berhubung badan sedang not delicious, si bocah 5 tahun ini mintanya ditemani terus. Apalagi si kakak belum pulang sekolah. Jadi saya mencoba menyibukkan beliaunya dengan aktivitas yang bisa mengembangkan kemampuan motorik dan bahasanya. Hmm apa ya? Yang terpikir pertama kali adalah bermain lego dan membaca cerita.

"Eh kemarin, adek bisa bikin apa dari lego?"
"Aku bisa bikin macem-macem, Mama mau dibikinin ..?" nhaa, sudah mulai terpancing dia
"Mau doong... bikin yang bagus ya.."

Sekejap kemudian bocah itu sudah sibuk dengan lego nya.


Setelah puas bermain lego, saya mengajaknya membaca cerita. Asyik beraktivitas, tidak terasa sudah waktunya menjemput kakak Icha ke sekolah.

#Level2
#BunsayIIP|
#LatihanKemandirian\
#Tantangan10Hari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca, yuk tinggalkan jejak dengan komentar yang santun

Follow Us @soratemplates