Sabtu, 29 Juli 2017

# Game Level 2 # Institut Ibu Profesional

[ Level 2 -Tantangan 10 Hari ] Cekatan Melayani Diri Sendiri

Hari ini, saya cukup dibuat lega. Ketika di saat-saat genting ternyata kakak Icha bisa diandalkan. Ceritanya, kami ketiban rejeki. Malam-malam saya harus extra beberes, membersihkan 'sedikit' runtuhan eternit dari plafon rumah. Bisa dibayangkan, satu eternit melorot dan jatuh sementara kondisi sudah puluhan tahun tidak dibersihkan.Tentu dibarengi debu dan kotoran-kotoran yang cukup membuat saya kerepotan. Debunya hampir merata menutup ruangan. Butuh waktu lama untuk membersihkannya. 

Sudah waktunya makan malam, dan saya belum menyiapkan makan malam untuk mereka. Kebetulan siang sampai sore tadi, kami ada acara diluar rumah. Saya mencoba untuk mendelegasikan tugas menyiapkan makan malam untuk dia dan adiknya. Paling simpel, goreng sosis aja deh..  Alhamdulillah, masih ada stok sosis di kulkas.

"Kakak, bisa bantu Mama goreng sosis, untuk makan kakak sama adek.."
"Bisa Ma.. "

Dan, alhamdulillaaah sekali, tanpa guide dari saya, si kakak sudah mahir menjalankan perannya. Dengan polos, Wecha bercerita

"Tadi kakak goreng sosis agak gosong, tapi aku suka... sedaap..."

hahaha..


Tak berapa lama, keduanya pamit tidur. Saya pandangi dua bocil itu ketika terlelap. Kenapa ya, selalu ada rasa haru ketika melihat anak-anak terlelap

Cerita hari ke 9 dari Tantangan 10 Hari Melatih Kemandirian Anak ini, ternyata menjadi hari terakhir saya menyelesaikan tantangan. Apa pasal ? Hari terakhir yang saya kira tanggal 30 Juli 2017, ternyata dimajukan menjadi tanggal 29 Juli 2017. Yah, hari ini kan.. Jadi, hanya bisa menyelesaikan 9 hari dari tantangan 10 hari. Berarti gagal ? Tidak buat saya. Proses melatih kemandirian anak, tidak berakhir pada 9 atau 10 hari mengikuti tantangan, tapi proses yang selalu bersinergi dan berkesinambungan. (..halah..) Eh tapi serius kok, melatih kemandirian bagi saya sebuah proses yang harus terus dilakukan. Untuk menyiapkan generasi di tangguh masa depan. Yang percaya diri dan tidak mudah larut oleh gegapnya arus diluar sana.

Baiklah, mari bersiap menantikan tantangan selanjutnya!

#Level2
#BunsayIIP
#LatihanKemandirian
#Tantangan10Hari


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca, yuk tinggalkan jejak dengan komentar yang santun