Senin, 09 Juli 2018

# Game Level 12 # Institut Ibu Profesional

Presensi Paperless Dengan QR Attendance Control

Bismillah..

Ahad 8 Juli 2018 kemarin, Komunitas Ibu Profesional memggelar 'hajatan' rutin, yaitu wisuda matrikulasi dan talkshow "Self Improvement To Be A Professional Parent"

Pada event kali ini, ada yang berbeda di meja registrasi. Jika biasanya meja registrasi berisikan kertas dan pulpen, namun kali ini peserta yang hadir menyodorkan ponsel android mereka kepada petugas registrasi, dan tidak sampai 20 detik waktu yang dibutuhkan oleh petugas untuk mendata kehadiran dari tiap peserta.
Suasana registrasi di acara wisuda 8 juli 2018
(foto dokumentasi Ibu Profesional Surabaya Raya)

Ternyata, panitia acara menggunakan sistem registrasi online dengan aplikasi QR Attendance Control. Hmm apa itu? Sayapun penasaran dan mencoba mengulik lebih lanjut tentang aplikasi ini



Aplikasi QR Attendance Control merupakan aplikasi besutan Daniel R. Helmfelt yang dirilis tanggal 18 Januari 2018 lalu. Aplikasi ini memungkinkan kita untuk melakukan registrasi kehadiran pada sebuah acara dengan menggunakan QR code atau Quick Response Code. Keunggulannya,  tentu saja registrasi menjadi paperless, waktu registrasi menjadi lebih cepat, data kehadiran pun bisa diperoleh dengan lebih cepat dan akurat, lengkap dengan  jam kedatangan peserta acara.

Aplikasi QR Attendance Control ini, bisa digunakan jika didukung aplikasi lainnya, yaitu aplikasi Barcode Scanner dari ZXing untuk membaca QR Code. Sedangkan untuk membuat QR code masing-masing peserta, dibutuhkan aplikasi QR Generator. Semua aplikasi tersebut bisa diunduh di Playstore Android dan.. Gratis!
Contoh QR code
Jadi teknisnya kurang lebih begini, pertama-tama admin (dalam hal ini panitia) membuat QR code menggunakan salah satu aplikasi generator QR code yang ada di android,  pilih konten teks, dan kemudian membuat QR code dari nama masing-masing peserta atau undangan yang telah terdaftar. Setelah itu, QR code diberikan kepada masing-masing peserta / undangan, untuk ditunjukkan kepada petugas ketika mereka tiba di lokasi. Petugas men scan QR code peserta menggunakan aplikasi QR Attendance Control yang telah terintegrasi dengan aplikasi Barcode Scanner.

Data dari hasil scan QR code peserta yang hadir, dapat di ekspor ke dalam file (.csv) sebagai arsip

Data registrasi setelah di export ke dalam file earsip.
Menarik ya? Walaupun bukan terbilang hal baru, namun terobosan registrasi paperless dengan menggunakan QR Attendance Control di acara Ibu Profesional ini, bukan hanya efisien namun juga menunjukkan bahwa member Ibu Profesional tidak hanya cakap mengurus rumah tangga, tetapi juga melek teknologi.

Oiya, untuk aplikasi Barcode Scanner dan QR Code Generator, insyaAllah akan saya ulas di postingan berikutnya. Ditunggu yaa..

#Day4
#Tantangan10Hari
#Level12
#KuliahBunsayIIP
#KeluargaMultimedia



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca, yuk tinggalkan jejak dengan komentar yang santun

Follow Us @soratemplates