another story of a mom's life

Paxel, Idola Baru Dunia Jasa Pengiriman

What..? Perusahaan ekspedisi baru lagi?
Ah, paling gitu - gitu aja..

Begitulah respon saya ketika mendengar tentang Paxel. Menjamurnya bisnis pengiriman dewasa ini membuat saya kurang antusias menanggapi hadirnya Paxel. Tapi ternyata anggapan itu sirna begitu saya menghadiri Paxel Blogger Gathering di Satu Atap Coworking Space Surabaya 14 Februari 2019 kemarin.


Alhamdulillah, banyak insight positif yang saya dapat dari acara tersebut. Apa dan bagaimana Paxel ? Apa yang membuat Paxel berbeda dengan yang lain? Yuk, kita kenalan lebih dekat dengan Paxel.


Siapa di Balik Paxel ?

Beliau adalah Bapak H Djohari Zein sebagai co founder, seorang pengusaha yang sudah sangat kampiun menangani bisnis jasa pengiriman. Sebelumnya, beliau juga membawahi sebuah perusahaan ekspedisi nasional yang cukup ternama di Indonesia. Selain Pak Djohari, ada juga Bapak Bryant Cristanto yang juga merupakan co founder Paxel dan Bapak Alexander Zulkarnain sebagai Brand Happiness Hero.
Bapak H. Djohari Zein pada opening Paxel Surabaya

Dalam pemaparannya, Bapak Djohari Zein banyak bercerita kisah inspiratifnya dalam berbisnis. Dimana beliau selalu menjadikan bisnis sebagai ibadah dan melandasi setiap nafas usaha dengan spirit AL Qur'an. Seperti halnya 'kebaikan' yang dijadikan sebagai landasan kerja Paxel, bersumber dari QS Al Hud ayat 117 yang artinya "Dan Tuhanmu sekali-kali tidak akan membinasakan negeri-negeri secara zalim, sedang penduduknya orang - orang yang berbuat kebaikan."

Semangat inilah yang menjadi tagline Paxel yaitu #antarkankebaikan . 

Kenapa tarif Paxel bisa flat dan relatif murah ? Secara teknis hal ini disampaikan oleh Bapak Bryant Christanto. Paxel menggunakan sistem smartlocker, dimana paket di jemput dan diantar oleh kurir yang berbeda. Tiga tahapan sistem pengiriman di Paxel meliputi : Pengumpulan ( Pick Up/Collecting), Penyortiran ( Sorting ) dan Pengiriman ( Delivery ). Sistem loker ini, membuat proses pengiriman lebih hemat waktu, biaya dan juga lebih efisien.

Nah, jika di ekspedisi lain kita ketemu dengan mas - mas kurir, di Paxel kita akan dibantu oleh mas - mas Happines Hero. Ya, itu istilah Paxel untuk petugas kurirnya. Tidak hanya diberi 'label' hero tapi mereka juga dibekali attitude yang baik untuk menularkan semangat #antarkankebaikan dan mengantarkan barang dengan ikhlas . Tidak lupa juga yang utama adalah semangat kejujuran yang selalu ditekankan dalam ritme kerja para happiness hero. Oiya, mas - mas hero ini dalam tugasnya mengenakan kaos kuning, atau jaket dengan nuansa kuning dan ungu. Menurut Pak Alex, warna kuning adalah warna yang melambangkan kehangatan tanpa jarak sedangkan warna ungu melambangkan kemewahan. Lalu, warna merah pada logo Paxel kira - kira apa ya artinya ? Nah, seperti yang sudah umum kita ketahui warna merah melambangkan keberanian. Keren, kaan ?
Logo Paxel

Sudah Menjajal Paxel, Mbak?

Sudah dong !
Berhubung tempat tinggal saya belum termasuk coverage area Paxel, saya mencoba aplikasi ini ketika berada lokasi gathering Paxel kemarin. Pantang pulang sebelum mencoba, ha ha ha..
Karena Paxel ini berbasis aplikasi, pastinya pertama-tama kita harus unduh dan pasang dulu aplikasinya di smartphone. Tampilannya cukup sederhana koq, ada panduan navigasi yang mudah dipahami. Oiya, saya mendapat gratis saldo Rp. 100.000 karena memasukkan kode referal dari teman saya. Kalian juga bisa dapatkan saldo gratisnya, caranya cukup masukkan kode referal  NOVV  diaplikasi. Selanjutnya kalian juga bisa memberikan kode referal kalian kepada teman lainnya agar dapat tambahan saldo dari Paxel. Lumayan kan?

Mencoba layanan Paxel
Cara melakukan order melalui aplikasi Paxel sangat mudah. Pilih menu 'Buat Pengiriman' di pojok bawah tampilan aplikasi, selanjutnya Paxel akan mendeteksi lokasi kamu. Order bisa dilanjutkan jika lokasi pengambilan dan tujuan berada dalam coverage area.

Setelah lokasi pengambilan dan lokasi tujuan diinput, kita bisa memilih jenis dimensi paket yang akan kita kirim. Pilihan dimensi paket sebagai berikut :
  • Small dengan ukuran 20x11x7 cm, biaya Rp 18.000
  • Medium dengan ukuran 30x20x12 cm, biaya Rp. 21.000
  • Large dengan ukuran 35x30x25 cm, biaya Rp. 25.000
  • Custom, ukuran di cek langsung oleh hero Paxel saat mengambil barang
Karena tarif Paxel ini flat, jadi biaya paket ditentukan berdasarkan dimensinya, bukan jarak antaran. Berat maksimal untuk semua dimensi adalah 10 kg. Bagaimana jika salah menentukan dimensi ? Jangan khawatir, mas happiness hero akan mengubah inputan yang sudah kita buat dan menyesuaikannya ke jalan yang benar dengan data yang benar. 

Setelah order pengiriman ini terbentuk, kalian tinggal duduk manis menunggu karena mas - mas happines hero Paxel akan mengambil paket kalian. 

Mudah bukan ?

Kelebihan dan Kekurangan Paxel

Dari sekian banyak fitur yang ditawarkan Paxel, saya mencatat beberapa kelebihan Paxel antara lain adalah :
  1. Hemat waktu, kita tidak perlu membawa paket ke agen atau konter jasa pengiriman. Buat emak - emak yang nyambi jualan online sambil momong anak, tentunya fasilitas ini berguna banget, kan ? Otomatis akan lebih banyak sisa waktu yang bisa digunakan untuk me time atau aktivitas lainnya
  2.  Nggak perlu ribet packing karena Paxel memberikan fasilitas packaging. Gratis ? Iya, selama masa promosi
  3. Paket sampai lebih cepat, sameday atau bahkan dalam hitungan jam. Dengan fitur ini, teman-teman yang punya usaha kuliner seperti frozen food dapat mengirim paket dengan aman.
  4. Tarif terbilang murah, karena flat berdasarkan ukuran paket, tidak dihitung berdasarkan jaraknya.
  5. Fleksibel dalam berbagai hal, antara lain lokasi pengiriman bisa disesuaikan dengan lokasi kita pada saat itu, juga estimasi barang di tujuan bisa disesuaikan sesuai keinginan kita. Semisal pada saat estimasi barang tiba di tujuan si penerima sedang tidak di tempat, kita bisa ubah waktu penyerahan ke hari lain.
  6. Jaminan uang kembali jika barang rusak atau waktu pengantaran yang sangat lama ( melebihi 8 jam )
  7. Tercatat. Kita bisa tahu progres pengantaran paket kita. Siapa nama kurir yang bertugas. Bahkan foto dan tanda tangan penerima juga akan terpantau pada aplikasi. 



Meski mengusung banyak fitur-fitur unggulan, namun untuk saat ini Paxel masih terkendala dalam hal jangkauan pelayanan. Coverage area saat ini masih terbatas pada kota-kota besar saja. Selain Bandung dan Jabodetabek, Paxel baru melayani Surabaya, Semarang, Solo, Yogyakarta dan Denpasar.


Semoga dalam waktu dekat, jangkauan pelayanan Paxel bisa menjangkau lebih banyak kota dan semakin banyak yang bisa merasakan kebaikan layanan Paxel.








17 komentar on "Paxel, Idola Baru Dunia Jasa Pengiriman"
  1. Yess! Smoga paxel cepat sampai Batang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiiiin... Mudah2an segera menjangkau wilayah Batang-Pekalongan, supaya mudah kirim2 produk NASA ya mbak.. Hehe

      Hapus
  2. Asyiiik, saya sudah coba pakai paxel. Sehari pun sampai, sayang Sidoarjo belum tercover. Semoga lekas sampai wilayah sekitar Surabaya ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin mbak Tatit, saya juga gak sabar ingin coba pakai Paxel lagi, dari Sidoarjo

      Hapus
  3. Salam buat mas Hosin kalau ketemu lagi ya, Mba Nov hahaha

    Pakai PAXEL jadi mudah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, semoga semangat antarkan kebaikannya membawa berkah

      Hahahaa.. Kenapa jadi banyak yg terhosin mbaa...

      Hapus
  4. Suka kombinasi warna Paxel deh mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eye catching ya mb, tegas tapi imut, hihii

      Hapus
  5. Wah ini yang ditunggu tunggu pengusaha online Surabaya , semoga daerah lain cepat menyusul ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin aamiin, supaya semua bisa merasakan kebaikan yg diantarkan Paxel

      Hapus
  6. Wah kalau gini mah Paxel juga jadi idolaku deh, kebayang deh kirim kopi tiap hari langsung sampai ke tangan pelanggan. Semoga segera masuk ke Lamongan. Keren Paxel!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin aamiin, sukses untuk usaha kopinya mas Rudi

      Hapus
  7. Semoga Paxel bisa menjangkau kota-kota sebelahnya ya 😆

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup.. Supaya semua merasakan kebaikan paxel ^^

      Hapus
  8. suka dengan kehadiran paxel, semoga dalam waktu dekat juga ada si Padang

    BalasHapus
  9. Mantab yah kak pas denger pak Djohari ngomong hehe. Murah pula ongkirnya dan kemasannya yg apik

    BalasHapus
  10. praktis banget, suka deh, semoag segera ada di Sidoarjo

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca. Ditunggu komentarnya ya..!

Custom Post Signature

Custom Post  Signature