Follow Me @diarynovri

Kamis, 28 Februari 2019

Review Serundeng Bandeng dan Terasi Bubuk Bunda Sugi


"Maa.. baju putihku mana?"
"Mamaa.. kaos dalam dimana ?"
"Kaos kaki yang sebelah mana Ma..??"

Begitulah huru - hara pagi hari. Kebayang kan serunya? Padahal saya masih sibuk di dapur. Dua princess itu sudah jumpalitan mencari seragamnya. Dan, hasilnya.. tumpukan baju di lemari ikut jumpalitan juga. Hahaha..

Setelah huru - hara berangsur reda, tibalah waktunya sarapan. Jam di dinding menunjukkan pukul 06.30 wib. Padahal sarapan pagi baru kelar nasinya doang. Lauknya belum ada! Panik dong... senjata andalan adalah telur dengan 3 pilihan olahan. Ceplok, dadar atau orak - arik. Hahaha.. Biasanya anak - anak nurut aja, tapi kali ini koq ndilalah, mereka protes.

"Emoh, telur lagi.." kata si adek
"Eh, aku mau sarapan sama ini aja...." kata si kakak.
Ternyata dia menemukan Serundeng Bandeng Bunda Sugi di meja makan.
"Ooo iyaa, Mama lupa kalau punya Serundeng Bandeng Bunda Sugi, ya udah sarapan pakai ini aja ya ?"
Saya langsung tabur - tabur serundeng bandeng di nasi putih yang masih hangat. Hmm, aromanya sangat menggoda.
"Enak kak?"
"Enaak Ma, nambah lagi serundengnya..."

Wah, senengnya kayak nemu berlian. Sebab selama ini susah banget membiasakan anak - anak makan ikan, terutama ikan bandeng. Alasannya tentu saja, banyak duri ! Padahal ikan bandeng adalah asupan gizi yang baik. Di dalam ikan bandeng ada kandungan asam lemak omega-3,omega-6, fosfor, kalsium, protein dan masih banyak lagi, Konon, rajin mengkonsumsi ikan bandeng akan  membantu anak lebih cerdas, mudah fokus, lebih sehat untuk mata dan meningkatkan imunitas anak. Hamdallah, saya menemukan Serundeng Bandeng Bunda Sugi, jadi nggak bingung - bingung lagi. Praktisnya dapat, manfaatnya juga dapat.

Serundeng Bandeng Bunda Sugi

Eh, ternyata Serundeng Bandeng Bunda Sugi ini produk lokal Sidoarjo loh! Pemiliknya, Bunda Sugi Hartati, selain seorang blogger dan penulis buku juga merupakan pegiat UKM di wilayah Sidoarjo. Komposisi serundeng bandeng ini terdiri dari ikan bandeng segar, kelapa dan bumbu-bumbu tradisional yang diolah secara higienis. Harga jual yang dipatok untuk ukuran 95 gram adalah Rp 27.000 sedangkan untuk ukuran 200 gram sebesar Rp. 50.000.


Serundeng Bandeng Bunda Sugi ini dibuat oleh Dapur Bunda Sugi dan merupakan produk home industry. Saat ini Serundeng Bandeng Bunda Sugi  mempunyai 3 varian yaitu : manis, asin gurih dan pedas. Jangan khawatir, serundeng bandeng ini dibuat dengan bahan berkualitas dan halal, jadi tidak perlu ragu menyantapnya. Kabar baiknya lagi, Serundeng Bandeng Bunda Sugi juga sudah mengantongi ijin PIRT.

Selain serundeng bandeng, Dapur Bunda Sugi juga mempunyai produk lain yaitu terasi bubuk. Hmm, seperti apa ya penampakannya? Penasaran kan, yuk kepoin terus reviewnya.


Terasi Bubuk Premium Bunda Sugi


Saya termasuk yang agak 'anti' dengan produk terasi. Meskipun dipercaya memberikan rasa sedap pada aneka makanan, menurut saya terasi itu baunya ... busuk. Iya nggak sih?



Makanya waktu tahu ada produk Terasi Bubuk Bunda Sugi ini, saya penasaran banget mencoba. Apakah aromanya sama dengan terasi 'konvensional' ? Ternyata tidak, terasi bubuk Bunda Sugi ini beraroma lebih harum karena proses pengolahannya dibuat dari udang segar dan ditambahkan bumbu. Apalagi, terasi bubuk ini dikemas dalam botol yang tertutup rapat, sehingga tidak perlu khawatir jika harus dibawa kemana-mana meskipun tercampur dengan pakaian nggak bakalan deh tercium bau terasinya.



Terasi Bubuk Bunda Sugi ini nggak cuma untuk tambahan sambal lho, bisa juga langsung ditaburkan pada masakan sebagai penyedap rasa. Saya biasanya menambahkan terasi bubuk ini di tumis sawi atau daun ginseng kesukaan suami. Eh, mau dimakan langsung sebagai taburan nasi juga bisa lho! Karena terasi bubuk ini sudah matang dan juga satu - satunya terasi udang yang sudah berbumbu. Hmm, maknyus...! Harganya berapa? Hanya Rp. 35.000 saja untuk kemasan 85 gram. Lumayan awet saya pakainya, karena cukup sedikit ditambahkan pada sambal atau masakan sudah terasa. Sama seperti serundeng bandeng, Terasi Bubuk Bunda Sugi juga sudah mempunyai ijin PIRT.

Ternyata banyak produk UKM yang kualitasnya nggak kalah dengan produk pabrikan nasional. Dan jika bukan kita yang memajukan UKM di daerah, siapa lagi ?

Teman-teman pastinya ingin tahu dong, dimana bisa membeli Serundeng Bandeng dan Terasi Bubuk Bunda Sugi ? Langsung saja kepoin akun instagram @dapurbundasugi atau bisa juga langsung melalui chat whatsapp ke nomor 085100013093

Dapur Bunda Sugi juga bisa  melayani pengiriman ke seluruh Indonesia. 


*disclaimer:
Harga yang dicantumkan adalah harga jual yang berlaku saat ini




6 komentar:

  1. waaah..tertariik...jastip dong mam!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siaaaap, nanti dikirim ya, buat stok saur saat Ramadhan juga enak nih, praktis dan bergizi

      Hapus
  2. Jadi pengeeen nih mbak, kangen makan serundeng. Praktis tinggal tabur di nasi yg anget, wah yummy banget itu. Hehehe makasih sharingnyaa ya mbak. Salam kenaal 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mbak Lucky..
      Makasih sudah mampir ya..
      Cuz, tinggal di order hehee, produk2 Dapur Bunda Sugi bs diorder via online koq..

      Hapus
  3. Terasi model gini praktis buat dibawa pergi2 atau oleh2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naah.. Betul banget, jadi nggak khawatir dibawa travelling ya Bun

      Hapus

Mohon maaf, untuk kenyamanan bersama komentarnya dimoderasi dulu ya.. terima kasih sudah membaca..