Belajar Grow Happy Parenting Bersama Nestle Lactogrow

Katanya bahagia itu sederhana. Iya sih, cuma kadang kita ( eh saya kali ya..) lupa. Mikirin hal-hal yang terlalu ribet, malah lupa mensyukuri kebahagiaan sederhana yang sudah ada disekitar kita. Jangan sampai kayak gitu deh, ya.. Karena ternyata faktor bahagia ini penting banget untuk mendukung tumbuh kembang anak secara optimal. Bagaimana anak akan tumbuh dengan bahagia, jika orang tuanya lupa untuk bahagia ?

Nestle Lactogrow secara penuh berkomitmen mendukung tumbuh kembang optimal anak Indonesia. Salah satunya dengan mengadakan workshop "Grow Happy Parenting: Happy From the Inside Out" di delapan kota di Indonesia, termasuk di Surabaya pada tanggal 18 September 2019 lalu. Acaranya diadakan di resto The Goods Dinner dengan menghadirkan narasumber ibu Pramudita Sarastri selaku Brand Executive Nestle Lactogrow, Dr. dr. Ariani Dewi Widodo, Sp. A(K) dan ibu Elizabeth Santosa, M. Psi, Psi, SFP, ACC

Happy grow
Dari kiri ke kanan, Dr. dr. Ariani Dewi Widodo, Sp A (K), ibu Pramudita Sarasti, Ibu Psikolog Elizabeth Santosa

Kenapa dipilih tema 'Happy from the Inside Out' ? Menurut ibu Pramudita Sarastri tema ini dipilih karena mereka percaya bahwa agar anak tumbuh dan berkembang secara optimal, orang tua perlu memenuhi kebutuhan gizi dan membantu mengembangkan kematangan emosi anak.


Ibu Pramudita Sarasti
Membuat anak tumbuh dalam lingkungan yang bahagia itu penting sekali. Sebab grow happy merupakan stimulasi perkembangan otak sehingga lebih mudah menyerap informasi sehingga kemampuan anak dalam bidang akademis juga lebih baik.

Seorang anak yang tumbuh dalam pola asuh baik sejak dini akan memiliki hippocamus 10% lebih besar ( Joan L. Luby, Proffessor Child Psychiatry, 2012 )

Hippocamus adalah bagian otak yang penting untuk menyerap informasi dalam proses belajar, memori dan respon terhadap stres. Anak yang tumbuh bahagia mempunyai kesempatan sukses yang lebih besar di masa depannya.

Bahagia tidak akan hadir dengan sendirinya, namun bahagia itu merupakan pilihan dan bisa diupayakan. Apa saja faktor yang dapat membantu anak untuk bahagia ? Ini dia,

✔ keterlibatan orang tua
✔ stimulasi
✔ nutrisi

Dokter Ariani

Dokter Ariani menjelaskan dengan gamblang mengenai pentingnya probiotik dalam pemenuhan nutrisi anak. Selain bersumber dari minuman : yoghurt, susu, kombucha, kimchi atau makanan : tahu, tempe, probiotik yang bermanfaat diperoleh dari bakteri lactobacillus reuteri. Bakteri baik ini memiliki manfaat mengatasi masalah-masalah yang kerap dialami bayi atau anak dibawah 5 tahun, antara lain :

✔ mempersingkat durasi diare
✔ mengatasi konstipasi
✔ kolik

Lalu, darimana kita bisa memperoleh lactobacillus reuteri ? Jangan khawatir, Nestle Lactogrow yang merupakan susu pertumbuhan untuk anak usia 1 tahun ke atas, dilengkapi dengan lactobacillus reuteri. Juga diperkaya dengan Omega 6, omega 3, minyak ikan, 12 vitamin dan 7 mineral. Nestle Lactogrow terdiri dari varian rasa vanila, madu dan plain.

Grow happy lactogrow
Ibu Elizabeth Santosa 

Keterlibatan orang tua memegang peranan penting dalam menumbuhkan grow happy pada anak. Psikolog Elizabeth Santosa, yang akrab dipanggil ibu Lizzie memaparkan peranan orang tua dalam pola asuh grow happy antara lain dengan

✔ pemberian nutrisi yang cukup
✔ menyediakan waktu bermain
✔ ajarkan anak emosi atau ekspresi positif
✔ waktu tidur yang cukup
✔ berikan cinta tanpa syarat
✔ antusias saat mendengarkan

Bentuk aplikasi pada aktivitas sehari-hari dengan selalu melakukan komunikasi yang baik bersama anak. Menyampaikan ekspresi positif antara lain, memberikan pujian, pelukan, selalu tersenyum atau tertawa bersama anak-anak, melatih anak percaya diri dan mengucapkan terima kasih sesering mungkin.

Usahakan untuk selalu mengekspresikan hal-hal baik kepada anak, misalnya dengan bertanya,

"Ada kabar baik apa hari ini ?"

Pertanyaan yang tetlihat sepele namun akan memaksa  kita untuk berfikir tentang hal - hal baik yang kita alami dan tentu saja mensyukurinya.

Awal-awal ketika belum terbiasa rasanya memang 'kagok'. Ketika saya tanya ke Icha anak sulung saya sepulang sekolah, si kakak mikir keras dan berkata..

"Hmm... Apa ya ? Kayaknya nggak ada deh, Ma.."

Yah, memang saya masih perlu banyak belajar untuk menerapkan grow happy parenting ini, hehehe. Saya jadi tertantang untuk terus berlatih. Selalu mencoba mengekspresikan hal-hal baik dalam kegiatan sehari-hari, agar anak juga terbiasa 'menemukan' kabar baiknya setiap hari.

Kegiatan lain yang bisa dilakukan adalah meal preparation activity, atau proses menyiapkan bekal makan si kecil dalam bentuk bento. Dalam workshop tersebut para peserta ditantang untuk membuat bento menggunakan dough / plastisin. Nah..! Ternyata berimajinasi itu susah lho.. Saya sering melihat Faisya main play dough dan membuat macam-macam bentuk makanan yang lucu-lucu, ternyata ketika harus membuat sendiri sulit bo...

Bento hasil karya kelompok saya 

Ibu Lizzie juga mengingatkan pentingnya memberikan pujian untuk anak. Berikan pujian untuk usaha yang sudah dilakukan anak, tanpa membandingkan dengan saudara atau temannya. Menyiapkan waktu khusus bersama masing-masing anak juga merupakan bentuk kebersamaan membuat anak merasa istimewa. Ternyata tidak sulit untuk menerapkan pola asuh grow happy, hanya sebagian dari kita ( termasuk saya) yang mungkin belum terbiasa.

Pola asuh grow happy penting dilakukan karena beberapa hal berikut ini :

✔ untuk mempersiapkan masa depan anak yang lebih baik
✔ penting sebagai dasar kemampuan bersosialisasi ( empathy, caring, dan komunikasi efektif )
✔ sebagai stimulasi perkembangan otak sehingga mudah menangkap informasi, hal ini akan membuat hasil akademis anak menjadi lebih baik.

Novriyanti
Be a happy parents ! 
Terlepas dari semua tujuan diatas, pola asuh grow happy ini penting untuk kita lakukan sebagai bentuk kewajiban dan tanggung jawab kita sebagai orang tua.

Semoga bermanfaat.

#ODOPEstrilook
#HariKe22

Salam,
17 komentar on "Belajar Grow Happy Parenting Bersama Nestle Lactogrow"
  1. Iya bener juga, Mbak.Kadang kita pengen anak-anak kita tumbuh bahagia tapi kita sendiri lupa akan kebahagiaan sendiri. Padahal salah satu faktor penting untuk grow happy kitanya dulu ya bisa happy :D

    BalasHapus
  2. Lactogrow sama Lactogen sama ngga sih mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sependek yang saya tahu, sama2 dari Nestle, yg 'gen' susu bayi, yg 'grow' susu pertumbuhan, untuk 1 tahun ke atas

      Hapus
  3. Yups kebutuhan asupan gizi yang baik akan mengoptimalkan tahap pertumbuhan dan perkembangan anak

    BalasHapus
  4. Nah peer nih buat saya, kadang masih keceplosan suka bandingin si Kakak sama si Adik. 🙈

    Terima kasih artikelnya mba. Ilmunya 'daging'. Semoga saya bisa ikut mengaplikasikan ilmunya dengan baik... Aamiin. 🙏🥰

    BalasHapus
  5. Terimakasih mbak atas informasinya, nanti bisa di terapkan ini klo dah punya anak, ndo nikah aja blon kwkekwk

    BalasHapus
  6. Wah, tidak membandingkan si adek dengan si kakak jujur sulit. Kadang tidak sadar terucap. Sebenarnya untuk memberi contoh saja. Ternyata tidak baik ya?

    BalasHapus
  7. Biar anak bisa tumbuh dengan optimal sebagai orang tuanya mesti bahagia dulu. Biar grow happy. Mesti banyak belajar soal parenting, nih, saya. Makasih sharingnya, Mbak.

    BalasHapus
  8. Wah seru banget ya acaranya mbak, pematerinya juga oke bgt, mudah2an kapan2 aku juga bisa ikutan acara2 nestle soalnya punya 2 balita jd butuh bgt ilmu seputar tumbuh kembang anak

    BalasHapus
  9. Acaranya seru banget yaa, sayangnya belum boleh aku ikutan gitu-gitu per-susuan wkwkwk

    BalasHapus
  10. Intinya kalau kita mau anak tumbuh sehat dan bahagia kita juga harus jadi ortu yang bahagia ya. Btw bagus banget nih konsepnya nestle lactogrow.

    BalasHapus
  11. Seru acaranya. Grow happy adalah yang penting, selanjutnya anak jadi lebih happy dan ibu juga makin sayang.

    BalasHapus
  12. Wah, samaan mbak aku juga ikut acara Grow Happy di Jakarta. Dan setuju jika pola asuh grow happy ini penting untuk kita lakukan sebagai bentuk kewajiban dan tanggung jawab kita sebagai orang tua.

    BalasHapus
  13. Hi mba salam kenal yaa. Seru banget pas penjelasan soal grow happy ini bisa langsung jadi reminder buat kita orang tua dan mendidik anak untuk happy dari 1000 hari pertama kelahiran

    BalasHapus
  14. Saya dulu saat anak-anak masih kecil, kalau pulang sekolah nanyanya gini, "Gimana di sekolah tadi? seru?" kalau ada cerita seru mereka akan bercerita sangat excited. Kalau nggak ya... paling jawab, "Biasa aja."

    BalasHapus
  15. Wahh, anakku susunya juga lactogrow mba. Kandungannya pas banget dan bagus buat pencernaan si kecil mba. Sukak deh!

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca. Ditunggu komentarnya ya..!

Custom Post Signature

Custom Post  Signature