Lifestyle | Craft & DIY | Crowdwork

Ingin Memulai Bisnis di Jakarta? Terapkan Strategi dan Persiapan Branding Ini

desain kartu nama perusahaan
Photo by Mimi Thian on Unsplash

Saya pernah membaca sebuah quote motivasi bisnis, bahwa bisnis yang baik adalah bisnis yang disertai action, bukan bisnis yang hanya diangan-angan aja. Kata-kata ini cukup nampol buat saya. Sebab sering saya, mungkin juga kalian yang sedang membaca tulisan ini, punya segudang ide bisnis tetapi hanya mangkrak di pikiran saja, minus action. Padahal dengan bermodal desain kartu nama dan desain logo kita sudah bisa memulai sebuah bisnis baru di kota besar seperti Jakarta.

Well,  Jakarta, sebuah kota metropolitan yang padat penduduk. Beragam perusahaan telah berdiri di kota ini. Tentunya tidak mudah agar bisnis dapat bersaing di kota besar seperti Jakarta. Butuh strategi dan kesiapan tools untuk  branding produk supaya bisnis yang kita bangun bisa berkembang  menembus pasar Jakarta.

Faktor utama tentu saja dengan merancang sistem pemasaran yang baik. Dalam memasarkan produk, kita tidak boleh melupakan 'perlengkapan perang' berupa alat-alat yang wajib kita gunakan untuk melonjakkan branding bisnis kita di Jakarta. Apa saja itu ? Lets cekidot.

1. Membuat Logo Perusahaan


desain kartu nama perusahaan
Photo by Mimi Thian on Unsplash

Langkah pertama persiapan branding bisnis adalah membuat logo perusahaan. Mungkin dalam hati kalian berpikir,

"Ishh, cuma logo ini, pakai aplikasi edit gambar di smartphone juga bisa !"

Eit, jangan salah, logo merupakan identitas bisnis yang harus dimiliki oleh setiap perusahaan. Karena itu, membuat logo tidak boleh sembarangan. Penting untuk mengikuti tata cara yang benar dalam pembuatan logo. Untuk masalah desain logo ini, sebaiknya kita meminta saran dari penyedia jasa desain logo di Jakarta. Jika kita menggunakan jasa desain logo yang tepat, tentunya kita akan memperoleh keuntungan-keuntungan sebagai berikut :

✔️ Ditangani Oleh Desainer Logo Berpengalaman

Desainer logo yang berpengalaman akan memberikan banyak pilihan desain logo yang cocok untuk brand bisnis kita. Untuk menemukan logo bisnis yang sesuai kita bisa berkonsultasi dengan jasa desain logo Jakarta, sehingga bisa mendapatkan hasil logo bisnis yang lebih baik.

✔️ Mendapatkan Paket Layanan Desain Grafis Lainnya

Umumnya jasa desain logo Jakarta tidak hanya menyediakan jasa desain logo saja, tetapi juga melayani jasa desain grafis lainnya seperti desain kartu nama perusahaan dan desain kemasan. Kita nggak perlu repot-repot ke tempat lain jika sudah menggunakan jasa desain logo Jakarta. All in one, bahasa 'sono'nya :D

✔️ Hemat waktu dan Biaya

Dengan menggunakan jasa desain logo Jakarta, desain logo kita akan cepat selesai dengan harga yang terjangkau. Jadi hemat waktu dan biaya dong! Kita bisa gunakan waktu kita untuk mengerjakan yang lainnya.


2. Membuat Kartu Nama Perusahaan


Strategi yang kedua dalam memulai bisnis di Jakarta adalah membuat kartu nama perusahaan. Kartu nama perusahaan bisa dibilang sebagai tools bisnis yang wajib ada. Desain logo yang telah dibuat, akan kita sisipkan ke dalam kartu nama perusahaan dan tools lainnya seperti brosur, banner dan desain kemasan. Kita bisa membuat desain kartu nama perusahaan menggunakan jasa desainer yang sama dengan jasa desain logo Jakarta kepercayaan kita. 

Beberapa tips yang sebaiknya kita lakukan dalam membuat desain kartu nama perusahaan, antara lain yaitu,

✔️ Memuat secara singkat dan jelas, nama kita sebagai owner bisnis, nama perusahaan, produk bisnis, alamat kantor, nomor telepon dan email.

✔️ Desain elegan dan menarik agar konsumen tertarik untuk membaca dan mencoba produk bisnis kita.

✔️ Gunakan jasa desain grafis terpercaya dan berpengalaman

Setelah kartu nama perusahaan kita cetak, jangan sungkan untuk memberikan kepada mitra kerja, konsumen, klien atau pihak - pihak lain yang sekiranya berhubungan dengan bisnis kita.

3. Membuat Kemasan Produk


Jika bisnis kita bergerak di bidang produksi barang seperti produk makanan dan minuman, sudah barang tentu kemasan menjadi poin penting yang menunjang strategi branding. Kemasan yang baik tidak hanya mengandalkan unsur kesehatan, keamanan dan kelayakan saja tetapi juga harus memuat identitas brand perusahaan kita. 

Seperti halnya desain kartu nama perusahaan, desain logo juga harus ditampilkan ketika membuat desain kemasan. Cantumkan juga alamat, nama produk, nama perusahaan dan nomor telepon perusahaan agar desain kemasan semakin menunjang sebagai salah satu strategi branding bisnis

Lakukan dialog dengan penyedia jasa desain kemasan agar segera memiliki kemasan produk yang sesuai harapan. Penyedia jasa desain kemasan terpercaya tentunya sudah berpengalaman dalam menangani masalah kemasan produk.


4. Membuat Brosur, Katalog atau Selebaran


desain kartu nama perusahaan
Photo by Austin Distel on Unsplash

Langkah yang keempat dalam strategi persiapan branding bisnis adalah dengan membuat brosur, katalog atau selebaran. Brosur, katalog atau selebaran secara umum mempunyai fungsi yang sama yaitu untuk memuat informasi dan memasarkan produk dalam sebuah kertas. Namun jika produk yang dijual masih sedikit dengan budget promosi terbatas, brosur atau selebaran layak menjadi pilihan karena lebih sederhana dan biayanya lebih murah dibandingkan katalog. 

Pada prinsipnya, kita bisa pilih salah satu saja dari ketiganya. Yang terpenting, baik brosur, katalog ataupun selebaran yang digunakan harus dengan desain yang mencakup seluruh informasi tentang :

✔️ produk yang dijual
✔️ keuntungan konsumen jika membeli produk 
✔️ promo-promo menarik yang ditawarkan

Bagaimana, sudah siap memulai bisnis di Jakarta ? Strategi terbaik adalah dengan memanfaatkan kemudahan teknologi digitalisasi untuk menyediakan kebutuhan tools bisnis tersebut, seperti jasa desain logo Jakarta dan jasa desain kartu nama perusahaan. 

Jika kalian terlalu sibuk untuk mengelola bisnis yang baru saja dimulai, menggunakan jasa desain grafis secara online bisa jadi pilihan solusi terbaik untuk bisnis kamu. Jasa desain grafis seperti jasa desain logo Jakarta, desain kartu nama perusahaan dan desain kemasan bisa kalian temukan di Sribu.

Melalui Sribu, kita akan menemukan jasa desain grafis terbaik yang ada di kota Jakarta dan seluruh Indonesia.


22 komentar on "Ingin Memulai Bisnis di Jakarta? Terapkan Strategi dan Persiapan Branding Ini"
  1. Kartu nama dan logo bagi perusahaan jelas sangat penting kak, dan nggak bisa dibuat pake aplikasi aja. Harus diserahkan pada yang berpengalaman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul. Membuat logo nggak boleh sembarangan ya

      Hapus
  2. Wah aku kena tampol nih, masih pengen punya bisnis tapi sebatas angan. Bingung sih sebenarnya mau usaha apa, sementara pemodal udah siap tapi aku yang keder duluan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha, sama mbak..
      Ide bisnis banyak, action nya kurang. Yuk mulai action..

      Hapus
  3. Logo memang penting banget untuk perusahaan. Saya juga percaya dengan sribu, karena teman saya sering menggunakan jasa di situ.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillaah semoga memuaskan hasilnya ya mbak

      Hapus
  4. Secara pribadi saya baru tau ada Sribu. Lumayan juga diberikan jasa gratis hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jasa desain grafis kakak bukan gratis hehehe...

      Hapus
  5. Logo perusahaan yang sesuai akan mudah diingat, dan bisa menjadi salah satu ciri perusahaan ya mba.

    BalasHapus
  6. Semua alat marketing itu butuh banget dalam sebuah bisnis.
    Kalau kami dulu karena memang modal usaha ga banyak, semua kami kerjakan sendiri karena kami sama-sama punya skill Design Grafis.

    Untuk sahabat yang tidak memiliki skill tsb memang lebih baik untuk hire agent atau service macam SRIBU ini karena itu penting buat branding.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah urusan marketing Mbak Hani ahlinya nih..
      Betul mbak kalau kayak saya nggak pinter grafis ya pakai jasa desain grafis aja..

      Hapus
  7. Kalau secara khusus menyewa jasa desain grafis baiyanya lumayan mahal. Ada Sribu pasti bakal membantu pelaku usaha sehingga makin maju

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, Insyaallah waktu dan tenaga bisa dialokasikan untuk mengerjakan yang lain

      Hapus
  8. Serahkan pada yang ahli ya?

    Daripada berkutat sendiri dan hasilnya belum tentu vaguer, mending minta jasa desain grafis ya :)

    BalasHapus
  9. Menurutku kartu nama emang penting buat branding ya mbak..

    Aku aja pny kartu nama, buat bs branding klo lagi ngejob blog..
    Hehe

    BalasHapus
  10. Sekarang enak ya kalau bikin bisnis misal butuh bantuan buat logo atau desain buat kemasan bisa minta pihak ketiga dan itu saya rasa lebih m,enghemat dr sisi keuangan perusahaan ketimbang hire desainer sendiri hehe

    BalasHapus
  11. Betul itu mba, branding itu penting, jangan asal dan main-main sama desain logo dan branding kita karena itu akan jadi identitas bisnis kita. Doakan yaa tahun ini mau memulai bisnis nih bareng temen.

    BalasHapus
  12. Jangankan perusahaan, pribadi atau perorangan saja, kalau punya kartu nama, itu memudahkan untuk promo apa yang sedang kita jalankan.

    Kesannya kalau ada logo dan branding lebih profesional ya...

    BalasHapus
  13. Kartu nama atau logo perusahaan penting banget bagi suatu perusahaan karena bisa menjadi branding sehingga lebih mudah kenal

    BalasHapus
  14. Bikin kemasan produk yang menarik dan ga pasaran biar ada personal brandingnya kali yah

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca. Jika kalian mempunyai pertanyaan terkait artikel ini, silakan drop pertanyaan di kolom komentar, bukan melalui private chat atau media sosial.
Thank you!

Custom Post Signature

Custom Post  Signature