Social Media Evaluator, Kerjanya Ngapain Aja ?


Pic source : Unsplash

Pertengahan 2019 lalu saya teken kontrak di project Sentiment Tagging di Supahands. Rasanya cepet banget, tahu-tahu sudah akhir tahun dan Project Manager mengumumkan bahwa project berakhir. Sedih dong.. selain kehilangan income, juga kehilangan team mate yang sudah deket banget meski hanya bertemu via Slack. 

Memang itulah resiko pekerjaan sebagai freelancer, tidak ada kepastian, seperti hubunganmu sama dia, eh gimana?!??! Haha.. Maksudnya, harus siap kapanpun project berakhir, malahan bisa juga sewaktu-waktu diterminate sebelum project usai karena satu dan lain hal, misalnya jam kerja kurang, atau akurasi dibawah minimal dan sebagainya. Tapi pokoknya ingat aja prinsip kalau rejeki nggak akan ketuker deh, pokoknya ikhtiar terus urusan rejeki sudah ada yang ngatur.

Nggak lama setelah putus kontrak di ST, alhamdulillah saya nyangkut di project Truckee nya Appen. Project ini masuk ke kategori Social Media Evaluator. 

Di project ini rater hanya boleh mengerjakan satu jam perhari. Padahal, di project sebelumnya, saya biasa bekerja 7-8 jam per hari. Sempat mikir kalau sejam per hari, bakalan banyak waktu luang dong..  

Ternyata, nggak lama kemudian wabah COVID 19 merebak. Anak-anak belajar dari rumah, suami juga kadang dapat jadwal bekerja dari rumah. Nah, nggak kebayang jika saya masih harus kerja remote 7-8 jam per hari, bakalan jumpalitan nggak karuan. 


Ilustrasi work from home ( pic source : UnSplash )


Fyi, saya mendaftar project Truckee Mei 2019 kemudian baru mendapat 'panggilan' sekitar awal  Februari 2020.

9 bulan ?! 

Iya, lama banget. Mungkin ada sih, teman-teman yang lebih cepat. 1-2 bulan apply, langsung dapat project.  Jadi memang nggak ada patokan lama atau cepetnya untuk dapat project.


Tahapan Proses Project Social Media Evaluator

Proses pertama tentu apply project di website Appen. Setelah apply kita akan mendapat email konfirmasi ( template ) yang isinya diminta menunggu. Jika beruntung, kita dihubungi via email untuk lanjut ke proses berikutnya. 

Alhamdulillah, untuk yang berhasil masuk ke project ini, tidak ada asessment lagi. Kita hanya harus mengerjakan exam untuk mengetahui sejauh mana kita sudah memahami guidelines yang  diberikan. Guidelines nya sudah lengkap banget, termasuk latihan soalnya.

Proses selanjutnya adalah menunggu penambahan tool review di akun instagram kita. Setelah muncul tool tersebut artinya kita sudah bisa mulai bekerja. Proses penambahan tool ini otomatis yagesya.. kita hanya perlu menunggu saja ( selama step by step sudah kita ikuti dari awal sesuai arahan via email ) jadi banyakin sabar dan berdoa agar prosesnya cepat dan ngga PHP. 


Gambaran Kerja SME - Truckee

Jika user kita sudah aktif terdaftar, ada tool tambahan yang muncul di akun instagram. Melalui tool tersebut setiap harinya akan muncul sejumlah iklan yang harus di review. Cara mereview dan poin apa saja yang harus dinilai sudah ditentukan dan diinformasikan melalui guidelines. Pastikan sudah memahami guidelines sebelum mulai bekerja supaya hasil kerja kita bagus.

Rate Social Media Evaluator

Penghasilan sebagai Social Media Evaluator ini terbilang cukup lumayan. Rate nya USD 5 / jam. Jadi sebulan dapat berapa kira-kira ? Gampangnya sih 5 USD dikalikan 30 hari, itu kalau full nggak ambil cuti. 

Bagaimana, tertarik mencoba ?
Buat kalian yang ingin coba apply di Appen, silakan masuk lewat sini



Posting Komentar

60 Komentar

  1. Salut yang sudah bisa ambil pekerjaan seperti ini, saya masih belajar karena sambil Nyambi jadi buruh mbak di kantor

    BalasHapus
    Balasan
    1. semua istimewa Mis.. yang kerja kantoran pun kereen buat saya. Masing-masing ada porsinya, hehe

      Hapus
    2. Saya barusan lolos dari appen kakbuat project, keterangan nya sedang pembuatan dokumen kontrak,kira kira berapa lama ya kak?kakak kemarin saat sudah ttd proses pembuatan berapa lama?

      Hapus
  2. Wah, Masyaallah kesempatan lagi ini. Bintangin dulu. Nanti saya coba mendaftar di Project Trcukee. Lumayan bayarannya dollar hehehe

    BalasHapus
  3. Waah mau coba ah mbak. Siapa tahu rejeki. Coba applay lalu lupakan biar nggak berasa di php yaa, karena approvenya lumayan lama juga.. Hhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe.. iya mba, lama bangeed.. sampai udah lupa pernah apply

      Hapus
  4. Ahhh aku mau coba ahh mba lumayan buat tambahan hehe., Makasih juga mba udah share link-nya untuk yang mau daftar freelance di appen, semoga lancar terus ya mba rezekinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin allahuma aamiin.. good luck juga buat mba Siti

      Hapus
  5. Belum pernah dengar ada kerjaan seperti ini. Nice info mbak. Pengen coba siapa tahu dapet rejeki dari sini :)

    BalasHapus
  6. Sebebarnya dari dulu pingin kerja ginian Mbak, tapi ada keterbatasan kurang fasih dalam Bhs. Inggris aku-nya jadi ya Gitu hehe

    Trimakasih Mbak atas Informasinya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bahasa inggris saya juga ngepres banget mas Arif.. hehe

      Hapus
  7. Langsung bling-bling liat bayarannya pakai dollar. Pengen nyoba juga ah, bisa bisa mengikuti jejak mba di dunia freelancer.

    BalasHapus
  8. Enak kayanya dibayar dengan dollar ya. Pengen juga coba, siapa tahu bisa jadi penghasilan tambahan

    BalasHapus
  9. Wah, menarik ya? Sayang bahasa Inggrisnya masih nunanunu... hehehe.

    BalasHapus
  10. kerja freelacher itu tantangan nya banyak banget ya mba...
    ak ada keinginan resign dari kantor dan jadi freelancher, tapi masih bingung nih dapet job dari mana...

    BalasHapus
  11. Makasih info tentang Project Truckee nya yaa Mba Novri, jd lebih dekat ya ama profesi penilai iklan di IG. Sip deh👍

    BalasHapus
  12. wah seru! sy baru tau ada pekerjaan seseru ini ⭐️ kl boleh tau iklan di ig di nilai untuk apa y kak? menarik sekali ulasanny. terima kasih kak ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk data internal Instagram sendiri mba, untuk sampel data statistik iklan seperti apa yang ingin dilihat/tidak ingin dilihat audiens, dan apa alasannya

      Hapus
    2. Ka kalo udh ikut prohek di sru nunggu 60 hari apakah benar

      Hapus
  13. Masih banyak pertanyaan sih yang daku ingin tahu, tapi bisa ceki-ceki dulu lah yah seperti apanya, nanti kalau masih belum paham daku tanya ke mbak Novri

    BalasHapus
  14. Waah terima kasih informasinya mbak.baru tahu saya hal seperti ini. Next bolehlah dicoba😍

    BalasHapus
  15. alhamdulillah mbaa bisa lebih produktif lagi ya dirumah membersamai anak-anak dan juga suami, aku juga pengen nih nyobain apps ini, bisa dapat cuan hehe

    BalasHapus
  16. Makasih banyak mbak Novri, aku langsung ke linknya plus aku save linknya. Aku mau banget daftar. Ditunggu cara isi invoicenya ya mbak

    BalasHapus
  17. Aku baru tahu tentang Truckeee. Makasih sharingnya Mbak. Jadi pengen juga cobain seperti ini. Lumayan juga buat nambah pemasukan.

    BalasHapus
  18. suami aku juga nyambi remote di Appen mba. buat seru-seruan katanya. thanks sharingnya ya mba, siapa tahu Truckee juga bisa masuk kategori suami aku buat apply :)

    BalasHapus
  19. Menilai 20 iklan dalam waktu 60 menit. Woow ya Mbak.
    Butuh kejelian nih, tapi sepertinya menarik.

    BalasHapus
  20. Ya ampun mbaa, kemana aja gueee baru tau Truckee hari gini. Menarik banget ya mba, nanti coba kepoin ahh

    BalasHapus
  21. Masya Allah. Info baru nih, Mbak. Makasih ya. Siap meluncur ke webnya

    BalasHapus
  22. Baru tau ada yang namanya appen, maklum kudet. Terimakasih infonya!!!

    BalasHapus
  23. Mba pernah kelewat ngerjain project truckee?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau yang dimaksud, kelewat nggak ngerjakan, pernah, sehari ngga full juga pernah,hehe..

      Hapus
  24. menarik nih, jadi pengin nyoba daftar

    BalasHapus
  25. Wah tertarik saya mbak novri pengen tahu caranya lebih lanjut. Bisa jadi peluang rezeki baru ini☺️

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dicoba melalui link di artikel Mba Ina.. good luck yaa

      Hapus
  26. Mba nunggu tools nya sampe sebulan yaa???
    Saya Alhamdulillah mba udah lulus exam, tinggal nunggu FRT (Feed Rating Tools) klo udah lulus exam itu udah pasti masuk kan ya?? Soalnya blm juga di email sama Appen yg Tools itu mba..
    Katanya suruh nunggu email konformasi tool, tp blm diemail²

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, ada sebulanan kalau saya. Sambil nunggu FRT sambil baca-baca guideline dan latihan aja dulu, ada simulasi nya di web Appen.

      Hapus
    2. Berati harus buka web appen dlu ya?? Apa nggak ada di akun appen kita mba???

      Hapus
    3. Buka web, login dari akun kita Mbak. Di bagian project truckee di klik, nanti ada menu gudelines

      Hapus
    4. Udah sebulan lebih mba kok blm ada email konfirmasi FRT yah.. Mudah2an bukan PHP ya hiksss soalnya msih trouma diPHPin sm LB... Alhmdulillaah Aku udh ikut latihannya mba kmrin..
      Oia mba klo kita mo verivikasi paypal harus bayar dlu ya mba?

      Hapus
    5. Hemm lama juga ya mba.. mudah2an segera ada kabar baik. Soalnya kalau sudah ditahap ini memang ga bisa ngapa-ngapain selain menunggu pemberitahuan bahwa akun kita sudah ditambahkan toolnya.

      Kalau untuk verifikasi Paypal aku beli virtual credit card mba . 90.000 utk 2 tahun.
      Bayarnya ke yg jual VCC nya, bukan ke Paypal nya.

      Hapus
  27. Halo mbak Novri salam kenal. Sy jg sdh bbrp bln ini sedang mengerjakan Project Truckee. Sy mau tanya, kl sy ingin mendaftarkan Appen jg untuk suami sy bisa tidak ya? Terimakasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mb Ratna..


      Menurut saya bisa sih mba, asalkan email dan data nya berbeda.. soalnya saya pernah daftar 2 x pakai email yg berbeda masuk juga. Cuma karena sering bingung jadi saya non aktifkan salah satunya.

      Hapus
  28. masih belum lulus ujian exam nya, gimana ya supaya lulus ujin exam?

    BalasHapus
  29. sudah lulus ujian exam, tinggal tunggu tools masuk instagram, tiba tiba dapat email bahwa saya di removed dari project. padahal belum mulai, entah kenapa bisa begitu. sedihnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya ampun, bisa gitu ya... semoga segera dapat ganti project lain ya..

      Hapus
  30. Assalamualaikum Mbak, Saya newbie ni. Saya baru dftr project truckee, dan pihak Appen nya bilang tunggu balasan emailnya. Mau tanya, daftar bagian ini kita ada ujiannya juga ya ? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikum salam wrwb..
      ada exam lagi nanti setelah dinyatakan bergabung di project Truckee, untuk review pemahaman guideline kita

      Hapus
  31. mbak apakah mendaftar banyak project di appen beresiko tidak di terima?

    soalnya saya ada mendaftar 8 project, sembari menunggu project yang lain ada di terima

    BalasHapus
    Balasan
    1. sependek yang saya ketahui nggak ada resiko kok, saya juga sering daftar banyak project

      Hapus
  32. mbak saya punya akun appen tapi kok status nya inactive ya, jadi ga bisa apply project..
    solusi nya gimana ya?

    BalasHapus
  33. Halo mbak. Nanya dong, apakah ada trik mendaftar project di appen. Soalnya saya mentok di bagian review terus. Ada beberapa yang diapprove memang, tapi gak ada yang SME.

    BalasHapus
  34. Halo mbak. Nanya dong, apakah ada trik mendaftar project di appen. Soalnya saya mentok di bagian review terus. Ada beberapa yang diapprove memang, tapi gak ada yang SME.

    BalasHapus
  35. Halo mbak. Nanya dong, apakah ada trik mendaftar project di appen. Soalnya saya mentok di bagian review terus. Ada beberapa yang diapprove memang, tapi gak ada yang SME.

    BalasHapus

Haloo, terima kasih sudah membaca ! Jika kalian mempunyai pertanyaan terkait artikel ini, silakan drop pertanyaan di kolom komentar, bukan melalui media sosial. Jangan gunakan profil 'unknown' ya .. ( maaf banget niih, komentar 'unknown' dan meninggalkan link hidup tidak saya tampilkan )