Review Teratu Beauty Bakuchiol Renewing Booster Serum

teratu bakuchiol serum

Saya pernah mengalami kejadian seperti ini, pas lagi ngobrol tiba-tiba lawan bicara saya komentar soal kulit wajah.

"Mbac, wajahnya sekarang lebih cerahan loh.. "

Ah.. pastinya seneng kaan.. Siapa yang nggak berbunga-bunga..kayak kita tuh jadi mikir, nggak sia-sia rutin skinkeran tiap hari. Iya apa iyaa..?

"Pakai krim apa..? Spill dong rahasianya.."

Nah kan.. ujung-ujungnya yang ditanya adalah krim wajah. Padahal, yang membuat wajah glowing shining shimering splendid bukan semata-mata karena krim wajah saja, tapi ada hasil 'kerjasama' semua komponen daily routine skincare kita. Mulai dari cleansing, toning, moisturizing dan yang nggak kalah penting yaitu penggunaan serum wajah. Kenapa harus memakai serum ? Sebab serum wajah ini memiliki kandungan berupa konsentrat dari bahan aktif yang ringan dan mudah diserap oleh kulit wajah. Karena itu, serum dipercaya lebih efektif dalam memperbaiki masalah kulit yang dihadapi wajah kita. 

Meski begitu, tidak semua serum wajah akan cocok dengan jenis kulit maupun kebutuhan kulit kita. Agar bisa memilih serum wajah yang tepat tentunya kita wajib mengenali dulu permasalahan kulit yang dialami.

Permasalahan Kulit di Usia 40+ 


Ini berdasarkan pengalaman pribadi ya, mungkin bisa berbeda di masing-masing orang. Kalau saya, yang saat ini sudah masuk kategori 40+   beberapa masalah kulit yang saya hadapi diantaranya : 

tanda penuaan kulit

- kulit wajah terasa kering
meski aslinya jenis kulit wajah saya normal cenderung berminyak, perubahan faktor usia membuat kulit wajah lebih sensitif dan terasa kering. 

- warna kulit wajah tidak merata
Jika saya perhatikan, warna kulit di area dahi lebih gelap. Hemm.. apakah karena masker ? Bisa jadi. Dua tahun lebih pandemi membuat kita terbiasa memakai masker wajah ketika keluar rumah. Paparan sinar UV tentu lebih banyak di area dahi ketimbang di pipi dan dagu, sehingga menimbulkan hyperpigmentasi ( logikanya begitu yekaan..?)

- dark spot bekas jerawat membandel
Usia 40+ ternyata bukan berarti bebas jerawat, dan jeleknya, saya sulit menghindari kebiasaan memencet dan menggaruk jerawat. Efeknya tentu saja bekasnya menjadi dark spot atau noda hitam yang sulit hilang. 

- muncul garis-garis dan kerutan
Semakin bertambah usia, garis-garis halus diujung mata mulai nampak. Jika saya perhatikan, garis senyum yang muncul juga disekitar bibir akan membekas lebih lama karena kulit sudah berkurang elastisitasnya.

- kulit kendur
Faktor berkurangnya elastisitas kulit otomatis membuat kulit tidak kencang lagi. Faktor U juga, hehe...

- kulit nampak kusam
kulit kusam ini sebenarnya bukan hanya masalah ketika diusia 40+ sih, ini sering terjadi terutama ketika saya abai menggunakan perawatan seperti pelembab dan exfoliating. Hanya saja, ketika diusia 40 tahun keatas kekusaman kulit lebih mudah terjadi. Konon ini disebabkan karena melambatnya proses regenerasi kulit sehingga sel kulit mati menumpuk dan menyebabkan wajah nampak kusam.  

Pentingnya Memilih Serum Yang Tepat Sesuai Kebutuhan Kulit


Ketika menyadari masalah-masalah kulit yang saya alami lebih dominan disebabkan karena faktor usia, saya memutuskan untuk lebih fokus pada produk anti aging. Khususnya dalam memilih serum anti aging, saya memilih produk yang kaya nutrisi dan memiliki bahan aktif untuk melawan tanda-tanda penuaan. Salah satu bahan skincare anti aging favorit saya adalah bakuchiol. 

Bakuchiol merupakan ekstrak dari daun dan biji tanaman babchi ( Psoralea Corylifolia ) yang sering digunakan dalam pengobatan tradisional Cina dan India. Bersifat anti inflamasi dan anti bakteri, bakuchiol mempunyai khasiat menyembuhkan dan menenangkan kulit. Bakuchiol cukup populer sebagai zat anti aging karena digadang-gadang mampu memberikan manfaat yang baik untuk kulit yang mengalami tanda-tanda penuaan. Selain itu karena lembut di kulit bakuchiol bisa ditoleransi dengan baik oleh semua jenis kulit termasuk oleh kulit yang rentan terhadap eksim,rosacea ataupun intoleransi kosmetik. Bisa dikatakan bakuchiol ini cenderung cocok untuk semua jenis kulit. 

Dilansir dari sebuah situs kesehatan populer*)  , manfaat bakuchiol sebagai skincare anti aging antara lain sebagai berikut :

Mengurangi Garis Halus Pada Wajah

Bakuchiol merangsang sel-sel kulit untuk beregenerasi dan memproduksi kolagen, sehingga sel-sel kulit lama akan digantikan dengan yang baru sehingga keriput atau garis halus pada wajah memudar.

Meningkatkan Warna Kulit

Bakuchiol mampu mengatasi hiperpigmentasi dan mengurangi bintik gelap karena bahan aktif ini bisa menembus ke dalam sel kulit dan merangsang produksi kolagen sehingga warna kulit akan lebih cerah.

Mampu Mengatasi Kulit Kering

Bakuchiol bersifat lembut dan tidak menyebabkan iritasi sehingga baik untuk memperbaiki kesehatan kulit tanpa menyebabkan kulit menjadi kering. 

Mempercepat Regenerasi Sel Kulit

Normalnya sel kulit akan berganti secara alami, namun karena proses penuaan, pergantian sel kulit ini bisa berlangsung lebih lambat. Manfaat bakuchiol adalah untuk mengirimkan sinyal ke sel-sel kulit agar segera melakukan pergantian dan memproduksi kolagen sehingga regenerasi sel berlangsung dengan lebih cepat dan baik ( nah.. ternyata bukan cuma handphone yang butuh sinyal 😄)

Membantu Mengatasi Jerawat

Bakuchiol mampu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat, selain itu bakuchiol juga mengatur sekresi 5-alpha-reductase yaitu enzim yang meningkatkan produksi minyak di kulit sehingga bisa mencegah munculnya jerawat

Teratu Beauty Bakuchiol Renewing Booster Serum, Serum Menolak Tua 



teratu beauty serum


Membaca manfaat bakuchiol yang pas banget untuk mengatasi permasalahan kulit saya, saya tertarik untuk mencoba Teratu Beauty Bakuchiol Renewing Booster Serum, serum anti aging alternatif retinol keluaran Teratu Beauty. 

Selain bakuchiol, Teratu Beauty Bakuchiol Renewing Booster Serum juga memasukkan Peptide, Hyaluronic Acid dan Niacinamide sebagai key ingredients nya. Para skincare addict pastinya sudah hafal manfaat dari bahan-bahan tersebut ya. Tapi ngga ada salahnya saya info lagi tugas dari masing-masing bahan tersebut.

✔ Bakuchiol sebagai anti aging agent, berfungsi membantu mengurangi tanda-tanda penuaan dini dengan meningkatkan produksi kolagen pada kulit, dan menyamartan kerutan serta garis halus, membantu meredakan inflamasi juga meningkatkan elastisitas kulit. 

✔ Peptide, fungsinya membantu menstimulasi pembentukan kolagen pada kulit yang akan membantu menyamarkan garis halus dan membantu memperbaiki lapisan protein sehingga membuat kulit lebih sehat, kencang dan terasa plumpy. 

✔ Hyaluronic Acid, fungsinya untuk menghidrasi kulit sehingga kulit terasa lembab. Hyaluronic Acid mengikat molekul air sehingga kelembaban kulit lebih meningkat.

✔ Niacinamide, tugasnya menghambat produksi melanin sehingga mampumenyamarkan hiperpigmentasi dan mencerahkan kulit.

Dari kombinasi fungsi-fungsi key ingredients tersebut, secara umum klaim manfaat Teratu Beauty Bakuchiol Renewing Booster Serum adalah sebagai serum anti aging yang membantu meningkatkan kadar kolagen, menjaga kelembaban dan elastisitas kulit, memudarkan bintik hitam, merawat kulit berjerawat dan memperkuat skin barrier. 

Packaging Teratu Beauty Bakuchiol Renewing Booster Serum

Penampakan Teratu Beauty Bakuchiol Renewing Booster Serum didominasi warna putih dengan kombinasi warna silver, baik pada box maupun botolnya. Pada salah satu sisi box ditampilkan sentuhan kearifan lokal budaya Indonesia berupa gambar wanita berpakaian adat Minangkabau dengan kipas terbentang ditangannya. Dibawahnya, ada gambar pria berpakaian senada menangkupkan tangan di depan dada sebagai isyarat salam. Gambar rumah gadang di bagian bawah box semakin menunjukkan kesan 'Indonesia banget' ditambah tulisan kecil 'wonderful Indonesia' di  bagian bawah box.

booster serum
Senada dengan box packaging, kemasan botol Teratu Beauty Bakuchiol Renewing Booster Serum juga menampilkan warna putih dan silver. Botol kaca berwarna putih metalik yang akan memantulkan butiran glitter apabila terkena cahaya, dipadu dengan tutup silver semakin menambah kesan elegan  pada produk ini. 
teratu
Untuk mengeluarkan serum, botol ini dilengkapi pump. Jadi ada 2 tutup ya, yang bagian dalam tutup ulir dengan pump, yang kedua tutup saja ( tanpa ulir ) yang melindungi pump dari debu. Dilihat dari jenis kemasannya, botol Teratu Beauty Bakuchiol Renewing Booster Serum ini menggunakan sistem airless atau kedap udara. Ketika kita menekan pump, ada efek vakum sehingga produk tersedot keluar. Selain memberikan kesan lux, botol airless ini lebih efisien loh.. karena kita bisa memakai produk sampai 95%  dengan kata lain lebih sedikit produk yang terbuang dari wadahnya. Kita juga bisa menakar pemakaian produk dengan lebih tepat, misal cukup 2x pump untuk sekali pemakaian, anti tumpah dan anti beleber. Dengan kemasan botol airless seperti ini formulasi produk akan lebih terjaga.

Tekstur, Warna dan Aroma Teratu Beauty Bakuchiol Renewing Booster Serum

Teratu Beauty Bakuchiol Renewing Booster Serum mempunyai tekstur watery dengan warna bening dan tidak pekat. Produk mudah diserap dan nge blend ke kulit. Efek moisturizingnya langsung terasa dan tahan lama. Wajah terasa lembab, kenyal dan lebih rileks. 


Ketika dipakai, nggak ada aroma yang menyengat karena produk ini fragrance free.Jadi buat kalian yang tidak menyukai produk skincare beraroma tajam, produk ini bakalan cocok deh. 


Ingredients dan No BPOM

Aqua demineralisata Bakuchiol, Crocus sativus flower extract, Propanediol, Panthenol, Hyaluronic acid, Allantoin, Carbomer, Glycerin, Xanthan gum, Aloe barbadensis leaf water, Triethanolamine, Tetrasodium EDTA, Acetyl hexapeptide-8, Niacinamide, Propylene Glycol, Phenoxyethanol, Kappaphycus alvarezii extract.

BPOM NA18222000206

Cara Pakai Teratu Beauty Bakuchiol Renewing Booster Serum

Sesuai petunjuk pemakaian, saya menggunakan Teratu Beauty Bakuchiol Renewing Booster Serum ini setelah wajah dibersihkan. Cukup 2x pump, produk Teratu Beauty Bakuchiol Renewing Booster Serum saya aplikasikan merata ke area wajah dan leher. Pijat-pijat lembut sampai merata dan terasa terserap oleh kulit. Biasanya saya pakai 2x sehari, pada pagi dan malam. 

Untuk pemakaian dilayer dengan kandungan lain, so far aman aja ya namun tidak disarankan untuk dilayer dengan produk yang mempunyai kandungan exfoliator

Testimoni Setelah Pemakaian Teratu Beauty Bakuchiol Renewing Booster Serum

✔ Moisturizing dan Calming

Efek pertama yang terasa dari Teratu Beauty Bakuchiol Renewing Booster Serum ini adalah daya moisturizingnya yang oke. Tekstur produk mudah sekali diserap kulit, membuat wajah auto lembab dan terasa efek calming / menenangkan. 

✔ Bebas jerawat

Meski bukan jenis kulit acne prone, tapi yang namanya jerawat hormonal masih sering mampir bersamaan periode menstruasi. Baru 'ngeh' kalau selama saya pakai Teratu Beauty Bakuchiol Renewing Serum ini saya nggak jerawatan meskipun pas lagi 'dapet'. 

✔ Tampilan kulit lebih segar, kerutan halus memudar
✔ Noda hitam bekas jerawat memudar
✔ Honestly, untuk efek mencerahkan masih belum terlalu nampak. Mungkin perlu pemakaian dengan jangka waktu yang lebih lama. But it's ok, pemakaian akan saya lanjutkan dan akan saya update disini jika ada perubahan. 

Secara keseluruhan, manfaat dari Teratu Beauty Bakuchiol Renewing Booster Serum ini memenuhi klaim manfaat yang ditawarkan. 

bakuchiol

Harga dan Akses Beli Teratu Beauty Bakuchiol Renewing Booster Serum

Pasti banyak yang penasaran, harga berapa dan bisa dibeli dimana produk ini ?

Teratu Beauty Bakuchiol Renewing Booster Serum dibandrol Rp. 149.000/botol dengan isi 30 ml. Dengan pemakaian 2x sehari sepertinya sebotol serum ini bisa bertahan 1-2 bulan. Affordable or pricey ? Kembali ke masing-masing yah..

Untuk belinya kalian bisa langsung klik link tautan ini untuk menuju ke online shop resmi  Teratu Beauty  

Okey, segini dulu review tentang Teratu Beauty Bakuchiol Renewing Serum, buat teman-teman yang ingin tahu lebih banyak tentang Teratu Beauty, langsung saja kepoin akun IG Teratu Beauty ya.. disitu isinya lengkap banget ada info produk dan ada juga tips-tips tentang skincare.

Terima kasih sudah mampir kesini, semoga bermanfaat ^^


Sumber Referensi :
*) https://www.halodoc.com/artikel/6-manfaat-bakuchiol-untuk-kecantikan-wajah




Posting Komentar

49 Komentar

  1. Bagus nih buat para wanita yang menolak tua. Kulit memang butuh perawatan jika ingin keelastisan dan kesegarannya bertahan lama. Dengan produk skin care yang tepat, usia tua tidak akan dibarengi dengan kulit wajah yang juga menua. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan serum ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyes, betul sekali kak... salah satu ikhtiar kita merawat karunia Allah dengan menjaga kesehatan kulit

      Hapus
  2. Tau nggak, kalo aku beli serum atau lainnya tuh, yang tak liat pertama packagingnya dulu hahaha, dan ini keren.... bening dan terkesan mahal.
    Aku sukaaa....

    BalasHapus
  3. Aku baru tau brand ini. Boleh dicoba nih soalnya aku juga udah di atas 40 tahun. Moga cocok, ya

    BalasHapus
  4. waah ini produk lokal ya? Keren banget, kemasannya ada gambar Indonesia banget gitu ya, penasaran nih.
    apalagi Bakuchiol itu memang punya banyak manfaat ya untuk kulit, apalagi tuk melawan tua *eeh

    BalasHapus
    Balasan
    1. ownernya teteh Alifah Ratu, beauty blogger itu mba.. produknya banyak, ini salah satunya aja

      Hapus
  5. Permasalahan usia 40 an itu ya sama ya mba. Apalagi kalau warna kulit jadi tak merata dan juga ada dark spot. Kalau pakai serum ini jadi berasa makin awet muda ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi, iya mba.. taglinenya, serum menolak tua

      Hapus
  6. Kebetulan lagi seneng nyoba-nyoba serum karena beberapa kali nggak cocok di wajah saya. Kayaknya bisa coba serum ini juga supaya wajah auto lebih cerah, menjaga kulit wajah juga menjelang usia 40 tahun. Benar-benar menolak tua..hihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga cocok dengan Teratu Beauty mba.. yuk langsung co di syopii

      Hapus
  7. Harganya cukup affordable sih. Usia 30 juga mulai kerasa nggak boleh lagi yang namanya skip skip skin care. Soalnya kalau nggak dirawat itu bisa cepat banget kelihatan kusam dan terlihat lebih tua dari usia sebenarnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah, betul sekali mba Heni. mumpung belum terlambat, lebih baik mencegah penuaan dini

      Hapus
  8. aih, mukanya glowiingg. anw, aku malah baru denger merk teratu ini, huhu. ternyata bagus yaa, dan sudah BPOM pula, jadi insyaAllah aman.

    terus tadi sempet bertanya-tanya, bedanya bakuchiol dan retinol apa, ahaha. Soalnya kan sama2 anti aging gitu yaa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba, sama-sama anti aging, hanya saja retinol memiliki risiko iritasi yang lebih besar, jadi dengan manfaat anti aging yang kurang lebih sama, bakuchiol yang ekstrak tanaman notabene lebih lembut dan bisa ditoleransi oleh semua jenis kulit bahkan, dikatakan sebagai alternatif retinol, bisa digunakan kepada orang yang sensitif dengan retinol -cmiiw-

      Hapus
  9. Bakuchiol ini kayaknya nggak sekeras retinol ya mba efeknya di kulit? Apakah masih bisa produknya dipakai juga sama busui dan bumil?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya membaca di beberapa situs kesehatan populer yang mengulas tentang bakuchiol, menyebutkan seperti itu mba, kalau Teratu Beauty Bakuchiol Renewing Booster Serum ini klaimnya aman untuk bumil dan busui.

      Hapus
  10. Wah mau juga donk nyobain serum menolak tua hehe.
    Aku juga otw 40 dan permasalahn kulit khususnya di wajah cukup banyak.
    Sukabanget serum yang kemasannya pump gtu jadi lebih higienis dan jadi lebih hemat pemakaian juga gak sih?
    Btw terimakasih review dan info belinya di mana yaaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. masama mba April, link syopii sudah tercantum yah, buruan co, hehehe

      Hapus
  11. Kak, beneran donk kulitnya jadi super lembap gitu yaa..
    Emang kandungan Bakuchiol ini patut dicoba sih.. Dan salut sama Teratu ini yang mengusung tema Indonesia banget untuk produknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hu um, surprise juga waktu liat packagingnya ada nuansa wonderful Indonesia gitu..

      Hapus
  12. Serumnya ada bakuchiolnya ya kak. Bakuchiol ini beberapa kali aku temukan di serum - serum keluaran baru. Karena dia emang bagus sih ya. Anw makasih sharing review-nya kak, lagi nyari juga serum yang cocok nih otw 32 YO, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. otw 32 masih unyu dong mba Wawa, hehehe... sama-sama, semoga bermanfaat yaa

      Hapus
  13. Saya tuh agak kesulitan mengucapkan "bakuchiol" ... rupanya bahan ini mantap fungsinya buat antiaging ya .... sepertinya cocok buat saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi, kalau saya, saya baca biasa sesuai hurufnya sih mba.. ngga tau ya, pronounciation yang benar seperti apa.. kalau dari fungsi, memang bakuchiol ini bagus untuk antiaging, selamat mencoba, semoga cocok mba Niar ^^

      Hapus
  14. keren banget bisa meningkatkan warna kulit, jadi pengen coba :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. cuz otewe ke syopi mba, ada link nya di atas yah...

      Hapus
  15. saya sebentar lagi empat puluh nih, mbak umurnya. paling sebel sih lihat bagian mata yang mulai ada kerutan dan kantung matanya. makanya nih sekarang jadinya rajin banget skincare-an biar kulit nggak cepat tua dan kendur

    BalasHapus
    Balasan
    1. yay.. welcome to forty club mba... eh tapi masih hampir ya, bentar lagi.. hehe.. life begin at forty katanya ( kata siapa ya.?)

      Hapus
  16. Serum ini memang gak mengandung retinol tp bisa untuk anti aging ya. Untuk sy yg jelang 50 tahun apakah msh bisa gunakan serum ini ya mb

    BalasHapus
    Balasan
    1. wii mba dyah ga nyangka loh udah jelita, kirain sepantaran aja.. untuk yg jelang 50 th bisa juga mba, emang ini bagus untuk anti aging..

      Hapus
  17. Saya termasuk yang kulit sensitif, jd agak susah cr skincare yang aman buat saya, makasih mba review-nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama mba Winda, semoga segera bertemu skincare yang cocok yah.. Teratu Bakuchiol mungkin cocok untuk kulitnya yang sensitif

      Hapus
  18. Wahhh glowing banget, Mbak. Cocok berarti untuk saya yang sudah 40+ juga ya karena butuh serum yang melembabkan dan mengandung kolagen. Otw masuk liat skincare nih. Makasih reviunya.

    BalasHapus
  19. Wow, memang kita butuh perawatan skincare juga untuk kulit muka, ga cukup cuma air wudhu eh. Serius loh kandungannya lengkap, tapi kalau skincare cocok-cocokan sih mbak ya. semoga dirimu cocok dengan skincare ini terus

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener, pilih skincare udah kayak pilih jodoh aja.. cocok-cocokan ya, hehe.. aamiin, makasih mba Shafira

      Hapus
  20. harganya masih cukup affordable ya mba apalagi kalau sampai efeknya cocok di kulit kita ya, penasaran dengan produknya, tapi apakah ini bleh digunakan dibawah usia 40 mba ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh banget mba, apalagi perawatan anti aging bagusnya memang dimulai sejak awal. kalau kategori usia nya sih produk ini 16+ ( boleh dipakai mulai usia 16 tahun )

      Hapus
  21. Mau juga coba serum menolak tuanya...hihi. Usia sudah di atas 30 tahun, benar-benar ngerasa butuh banget lebih rajin merawat kulit wajah, salah satunya dengan coba rutin pakai serum. Seneng kalau setelah pakai serum kulit wajah jadi lebih lembab gitu. Kayaknya serum Teratu senyaman itu. Mesti dicoba juga supaya awet mudaah...hihi..

    BalasHapus
  22. Iya nih,kalo udah usia 30+ serum menjadi hal utama untuk skincare ya.

    BalasHapus
  23. kirain hanya saya aja nih Mbak, kalau ada jerawat atau bekas jerawat suka pencet-pencet gitu, gatal aja nih tangan kalau gak mencet, wal hasil sih jadi berbekas dan hitam gitu ya.
    belum pernah niih cobain serum Teratu Bakuchiol Serum, sekarang selain sunscreen wajib serum juga biar kulit wajah jadi semakin lembab dan bonusnya dong kalau bisa glowing ya :)

    BalasHapus
  24. Aku jarang pencetin jerawat tetapi sekarang sembuhnya lama banget nih, Mba. Noda hitam bekas jerawat ga hilang-hilang. Jadi pengin coba Beauty serum teratu bakuchiol ini karena masalah jerawat ini memang gak tiap hari, ada kondisi tertentu yang bisa muncul sesuka hati.

    BalasHapus
  25. Ternyata serum ini ya salah satu rahasianya Mbak sampai bisa kelihatan awet muda gitu, beneran deh klu liat fotonya Mbak malah usianya gak seperti udah 40+. Jadi penasaran mau cobai produknya juga buat jaga kesehatan kulit sekaligus mencegah tanda2 penuaan dini

    BalasHapus
  26. Seiring bertambahnya usia jadi 30 plus bahkan 40 plus kulit pasti punya masalah seperti mudah kering, kelembapan berkurang, kusam, muncul flek, kerutan halus di wajah. Penting buat pilih serum juga kaya Teratu nih.

    BalasHapus
  27. Mbak, wajahnya seger banget. duh aku ini insekyur setelah masuk usia kepala 4. Mendadak kerutan dan flek hitam muncul gitu aja. hahaha... kayaknya aku harus lebih sering perawatan pakai bahan2 bakuchiol ini yaa...

    BalasHapus
  28. Mbak Novri wajahnya makin cerah dan terlihat kencang, loh setelah pemakaian seum teratu bakuchiol ini.
    Wahh auto mupeng pingin pakai nih, mbak.
    Saya pun sudah masuk usia 40+ mbak, beneran pingin punya kulit wajah sekencang mbak.

    BalasHapus
  29. Baru denger nama skincare nya, unik yah mba, aku pengen coba nih, jd kepincut sama reviewnya

    BalasHapus

Haloo, terima kasih sudah membaca ! Jika kalian mempunyai pertanyaan terkait artikel ini, silakan drop pertanyaan di kolom komentar, bukan melalui media sosial. Jangan gunakan profil 'unknown' ya .. ( maaf banget niih, komentar 'unknown' dan meninggalkan link hidup tidak saya tampilkan )