Navya Arma, Bus Otomatis Pertama di Indonesia Ada di The Breeze BSD City

Canggih, pintar dan mandiri. Itulah gambaran 3 kata untuk Navya Arma, si bus otomatis pertama di Indonesia yang ada di The Breeze BSD City. Eitt, tunggu.. Bus otomatis ? Maksudnya begimanaa... tanpa sopir gitu ?

Yup.. benar ✅


Autonomous Vehicle
Navya Arma


Navya Arma is the first autonomous vehicle at Green Office Park BSD City. Autonomous vehicle, disingkat AV. Sebuah kendaraan tanpa awak atau gampangnya kita sebut bus otomatis. Namanya saja otomatis, jadi kendaraan ini bisa melaju secara mandiri atau tanpa sopir. 

Nah, sampai disini siapa yang langsung bayangin kendaraan tanpa awak di film-film sains futuristik ? Saya malah ingat si Tayo bis kecil lincah di serial kartun kesukaan anak-anak ! Kebetulan penampakan Navya Arma juga didominasi warna biru, makin mirip Tayo haha..

Oke, lupakan Tayo. Yuk lanjut ngobrolin si Navya Arma. 

Karoseri Navya Arma dibuat di Prancis. Navya merupakan merek dagang sedangkan Arma adalah varian atau model dari kendaraan ini. Dengan dimensi sekitar 4.7 x 2.1 meter, Navya Arma mampu menampung maksimal 15 penumpang dengan pembagian 11 duduk dan 4 berdiri. Menggunakan penggerak listrik dan battery pack berkapasitas 33 kWh, tenaga si biru ini bisa bertahan selama 9 jam. 


navya arma
Navya Arma berkapasitas 15 orang


Untuk mendukung operasionalnya, Navya Arma dilengkapi berbagai sensor mulai dari pemanfaatan GNSS ( Global Navigation Satellite Systems ) dan sensor LIDAR ( Light Radar ) yang digabungkan dengan kamera resolusi tinggi untuk big data analysis, kemudian akan diproses oleh komputer yang memiliki spesifikasi tinggi yang telah tertanam di dalam mobil.

Tanpa sopir, yakin nabrak nggak nih ?

Jangan khawatir, Navya Arma si bus otomatis pertama di Indonesia ini dibekali kecanggihan untuk dapat mendeteksi, melacak dan mengklasifikasikan halangan di sekitar jalur yang dilalui secara real time untuk menentukan lintasan dan kecepatan yang optimal, termasuk kemampuan akselerasi, kemudi dan pengereman secara otomatis sehingga dapat menurunkan tingkat kecelakaan akibat human error. Khan maen ya, kecanggihan teknologi makin berkembang. Hal-hal yang dulu hanya dibayangkan saja, kini terpampang di depan mata.

Di beberapa negara maju, sistem transportasi cerdas bertenaga listrik seperti ini sudah digunakan. Kini autonomous vehicle telah hadir di Indonesia, tepatnya ada di The Breeze BSD City. Masyarakat sekitar Bumi Serpong Damai ( BSD ) City berkesempatan untuk mencoba teknologi transportasi terbaru yang ramah lingkungan ini. 


Ingin Jalan-jalan Dengan Autonomous Vehicle Navya Arma, Begini Caranya 

Sebelum naik Navya Arma, pastikan sudah memahami aturan-aturan sebagai berikut ya ..

  • tinggi minimal 120 cm
  • wajib pakai masker
  • wajib mengenakan sabuk pengaman
  • nggak boleh loncat-loncatan di dalam bis
  • dilarang berdiri kecuali maksimal 4 yang memang berada di area berdiri
  • dilarang merokok, makan atau minum di dalam bis
  • dilarang membawa belanjaan
  • nggak boleh buang sampah sembarangan
  • nggak boleh bawa binatang peliharaan

Mayan banyak juga rules nya, tapi demi keamanan dan kenyamanan bersama juga kan?

Jadwal operasionalnya di hari Selasa sampai Minggu pukul 10.00 - 12.00 dan 13.30 - 17.00 WIB. Untuk cara naiknya, perhatikan panduan berikut :

  1. Scan QR Code -nya
  2. Isi Pre-survey dalam aplikasi OneSmile
  3. Tunjukkan tiket
  4. Yuhuu, kita sudah bisa keliling-keliling naik autonomous vehicle !
Selama perjalanan, jangan lupa isi quick review yang ada pada aplikasi OneSmile, karena ada hadiah voucher makan bagi yang beruntung. Good luck !

Sinarmas Land, Hadirkan Autonomous Vehicle di G20 Summit

Navya Arma di G20 Summit Nusa Dua Bali
( foto : Sinarmas Land )


Kehadiran Navya Arma sebagai bus otomatis pertama di The Breeze BSD City ini adalah inisiatif Sinarmas Land dan Mitsubishi Corporation dalam mendukung pemerintah melakukan transisi energi menuju energi baru tebarukan ( EBT ). Ujicoba telah dilakukan di dua lokasi, yang pertama di Q-Big, dan yang kedua sebagai green initiatives di Green Office Park BSD City.

Pada 11-16 November 2022 lalu, Navya Arma berpartisipasi dalam konferensi tingkat tinggi G20 Summit pada acara Electric Vehicle Exhibition di Nusa Dua Bali, dimana ajang ini merupakan official side event dari G20 yang diadakan oleh Kementerian Perhubungan.

Oiya, kesempatan uji coba autonomous vehicle at Green Office Park ini hanya sampai tanggal 21 Desember 2022 ya, karena mulai tanggal 22 Desember 2022 Navya Arma akan diboyong ke area mall The Breeze untuk dipamerkan, sampai tanggal 4 Januari 2023.

Jangan sampai ketinggalan mencoba first autonomous vehicle dan menyaksikan pamerannya di mall The Breeze BSD City !

Posting Komentar

11 Komentar

  1. Keren ya bisa jalan tanpa awak. Pengin deh naik ini kapan2

    BalasHapus
  2. Bentuk mobilnya lucu sekali mungil gitu jadi ga takut lagi kalau naik bus kalau lihat busnya secantik ini, penasaran pengen cobain rasanya naik bis tanpa pengemudi ini

    BalasHapus
  3. Wow, sekarang udah ada mobil tanpa sopir debut dari Sinar Mas Land ya Mbak, keren.

    BalasHapus
  4. Ingatanku langsung ke Odaiba, bedanya di sana kereta otomati kalau d tanah air bus
    Pengin nyoba busny nih oneday
    Semoga nanti bus otomatis seperti ini bisa tersebar di seluruh tanah air y mba

    BalasHapus
  5. Navya Arma jadi bus otomatis elektrik pertama. Pastinya lebih ramah lingkungan dibandingkan kendaraan dengan bahan bakar minyak. Jadi pengen cobain naik bus ini

    BalasHapus
  6. rulesnya banyak ya, tapi harus ditepati dooong.
    ini emang cocok digunakan untuk santai dan cari pengalaman naik bus tanpa pengemudi, a.k.a. otomatis sih ya :)

    BalasHapus
  7. Wih, jadi penasaran pengen menjajal kendaraan canggih dan keren ini. Mumpung gratis dan anak-anak juga kebetulan liburan.

    BalasHapus
  8. Wow akhirnya ada di Indonesia Beurntungnya yang ada di kota besar bisa menikmati kendaraan yang mengusung teknologi keren begini. Semoga segera diperbanyak unitnya dan tetap ramah lingkungan

    BalasHapus
  9. Ini Masyaa Allah banget sih inovasinya, meskipun mngkin masih sekitara BSD tapi semoga jd alternatif baru serta
    harapannya masyarakat makin tertarik jg naik kendaraan umum nantinya

    BalasHapus
  10. penasaran nih kak, bus tanpa sopir? jadi pengen cobain Navya Arma, si bus otomatis pertama di Indonesia ini

    BalasHapus
  11. Ngebayangin naik bus ini tanpa driver, wahh pasti banyakin doa nih di dalam.
    Btw inovasi Sinarmas Land memang tak ada duanya, ingat mobil ini jadi ingat salah satu adegan drakor daku mbak, hehe.

    BalasHapus

Haloo, terima kasih sudah membaca ! Jika kalian mempunyai pertanyaan terkait artikel ini, silakan drop pertanyaan di kolom komentar, bukan melalui media sosial. Jangan gunakan profil 'unknown' ya .. ( maaf banget niih, komentar 'unknown' dan meninggalkan link hidup tidak saya tampilkan )