Momtera Perineum Massage Gel, Gel Pijat Perineum dan Bebas Stretch Mark




Salah satu keriuhan ibu-ibu ketika berkumpul, adalah menceritakan pengalaman masing-masing ketika proses persalinan. Meski sudah berlalu sekian tahun, bahkan ada yang usia anaknya sudah kepala 2 alias dua puluh tahunan, tapi kebanyakan kami masih ingat setiap detil proses persalinan yang dialami. 

Masa kehamilan dan melahirkan adalah sebuah momen yang berharga bagi setiap ibu. Sejak pertama merasakan kehadiran janin di rahim, suka-duka 'gembol' bayik kesana kemari selama 9 bulan, segala keluhan yang menyertai proses kehamilan, hingga tiba waktunya si adek bayi hadir di dunia, merupakan sebuah proses spesial yang tidak akan sama antara ibu yang satu dengan lainnya. Setiap Ibu punya cerita unik masing-masing.

Bagi yang mengalami proses kelahiran per vaginam, kebanyakan bercerita tentang robekan yang terjadi di perineum, yang berujung harus dijahit. Malah ada yang bilang, punyaku sampai diobras, nggak cuma dijahit ! Haha.. tentu saja berchandyaaa.. berchandyaa..

To be honest, pembahasan ini buat saya agak 'ngeri-ngeri sedap'. Mendengar kata robekan perineum itu sudah ngilu rasanya. Mungkin karena saya, qadarullah, tidak mengalami proses melahirkan per vaginam tetapi lewat operasi sesar. Namun meskipun tidak mengalaminya, saya penasaran kenapa bisa terjadi robekan pada perineum, dan apakah tidak ada cara untuk mencegahnya ?

Mengenal Perineum dan Fungsinya


Perineum adalah area kulit antara lubang vagina dan anus. Secara umum, panjangnya sekitar 3-5 cm. Jaringan perineum ini harus kokoh untuk menciptakan dasar panggul yang kuat, ini berfungi mengontrol ketika kita batuk atau bersin agar tidak buang air kecil. Namun disatu sisi, perineum juga dituntut harus fleksibel untuk meregang saat melahirkan agar bayi bisa keluar melalui jalan lahir. Ketika jaringan perineum kurang fleksibel untuk meregang, bisa terjadi trauma perineum baik yang disebabkan oleh episiotomi*) ataupun robekan perineum secara spontan.

Ah, itu kan proses alami, nanti juga sembuh setelah dijahit ?!

Ada yang berfikir seperti itu ? Ada, saya ! Awalnya saya berfikir trauma perineum adalah hal lumrah yang terjadi ketika proses persalinan, ternyata robekan perineum itu bisa dihindari dengan melakukan pijat perineum loh !

Walaupun secara medis bisa diatasi dengan jahitan, robekan perineum bisa menyebabkan ketidaknyamanan berupa jaringan parut dan rasa sakit setelah melahirkan, inkontinensia**) gas, urin atau feses, selain itu bisa juga berdampak negatif pada kenyamanan dan fungsi seksual pasca melahirkan. 

Andai dulu teman-teman saya rutin melakukan pijat perineum + selama 5-10 menit setiap hari mulai usia kehamilan pada minggu ke 35-36,  insyaAllah mereka akan terhindar dari robekan perineum yang berujung pada trauma. Pijat perineum terbukti secara klinis bisa membuat jaringan kulit menjadi lentur, fleksibilitas perineum meningkat selama persalinan dan tentu saja, jalan lahir meregang tanpa sobek saat melahirkan dan tidak perlu tindakan episiotomi. 

Pijat Perineum Pakai Minyak ? Big NO !


Upaya antisipasi robekan perineum ini sebenarnya sudah dilakukan oleh emak-emak kita jaman dulu. Saya ingat, sebelum persalinan pertama saya, Ibu jauh-jauh hari sudah mengirim minyak kelapa, katanya sih disuruh minum supaya lancar melahirkan. ( ya kan, dulu masih minim ilmu banget, boro-boro tahu tentang pijat perineum.. hehe )

Memang sih ya, banyak yang beranggapan bahwa minyak murni seperti minyak zaitun atau minyak kelapa bagus untuk melakukan pemijatan, khususnya di area perineum ini. Namun ternyata, kandungan asam oleat dalam minyak tersebut cukup tinggi, sehingga jika digunakan secara tunggal rentan mengiritasi kulit. Ada solusi terbaik yang bisa digunakan untuk melakukan pijat perineum yaitu dengan menggunakan Momtera Perineum Massage Gel.



Momtera Perineum Massage Gel adalah gel pijat perineum berbahan dasar air sehingga mudah diserap kulit. Gel berwarna putih dengan tekstur kental, tapi tidak lengket ya.. ketika dioleskan, gel mudah terserap oleh kulit. 

Momtera Perineum Massage Gel adalah terobosan pertama di Indonesia untuk membantu para Ibu melahirkan tanpa robekan perineum dam bebas stretch mark. Memakai Momtera Perineum Massage gel ini akan membuat pijat perineum lebih nyaman dan membantu menghidrasi jaringan perineum sehingga tetap lembut dan kenyal. Momtera mengandung collagen dan hyaluronic acid, yang dikenal karena manfaat penyembuhannya dan melembabkan. Formula unik ini membantu melembutkan dan menyiapkan area perineum sehingga mengurangi risiko robekan saat melahirkan. Tidak hanya itu, Momtera Perineum Massage Gel juga mengandung almond oil yang dapat mencegah dan memudarkan stretch mark. 

Kandungan Unik Momtera Perineum Massage Gel
( www.pijatperineum.com)



Kapan Sebaiknya Ibu Hamil Mulai Menggunakan Momtera Massage Gel?


Selain permasalahan robekan pada perineum yang dialami Ibu pada proses persalinan, kehamilan juga bisa menimbulkan keluhan lain yaitu stretch mark. Peregangan kulit ketika hamil mengakibatkan pecahnya jaringan kolagen dan elastin, meninggalkan tanda seperti bekas cakaran biasanya di perut dan paha. Momtera Perineum Massage Gel bisa juga dipakai sejak awal kehamilan untuk mencegah stretch mark. 

Stretch mark ini termasuk keluhan kulit yang bandel alias susah sekali dihilangkan. Makanya, jika bisa ikhtiar mencegah tentunya lebih baik mencegah munculnya stretch mark. Untungnya Momtera Perineum Massage Gel bisa juga dipakai untuk mencegah stretch mark. 

Gunakan Momtera Perineum Massage Gel sejak awal kehamilan, dan mulai minggu ke 35-36 untuk membantu pijat perineum, 




Dimana Mendapatkan Momtera Perineum Massage Gel ?

Teman-teman bisa membeli Momtera Perineum Massage Gel melalui website resmi Momtera atau melalui akun instagram Momtera . Yuk bagikan informasi ini kepada teman atau sahabat kalian yang saat ini sedang hamil ataupun promil. Bantu Ibu hamil mengenal Momtera Perineum Massage Gel agar terbantu untuk melahirkan tanpa robekan serta kulit mulus bebas stretch mark 

Terima kasih sudah membaca, semoga bermanfaat ^^

-        

Vocabulary :

*) episiotomi : sayatan yang dibuat pada perineum agar bukaan vagina lebih besar sehingga mempermudah proses persalinan.

**) inkontinensia : kondisi dimana seseorang kehilangan kontrol otot kandung kemih

( sumber : alodokter.com )

Posting Komentar

33 Komentar

  1. aku baru denger nama brand Momtera ini mbak
    Bisa direkomenin ke saudara aku, temen-temen aku nih
    Memang ya momen momen waktu melahirkan bikin dag dig dug, aku bacanya jadi mringis nih mbak hahah
    tapi pas giliran kata kata diobras, waduhh hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. candaan buibu kadang-kadang gitu mba, hah.. saking banyaknya jahitan di perineum bilangnya diobras..

      Hapus
  2. Penting banget sih mencegah stretch mark dan robeknya perineum. Lebih mudah mencegah daripada kalo udah terlanjur kejadian

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju kak.. mudah-mudahan banyak bumil terbantu dengan Momtera ya

      Hapus
  3. Saya ibu rumah tangga yang pernah mengalami dua kali persalinan. Emang sangat penting untuk mencegah stretch mark agar tubuh tetap mulus ya bunda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju.. sebab jika sudah kena yang namanya stretch mark susah sekali dihilangkan

      Hapus
  4. wah bisa buat stretch mark ya, bagus nih :D

    BalasHapus
  5. Saya agak "nyeri" juga baca info Mbak Novri tentang perineum ini, apalagi proses melahirkan dulu lewat bedah cesar. Sama-sama nyeri dan sakit, tapi letak sakitnya beda, hihiii..
    Makasih infonya tentang Momtera ya, Mbak. 🤗

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul, sama-sama sakit cuma beda posisi, hehe.. sama-sama mba hastin, terima kasih sudah mampir

      Hapus
  6. Nah, ini saya juga baru tahu Mbak jadinya saya selalu jahitan nih. Momtera ini pas banget ya buat pijatan di daerah perineum.

    BalasHapus
  7. What! Sampai diobras? Hehe untungnya cuma bercyanda ya. Tapi pengalaman emang nggak enak banget kalau melahirkan normal dan terjadi robekan karena kudu dijahit lagi.

    Masih mending kalau proses jahitnya diawali dengan dibius, kalau nggak duh gak kebayang sakitnya.

    Ya daripada kejadian memang lebih baik dihindari. Salah satu caranya ya dengan rajin melakukan pijat perenium. Nah, saya baru tahu nih ada produk gel khusus untuk pemijatan perenium bahkan bisa membantu mencegah stretch mark. Pastinya bagus banget nih buat bumil.

    BalasHapus
  8. Jadi ingat juga zaman melahirkan dulu. Sayang belum kenal Momtera. Sy mengalami stretch mark plus robekan perineum. Lengkap. Mendapatkan beberapa jahitan yang asli bikin trauma jadi takut mau ngapa2in. Bahkan meskipun sudah pulih, tetap aja mau gerak kayak tertahan dan kaku 😅 Beruntung ya sekarang ada Momtera. Bisa membantu banget buat ibu hamil :)

    BalasHapus
  9. Saya juga alami sobekan perineum, nggak terlalu paham dulu buat dipijat. Tau ada gel ini, mungkin bisa saya pakai jelang kelahiran berikutnya (tapi masih rahasia Ilahi waktunya, hehe). Makasih rekomendasinya, Mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama, mbak aku juga baru tahu ada pijat perineum ini biar lahiran lancar. heu

      Hapus
  10. aku juga baru tahu nih mbak tentang pijat perineum ini setelah punya anak 2. aku sendiri pas lahiran itu juga digunting perineumnya dan dijahit kembali. bagus banget nih sekarang ternyata ada gel khusus untuk pijat perineum biar ibu nggak perlu dijahit perineumnya setelah melahirkan

    BalasHapus
  11. penting banget ini biar lahiran lebih lancar tanpa robekan. jadinya pasca lahiran pun enggak waswas, ya

    BalasHapus
  12. Perineum jujur baru tahu soal beginian. Aku pikir juga ya alami, ternyata ada treatment khusus juga ya. Wah ilmu, karena aku belum menikah apalagi melahirkan

    BalasHapus
  13. Waaah makasih banget, mbak, atas artikelnya. Jadi tahu nih kalau sebaiknya melakukan pemijatan di area tertentu sejak hamil. Saya belum menikah sih, tapi jadi punya pengetahun persiapan kalau nanti kelak jadi ibu. Saya juga jadi punya ide hadiah buat temen yang lagi hamil. Dikasih Momtera ini aja ah.

    BalasHapus
  14. Jadi ingat waktu melahirkan anak pertama, kena jahitan lumayan banyak dan rasanya waww banget setelahnya, sayangnya zaman 21 tahun lalu belum ada produk seperti ini. Setelah mengalami robekan perineum pas anak pertama, eh lanjut mengalami stretch mark setelah melahirkan si bungsu. Mudah-mudahan calon ibu sekarang ngak akan mengalami masalah ini lagi karena sudah tersedia produk untuk membantu ibu lebih rileks saat akan melahirkan.

    BalasHapus
  15. Wah ada ya Produk seperti ini. Yang bikin kulit lebih terawat pasca melahirkan.

    BalasHapus
  16. Baru tau istilah Perineum, coba pas lagi hamil anakku tau produk ini pasti kurangin stretch mark.

    BalasHapus
  17. Memang jadinya ngilu yaa.. kalo ngobrolin masalah perineum, yang sebenernya istilah ini baru aku pahami ketika membaca artikel ini. Jadi ada banget ya.. pijatnya dan cara mencegah agar gak strechmark dengan menggunakan Momtera Perineum Massage Gel. Jadi bikin sang calon Ibu nyaman serta bahagia.

    BalasHapus
  18. Karena dulu saya lahiran caesar jadi nggak paham nih tentang robekan perineum. But, mungkin bisa saya rekomendasikan momtera ini buat saudara yang lahiran normal

    BalasHapus
  19. Inceran new mom banget nih ya produknya. Stretch marks ini bisa jadi masalah menahun kalau dibiarkan dan nggak ditreatment. Bisa bikin kurang PD juga sama bentuk tubuh after lahiran.

    BalasHapus
  20. Perineum yang sobek saat lahiran itu sakit lo, apalagi jika posisi ngedennya salah, semakin panjang nih sobekannya
    Sayangnya dulu aku terlambat tahu pijat ini, jadi hanya sebentar saja
    Enak ya sekarang sudah ada krim momtera, jadi lebih mudah nih pijatnya

    BalasHapus
  21. Penting ternyata ya pijat perineum ini sebelum melahirkan. Saya beberapa kali baca kasus robekan yang berakhir di jahit dan penyembuhannya lumayan lama. Momtera ini jadi bermanfaat banget untuk para bumil, apalagi bisa bantu mengurangi stretch mark ya.

    BalasHapus
  22. Saya salah satu yg mengabaikan pijat perineum ini. Emang dulu juga belum ada informasi ini sih. Hasilnya ya saya saat melahirkan harus dijahit karena emang ada robekan

    BalasHapus
  23. Baru tahu namane perineum, jadi inget waktu lahiran disobek sama dokter bunyi *krrek* itu masih terngiang". Dan dijahit lagi setelah persalinan rasane seperti nano nano gurih" enyoy nggak tau aq klo ada produk berbentuk gel Momtera ini yang bisa membantu kelenturan perineum.

    BalasHapus
  24. mbaaaa baca ini jadi pengin hamidun lagi ga sehhh hahhaa

    penginnya bisa lebih "pro" ketika mau lahiran...udah tau strategi jitunya ye kann

    makaasii ulasannya ya mbaaa

    BalasHapus
  25. Jujur pas dipotong episiotomi tuh gak sakit. Suami yg ngeri pas melihatnya. Setelahnya yang ngeri mau BAB atau sekedar duduk saja... Ini cara pijatnya gimana kak

    BalasHapus
  26. Wow, baru tahu soal perineum ini. Terima kasih banyak infonya, Kak. Bisa jadi bekal buat para calon ibu, nih. Hehe.

    BalasHapus
  27. Wah, Momtera massage gel wajib punya buat para Mom apalagi yang lagi hamil, pasti dibutuhkan banget untuk menjaga kesehatan kulit yang lagi butuh perlakuan khusus. Agar kulit tetap on point ya, mom.

    BalasHapus
  28. Bagi yang hamil wajib stok ini
    A[alagi kalau merencanakan persalinan normal
    Sangat butuh banget produk ini

    BalasHapus

Haloo, terima kasih sudah membaca ! Jika kalian mempunyai pertanyaan terkait artikel ini, silakan drop pertanyaan di kolom komentar, bukan melalui media sosial. Jangan gunakan profil 'unknown' ya .. ( maaf banget niih, komentar 'unknown' dan meninggalkan link hidup tidak saya tampilkan )