[ Level 2 - Tantangan 10 Hari ] Hari Ke 5, Cerdas Mengelola Keuangan Sendiri

Hola! 

Masih di Tantangan 10 Hari Melatih Kemandirian Anak. Mulai Senin kemarin, saya mulai melatih Icha mengelola uang saku mingguan. So far, so good. Alhamdulillah Icha bukan termasuk anak yang boros, malah terbilang hemat. Jajannya sedikit. Dia lebih suka belanja alat tulis fancy ketimbang jajanan. 

Hari pertama kemarin, dia menghabiskan uang saku untuk belanja stiker lucu buat adiknya. Hari ini, saya lihat ada pembatas buku, mini notes, tuding ( alat tunjuk biasanya dipakai saat baca Qur'an) dan entah pernik - pernik apa lagi dikeluarin dari kantong harta karun tasnya.

Trus, saya kepo dong, belanja apa saja doi hari ini. Waktunya emak investigasi. Sekalian buat laporan tugas Tantangan 10 Hari, hehehe.

"Hari ini belanja apa saja kak?" tanya saya, sambil nyantai sore-sore
"Ini.." menyodorkan catatan pembelian hari ini.
"Hah..! 9000 ?? berarti.." belum selesai saya bicara sudah dijawab.
"Berarti besok pengeluaran kakak hanya bisa 1000.." jawabnya santai kek dipantai.
"Emangnya bisa, jajan hanya seribu di sekolah?'"
"Bisa..."

"Tidak boleh minta traktir teman lho ya.."
"Enggak lah.. Kakak ngga suka minta traktir traktir, tapi kadang-kadang teman-teman yang mau nraktir sendiri..."


"Loh, podo ae.."
"Ya lain lah Ma.."

sebagian belanjaan Icha yang berhasil tertangkap kamera
Duh, ngomong sama bocah pra abege ini nggak ada habisnya, pinter ngeles dan cari alasan. Sudahlah, yang penting dia sudah paham konsep pengaturan keuangan. Jika biasanya saya memberi dia 5000 perhari, sekarang saya memberikan uang 'belanja' untuk sepekan diawal. Jika pengeluaran dia hari ini melebihi anggaran berarti dia harus menyusutkan anggaran untuk hari berikutnya. kita lihat apa kabar 'uang belanja' nya sampai akhir pekan nanti , hehe..

#Level2
#BunsayIIP
#MelatihKemandirian
#Tantangan10Hari



Posting Komentar

0 Komentar