Sabtu, 05 Agustus 2017

# Institut Ibu Profesional

[ Aliran Rasa ] Kemandirian Bekal Masa Depan


Game level dua terlewati sudah. Waktunya mengalirkan rasa. Puas ? Belum sih.. Karena waktu 10 hari memang belum cukup untuk melatih anak secara intensif, setidaknya butuh 90 hari untuk menerapkan deep habit mengenai kemandirian. Namun, pastinya aktivitas menerapkan kemandirian ini akan terus berlanjut, meskipun tidak ada tantangan. Karena menerapkan kemandirian merupakan tugas sehari-hari bagi saya selaku orang tua.

Secara naluriah setiap orangtua akan mengajarkan hal-hal mendasar terkait kemandirian anak. Tapi, biasanya aspek kemandirian anak ini justru ditumpulkan oleh sikap orangtua yang memilih melakukan semua pekerjaan sendiri (dengan dalih agar pekerjaan cepat selesai) ketimbang melibatkan anak dalam aktivitas keseharian. Akibatnya, anak-anak menjadi pribadi yang tahu beres, malas berusaha dan tidak percaya diri. Ya, kemandirian anak memang erat kaitannya dengan rasa percaya diri. Jika kita ingin mengingkatkan kepercayaan diri pada anak, terlebih dahulu tingkatkan kemandiriannya

Bagi saya, mengikuti tantangan 10 hari melatih kemandirian anak ini adalah sebuah reminder. Jika tidak, saya terjebak dalam rutinitas harian yang tanpa aturan dan kerangka. Ini untungnya kalau emak sekolah lagi. Dengan belajar di kelas Bunda Sayang dan mengikuti tantangan demi tantangannya, saya lebih tertata dalam pengasuhan anak.

Dengan melatih kemandirian anak dan sense of helping nya, saya juga banyak terbantu. Walaupun itu nampaknya tugas kecil yang remeh temeh. Misalnya untuk kakak Icha, saya berikan tugas mematikan lampu-lampu yang tidak terpakai pada pagi dan siang hari, menyalakan lampu teras pada pukul 05.30 wib, membuang sampah dapur ke tempat sampah di halaman rumah. Sedangkan untuk Wecha saat ini yang sudah rutin adalah merapikan sandal dan sepatu pada tempatnya. Tentu semuanya tetap mengacu dan memprioritaskan checklist indikator kemandirian sesuai tahapan usianya. Dengan mendelegasikan tugas-tugas kecil kepada mereka, sayapun punya waktu lebih untuk main hape mengerjakan pekerjaan yang lain. So sweet kan..?

Game level 2 ini baru rangkaian awal dari 12 game yang ada di kelas Bunda Sayang. Jadi masih ada 10 game menanti. Hmm, makin nggak sabar menunggu, apa ya tantangan selanjutnya ?

#AliranRasa
#BunsayIIP
#IIP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca, yuk tinggalkan jejak dengan komentar yang santun

Follow Us @soratemplates