Senin, 04 Desember 2017

# Game Level 6 # Institut Ibu Profesional

I Love Math #6 ! Menghitung Jumlah Gambar Pada Film Animasi

Perjalanan pulang sekolah selalu menjadi salah satu momen quality time saya bersama Icha.  Ngobrol asik sana sini sembari melaju diatas sepeda motor tua kami. Tiba-tiba topik nya menjurus ke matematika logis.

"Mama tahu nggak, berapa gambar yang dibutuhkan untuk membuat film animasi 1 detik ?"
"Hmm.. 5 gambar?" Ini si Mama ngarang
"Salah.."
"10 ??"
"Salah.."
"10 kurang atau lebih?"
"Kurang.."
"20 deh.."
"Iya betul.... 20 !"
"Yayyy... Padahal Mama cuma nebak aja lho, hehehe.."
"Banyak ya Ma, kalau satu detik butuh 20 gambar, berarti film se jam butuh berapa ratus gambar ya Ma ?"
"Coba dihitung.. Satu menit dulu, ada berapa detik.."
"Satu menit 60 detik, jadi kalau satu menit, 60 dikalikan 20 ya ? 6 x 2 = 12, nol nya 2 jadi hasilnya 1200..? Wow banyak sekali yaa..??"
"Iya, jadi kalau film animasi durasi 1 menit aja, membutuhkan sebanyak 1200 gambar. Jadi kalau sejam bagaimana ?"
"Satu jam 60 menit, jadi 1200 dikalikan 60 dong...??
" Iya betul. Hasilnya berapa ?"
"Waaah susah Ma, ribuan .."
"Iya, nol nya disimpan dulu.. 12 dikali 6 aja"
"Hmmmm.... 72..??" jawabnya ragu-ragu.
"Iya, trus nol nya dipasangin lagi, ada berapa td nol nya?"
"Tiga, jadi... 72.000 gambar. Woowww banyaknyaa..." Doi takjub sendiri.
"Iya, tapi gambarnya kan computerize, bukan gambar tangan.."
"Iya juga ya, kalau gambar tangan .. Waah.."

Sambil ngobrol, tidak terasa kami sudah sampai di rumah.

#day6
#tantangan10hari
#gamelevel6
#kuliahbunsayiip
#matharoundus
#ilovemath

3 komentar:

  1. Jadi paham deh kenapa desainer grafis yang disuruh bikin film animasi itu bayarannya lebih mahal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waww.. Malah baru tahu saya mbak.. Tp emang kebayang sih jelimetnya proses bikin animasi. Buat yg punya passion disitu pasti tantangan yg menarik :)

      Hapus
    2. Waww.. Malah baru tahu saya mbak.. Tp emang kebayang sih jelimetnya proses bikin animasi. Buat yg punya passion disitu pasti tantangan yg menarik :)

      Hapus

Terima kasih sudah membaca, yuk tinggalkan jejak dengan komentar yang santun