Tutorial Menghias Sandal Jepit



photo credit : Ersa Latycha/ @dapurersa

Halo semua
Alhamdulillah, Ramadhan sebentar lagi ya.. Sudah punya rencana kegiatan apa bersama anak-anak ?

Selain jadwal takjil sebulan penuh, (haha..) perlu juga siapkan rencana kegiatan kreatif lho Bu, supaya anak-anak tidak bosan selagi menunggu waktu berbuka.

Sabtu kemarin saya ikutan kopdarnya Rumah Belajar Craft DIY IP Surabaya Sidoarjo tempat saya bernaung (( bernaung )) dan materinya so crunchy banget.  Menghias sandal jepit!

InsyaAllah  mudah untuk dipraktekkan dirumah. Pas banget buat nambah inspirasi kegiatan anak - anak saat Ramadhan nanti. Biaya bahan juga nggak terlalu mahal. Eh, dengan asumsi alat - alat ( lem tembak, gunting, benang jarum ) sudah punya ya.. Kalau biaya pembelian alat dihitung, jatuhnya lumayan juga sih..

Nah, kalau biaya bahan saja, misalnya pakai sandal jepit baru, ya kira - kira habis 30 ribuan lah. Kalau sandalnya sudah ada, mau di make over aja, paling 15 - 20 ribuan. Not too pricey ..  Apalagi kalau namanya buat aktivitas anak. Ketimbang maen gejet terus..

Oke Buibu, mari kita siapkan alat dan bahannya.

Alat :
  • Lem tembak plus refillnya ( butuh sekitar 2-3 buah yang ukuran kecil )
  • Benang dan jarum
  • Gunting
Bahan :
  • Sandal jepit sesuai ukuran kaki ( bisa bekas pakai, bisa baru ya.. kalau saya pakai yang murmer aja, merk Ardiles harga sekitar 7000-10000 an 
  • Perca kain seukuran 30x30cm, kira - kira cukup untuk menutup permukaan sandal dilebihin sedikit
  • Busa ati seukuran kertas HVS A3, kira - kira cukup untuk membuat pola sepasang sandal.
  • Pita satin warna senada dengan warna perca, ukuran 6 mm, butuh kira - kira sepanjang setengah meter saja
  • Pita satin warna gelap ( coklat atau hitam ) ukuran 1 cm, sepanjang 2 meter
  • Pita satin ukuran 2,5 cm warna senada dengan perca kain sepanjang 1,5 meter
  • 4 buah bunga mawar hiasan
  • renda lebar 2cm, sepanjang 0,5 meter saja

Cara membuat :

Buat pola sandal di busa ati, gunting dan rapikan. Ukuran pola sandal tidak boleh lebih dari permukaan sandal ya, karena busa ati ini akan ditumpuk diatas permukaan sandal. Gunting bagian atasnya supaya jepitan sandal bisa masuk, begitu juga dengan dua sisi bawah jepitan.



Setelah pola dari busa ati bisa menutup sandal dengan rapi, rekatkan menggunakan lem tembak. Gunting pinggir-pinggir pola jika masih ada yang belum rapi.

Potong perca kain menjadi 2 bagian. Gunting bagian atas dan kiri - kanan bawahnya untuk tempat keluar jepit. Tutupkan perca kain diatas sandal yang sudah ditutup busa ati. Rapikan, kemudian lem.

Setelah kain menutup sandal dengan rapi, gunting bagian bawah kain yang tersisa.


Ambil pita satin yang ukuran 2 cm, kita bagi 2 dulu ya. Kemudian lilitkan pada masing-masing jepit sampai semua tertutup. 


Ambil pita satin ukuran 6 mm, tutupkan pada bagian - bagian sambungan atau guntingan perca kain yang terlihat ( di bagian jepitan, atas dan kanan  - kiri bawah)

Kemudian ambil pita satin ukuran 1 cm ( warna coklat ), bagi 2 terlebih dahulu. Kemudian tutupkan pada sekeliling bawah sandal. Dimulai dari sisi dalam dan bertemu lagi di sisi yang sama.

( Pastikan semua proses mengelem dilakukan dengan baik ya Buibu..)

Setelah semua proses menutup sandal selesai, tampilan akan menjadi seperti ini.


Lanjutkan dengan menghias. Pertama-tama, buat renda menjadi bentuk bunga. Bunga dari renda ini digunakan sebagai 'tatakan' bunga mawarnya. 


 Ambil jarum dan benang untuk membuat jelujur pada renda. Kemudian tarik hingga renda terbentuk seperti bunga. Renggang saja menariknya, jangan terlalu rapat. Tempel renda di bagian jepit, tumpuk dengan hiasan bunga. Jadii deh..

tadaaa.. ini dia hasilnya..! 
Bagaimana ? Cantik bukan ?
Ternyata nggak cuma muka aja yang bisa di make over kaan.. Sandal jepit juga bisa.
Kalau cantik gini, dibawa hengot ke mall juga cakep. Mau bikin buat hari raya? Boleh juga.. Hehe..
Mudah-mudahan cukup jelas tutorialnya. Jika masih bingung, silakan tanyakan di kolom komentar ya^^

Semoga bermanfaat.



Catatan :
Penggunaan alat harus selalu dalam pengawasan orang tua, khususnya lem tembak dan gunting

Posting Komentar

11 Komentar

  1. Balasan
    1. Terima kasih apresiasianya mbak.. Iseng2 bermanfaat . alhamdulillah anak-anak suka juga berkreasi

      Hapus
  2. hasilnya jadi cantik dan lucu ya mbakk

    BalasHapus
  3. Wahhhh sayang banget sendal bagus begitu, bagusnya buat survenir kali yah? beneran deh sayang makenya kalo sendalnya udah bagus begitu... bakal jadi inceran pencuri sandal ini sih hehehe :) kreatif mbak, thanks sharingnya.

    BalasHapus
  4. keren banget mba, sendal jepit swalow bisa disulap jadi secantik itu.
    kreatif..

    BalasHapus
  5. PAs banget nih mbaaa, anak-anaknya juga ciwi-ciwi, bisa berkreasi bersama :D
    Kalau saya pilih yang jadi ajah hahaha.
    Makanya dikasih anak cowok ya, abisnya juga maknya tomboy dan gak kreatif bikin2 yang cantik gini :D

    BalasHapus
  6. wowww.....ternyata setelah dihias dengan penuh suka cita, si sandal jepit berubah menjadi sandal spesial yg unik dan menarik hati.😊👍👍👍

    Andaikata sandal jepitnya dikasihkan untuk saya,saya akan pajang di lemari , soal sayang bangetz klu diajak jalan jalan, takut rusak, hehehehe....👍😆

    BalasHapus
  7. Bener bener kreatif, sendalnya bisa berubah total jadi bagus banget mba. Keren lah, anak-anak mah kalo bikin kaya gini pasti seneng banget.

    BalasHapus
  8. wahhhh cantik bangeeet
    semoga bermanfaat ya mbak .....

    BalasHapus
  9. komentar anonim :
    Itu harga bahan bahan nya berapa yaa

    Jawaban :
    hi anonim, maaf ya untuk mengurangi broken link di blog ini komentar kamu tidak bisa ditayangkan. Tapi saya coba jawab pertanyaan kamu.

    biaya bahan ketika workshop kreasi sandal ini kurang lebih 35 ribu/orang. tapi jika ingin membuat dalam jumlah banyak / diproduksi masal saya rasa biaya bahan bisa ditekan, karena pembelian bahan dlm jumlah banyak tentunya harga akan lebih murah. semoga membantu ya

    BalasHapus

Haloo, terima kasih sudah membaca ! Jika kalian mempunyai pertanyaan terkait artikel ini, silakan drop pertanyaan di kolom komentar, bukan melalui media sosial. Jangan gunakan profil 'unknown' ya .. ( maaf banget niih, komentar 'unknown' dan meninggalkan link hidup tidak saya tampilkan )