Pengalaman Membeli Template Premium di Vefiothemes, Harganya Bikin Kaget !


Setuju nggak sih, kalau kita lihat blog orang lain pakai template yang sama dengan blog kita, rasanya tuh mirip - mirip kayak kalau kita lagi jalan, trus lihat orang pakai baju samaan? Ha ha ha.. iya kaan? Sudah ganti template (gratis) lagi, eh ketemu lagi yang sama.. Duh! 

Namanya juga free template, nggak salah dong kalau banyak yang pakai. Mau pasang template premium, khawatir harganya mahal. Sudah beberapa kali googling dengan keyword template premium murah tapi belum juga ketemu yang 'sreg' dihati dan ramah di saldo rekening. Nah, maunya murah tapi bagus, mak emak banget ngga tuh.. :D

Alhamdulillah-nya, perihal template premium ini pernah dibahas di komunitas blogger 'Berani Ngeblog' yang saya ikuti di grup FB. Mbak Indriyas Wahyuni, founder Berani Ngeblog bilang, masih banyak menemukan blog dengan template gratisan ( termasuk saya kala itu.. ) padahal salah satu cara agar blog terlihat profesional, gunakan template premium. Mbak Indri juga membagikan info beberapa toko online yang menjual template premium. Langsung dong, saya ubek - ubek semuanya. Daan... dari pilihan yang disebutkan mbak Indri, saya jatuh cinta dengan template premium untuk platform blogger/blogspot dari Vefiothemes. Tampilannya bagus, dan harganya mulai dari $5 saja ! Kaget kan saya... kalau saya hitung misal $1 = Rp. 15.000 harganya jadi sekitar Rp. 75.000 an. Murah kan ya, untuk ukuran template premium. Desainnya simple tapi cantik. Ini beberapa contoh tampilannya.


vefiothemes

vefiothemes

vefiothemes
beberapa contoh tampilan template premium dari Vefiothemes

Vefiothemes ini toko onlinenya di Etsy, marketplace internasional. Jadi pembayarannya menggunakan Paypal. Agak bingung juga awalnya karena saya belum pernah transaksi pembayaran menggunakan paypal.  Berhubung sudah dibisikin mbak Indri bahwa ownernya Vefiothemes orang Indonesia, saya pede aja inbox beliaunya pakai bahasa Indonesia, hehe..
Alhamdulillah, mas Angga ( owner Vefiothemes ) tidak keberatan jika pembayarannya langsung lewat transfer bank. Saya diberi nomor rekening dan nominal harga template dalam rupiah. Asli kaget lagi, karena setelah di kurs kan ke rupiah, hanya dikenai harga sebesar Rp. 50.000 saja...! 

Singkat cerita, setelah urusan pembayaran beres file template dikirim ke email saya. Paket file yang saya terima dikirim dalam format ZIP yang berisi
  • File template yang saya pilih dalam dua versi, dengan auto read more dan tanpa auto read more
  • File custom post signature
  • File chrome HTML berisi link menuju ke webiste untuk petunjuk pemasangan
Nggak cuma itu, karena ternyata Vefiothemes juga memberikan bonus 1 (satu) buah free template ! Benar - benar rejeki blogger solehaa.. ( eaa, kibas jilbab ) 

Oh ya, untuk pemasangan template ini Vefiothemes tidak memberikan jasa instalasi, jadi kita harus pasang sendiri ke blog. Tapi jangan khawatir, mas Angga support dan helpfull banget orangnya. Jika ada kesulitan apapun bisa dikonsultasikan lewat email.

Sayapun awalnya bingung, karena begitu dipasang tampilan blog saya langsung berantakan dengan suksesnya :D Ternyata, kata mas Angga itu karena ada widget dari free template yang saya pakai sebelumnya. Jadi numpuk - numpuk. Setelah satu per satu saya hapus, tampilan blog mulai kelihatan rapi. Setelah itu, saya mencoba untuk kustomisasi mulai dari warna, bentuk dan ukuran font dan lain - lainnya. Nah, ternyata ini ya salah satu kelebihan menggunakan template premium. Easy to customize. Jadinya kita bisa utak - utik dengan font dan warna yang kita banget. 

bintang 5 dari customer Vefio di luar negeri

Kalau saya lihat di Etsy, customer Vefiothemes ini kebanyakan blogger luar negeri. Dan rata - rata puas dengan template dan pelayanan dari Vefiothemes. Seperti testimoni yang ditulis Emily pada April 2019 

Such a cute and simple Blogger layout! I had been eyeing this layout for almost a year now, and held out until I knew I was going to get my blog up and running again and I'm so glad I held out for it ! The instructions were very helpful ( even though I messed up a bit, I was able to figure it out and fix it).I couldn't ask for a cuter layout, seriously ! And you can't beat the price too !

Testimoni mbak Emily ini kurang lebih samaan lah dengan yang saya rasakan bahwa template dari Vefiothemes ini sangat cute dan simpel, meskipun awalnya berantakan tapi bisa saya atur dan perbaiki sendiri. Harganya juga sangat bersahabat. Informasi data statistik toko yang ditampilkan Etsy, produk Vefiothemes telah terjual sebanyak 3248 penjualan dan difavoritkan sebanyak 1051 customer. ( data per tanggal tulisan ini saya publish ).

Untuk tahapan pemasangan template sendiri cukup mudah. Sama koq kayak masang free template pada umumnya. Di instalation guide yang disertakan dalam file, semua sudah ditulis lengkap, termasuk FAQ. Tapi sayangnya, semua dalam bahasa Inggris ( haha, ketahuan deh bahasa Inggris saya yang pas - pas an ). Untungnya, sebelumnya saya pernah beberapa kali mencoba memasang template sendiri hasil browsing sana - sini, hehhe.. sambil sesekali konsul via email ke mas Angga. Alhamdulillah, bisa juga. Buat teman - teman yang akan mencoba memasang template sendiri, berikut saya berikan step by step cara memasang template blogger yang harus dilakukan, semoga membantu ya
  1. Download file yang kita terima melalui email.File biasanya dikirim dalam format ZIP kemudian lakukan 'extract file' sehingga format file menjadi XML
  2. Masuk ke dasbor blogger, pilih 'tema'
  3. Pilih 'back up/pulihkan' 
  4. Upload file tema baru yang akan kita pasang
  5. Jika sudah terpasang, kita bisa lanjutkan dengan pengaturan melalui menu 'tata letak'
masuk ke dasbor, pilih menu 'tema'

lakukan back up sebelum meng upload tema baru

Setelah tema terpasang dan pengaturan tata letak selesai, kita bisa lanjut ke pengaturan lanjutan. Disini kita bisa mengubah font dan warna. Sedikit tips dari saya, jika kita akan mengubah warna tampilan blog jangan lupa untuk mencatat kode warna yang kita gunakan, misalnya #c27ba0 untuk warna pink agak keunguan seperti yang saya pakai di blog ini. Maksudnya supaya warna tampilan blog kita bisa konsisten. Karena pilihan warna yang muncul sangat banyak, dan gradasinya sangat tipis sekali. Sama - sama pink, tapi beda kode satu karakter saja sudah beda warna.

Buat teman-teman yang belum pakai template premium, dan ingin memakai template premium, nggak ada salahnya main - main ke toko online Vefiothemes di Etsy(dot)com . Banyak banget pilihan template premium murah, simpel tapi cantik. Siapa tahu ada yang nyangkut di hati. Semoga ulasan ini bermanfaat.

Posting Komentar

10 Komentar

  1. Waduh mbak kirain harganya sampai jutaan.. Hehe.. Template saya masih asli dari blogger mbak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, mungkin karena ini tampilannya clean dan standar aja. Kalau custom mau dibikin animasi macem2 bs jadi gak segitu harganya. Tapi kayaknya ngga sampai jutaan..

      Hapus
  2. Mbaaaa, jadi keceeee blog nya :D
    Jadi kayak bukan blogspot :D
    Saya pernah dapat template gratis yang unyu gitu, terus saya pasang di blog lain saya dan hasilnya kacau hahaha.

    Emang harus di setting dulu ya.
    Dan emang lebih baik kalau beli :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih bertahan di tampilan clean ini mbak, hehe.. Blm berani nambahin macem2.
      Iya mb, Kalau ganti template, memang suka berantakan, numpuk dg widget dari template sebelumnya..

      Hapus
  3. Baru pernah denger teh ada yang namanya vefiothemes dan baru tahu juga ternyata tampilannya elegan juga ya untuk blogspot

    Tambah kece blognya,..saya biasanya beli di mas sugeng,..vio magz,..mahal sih tapi puas rasanya,..he-he,..templete asli bukan bajakan

    Salam kenal teh ya,..kalau ada waktu bolehlah mampir 😊😀

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga mas, eh kang eh kak kuanyu.. (Naah bingung kang manggilnya..)

      Siaap nanti mampir ke blog nya. Siapin suguhan kue sama waitkopi yaa..

      Hapus
  4. Woow, amazing. Novri ternyata pakar IT juga nih. Kl bunda ngeblog modalnya cuman Typing speed doang. Yg berhubungan ngeblog pengetahuan bunda BIG ZERO pake banget. Blog ber-domain diskont 50% karena partisipasi di sebuah pelatihan dan pemasangannya dibantu 100% oleh Founder Blogger Perempuan mbak Shintaries t 2014 kl gak salah. No wonder sampe skrng tetap jd blogger newbie terus.Bisanya cuma bikin postingan thok! Itupun jarang2 ngeblog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah Bunda, malu kalau dipuji bun.. Ini blog juga alakadarnya, bahkan berasa jalan ditempat terus hehe..

      Justru bunda lah yang selalu jadi inspirasi kami yg muda2 ini.. Semangat belajar Bunda yg selalu tinggi.. Aah. Keren banget Bun.. 👍👍

      Hapus
  5. wow, Harganya murah bangetz yah Mbak, bisa borong 12 template nih, kalau semua harga template premiumnya kayak gitu. :)

    BalasHapus

Haloo, terima kasih sudah membaca ! Jika kalian mempunyai pertanyaan terkait artikel ini, silakan drop pertanyaan di kolom komentar, bukan melalui media sosial. Jangan gunakan profil 'unknown' ya .. ( maaf banget niih, komentar 'unknown' dan meninggalkan link hidup tidak saya tampilkan )