personal blog by Novriyanti

Tutorial Membuat Decoupage Pada Media Botol


Habis lebaran, banyak botol bekas sirup ? Jangan dibuang ya, yuk kita membuat decoupage dari botol sirup. Barang bekas sirna, ruangan pun semakin cantik.

Apa saja yang kita butuhkan untuk membuat decoupage botol sirup?

Bahan utama membuat decoupage botol sirup adalah sebagai berikut :

1. Botol bekas sirup
2. Cat akrilik warna putih
3. Tisu decoupage
4. Lem decoupage
5. Vernish
6. Tali rami/goni

Selain itu, kita membutuhkan peralatan pendukung, antara lain :

1. Kuas kecil
2. Spon bersih

Baca juga : Mengenal Seni Kerajinan Decoupage

Oke, yuk kita mulai membuat decoupage botol sirup

1. Pastikan botol sirup sudah dalam keadaan kering dan bersih ya. Pertama-tama kita warnai dulu botol sirup dengan cat acrylic warna putih. Untuk teknik pewarnaan, saya lebih suka menggunakan spon daripada kuas. Karena cat akan lebih mudah menempel dan rata pada permukaan kaca. Caranya, ambil cat secukupnya dengan spon, kemudian ditotol-totolkan pada permukaan botol. Usahakan aplikasi cat merata. Teknik ini akan menghasilkan tekstur cat seperti kulit jeruk.


2. Setelah cat pada botol kering, lanjutkan proses menempel motif. Oiya, sebelumnya gunting dulu motif yang ada pada tisu,  yang akan ditempel pada botol. Olesi bagian yang akan ditempel dengan lem menggunakan kuas. Tempelkan motif dari tisu decoupage tersebut perlahan-lahan. Proses ini butuh kehati-hatian, agar tisu melekat dengan baik dan tidak keriput.


3. Tunggu sampai lem yang melekatkan tisu pada botol kering, ya. Setelah kering sempurna, olesi permukaan tisu dengan lem. Ingat, lem pada bawah tisu harus kering sempurna, baru boleh dioles lem lagi pada atasnya. Tunggu lagi sampai lem yang diatas kering. Pada proses ini, kita boleh menggunakan alat pengering rambut. Namun, jika cuaca memungkinkan, lebih baik dikeringkan secara alami dibawah sinar marahari.

4. Setelah proses pelapisan dengan kering sempurna, lanjutkan dengan mengoleskan vernish. Saya menggunakan vernish glossy.


5. Tunggu lagi sampai vernish kering dengan sempurna. Setelah itu tinggal menghias botol sirup dengan tali rami atau goni, bisa juga dengan pita atau renda. Sesuai selera. Ini dia hasil membuat decoupage botol sirup


Nah, semoga artikel tutorial cara membuat decoupage botol sirup ini bermanfaat ya. Sampai jumpa di postingan tutorial berikutnya ^^
11 komentar on "Tutorial Membuat Decoupage Pada Media Botol"
  1. Kelihatannya menarik, mbak. Butuh kesabaran, ketelatenan, dan waktu yang cukup banyak.

    Sebenarnya saya tertarik karena ada temen yang ngajakin. Cuman masih riweuh sama bayi 3 tahun 😀.

    Tapi bolehlah artikelnya disimpan. Who knows one day I'm gonna try it.

    👍👍😘😘

    BalasHapus
  2. Cantik ya hasilnya.. sepertinya gampang banget bikinnya,bisa di coba nih dirumah.

    BalasHapus
  3. Iya ya. Jadi cakep itu botolnya. Terlihat mewah dan mahal. Eh..tadi saya pikir bunganya dilukis secara manual lho, udah mau nyerah duluan. Soalnya nggak ada bakat melukis.ternyata ditempel tisue decoupage.

    Bisa nih diajarkan ke ibu ibu pkk atau anak anak kita, biar tambah kreatif

    BalasHapus
  4. Hasil hiasan botolnya cantiikk banget. Mupeng deh liatnya. Keliahatan simple juga buatnya ya btw itu bahan-bahannya bisa dibeli dimana ya Mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, daripada botol bekas tdk terpakai, hehe. Beli di online shop banyak mbak. Ada yang paketan (starter kit), ada yg satuan

      Hapus
  5. Aduh mbak lucu bangettt jadi pingin bikin tapi apa daya aku tu gambar gambar decoupage gitu nggak bisa bagus, kayak mantan bos aku jga suka banget sampai les segala

    BalasHapus
  6. Bagus juga nih. Tapi aku sendiri gak sekreatif itu, jadi aku gak bisa deh bikin beginian.

    BalasHapus
  7. Komen saya sepertinya hilang.

    Ini bagus juga tp dasar saya gak terlalu suka sama kerjaan yg lama, saya gak bisa bikin beginian walau hasilnya bagus. Hehehe nanti deh saya coba.

    BalasHapus
  8. Super kreatif, jadinya Karen banget mbak kalau aku suka nggak telaten bikin ginian hiks

    BalasHapus
  9. Mantap ni..

    Barang bekas jadi punya nilai guna lebih..

    Biar nggak nyampah juga ya mbak

    BalasHapus
  10. Lumayan cantik juga ya kak hasil decoupage nya, bisa nih nanti dipraktikkan

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca. Ditunggu komentarnya ya..!

Custom Post Signature

Custom Post  Signature