Minggu, 15 Juli 2018

# Game Level 12 # Institut Ibu Profesional

Nakhtim, Aplikasi Untuk Khatamkan Bacaan Qur'an


Bismillahirrahmannirrahim..

Dalam sehari, berapa lama waktu yang kita habiskan untuk membaca Al Qur'an ? Kemudian, berapa banyak waktu yang kita habiskan untuk berselancar di layar smartphone? Jawaban tiap-tiap orang pasti berbeda, tapi diakui atau tidak keberadaan smartphone kerap dianggap sebagai pembuat lalai banyak orang dari ibadah. Khususnya membaca al Qur'an. Jika ada aplikasi yang bisa 'memaksa' kita membaca ayat Al Qur'an sesering kita membuka layar smartphone, pasti seru ya?

Eh, beneran ada lho!

Nama aplikasinya NAKHTIM. Dirilis tanggal 10 Desember 2017 oleh pengembang Rasoulallah.net. Nakhtim bisa membantu kita mengkhatamkan membaca Al Qur'an dengan cara yang unik. Setelah aplikasi ini terpasang, maka tampilan ayat Al Qur'an akan muncul secara otomatis setiap kita membuka smartphone. Ditampilkan per satu ayat, secara berurutan mulai Al Fatihah, Al Baqarah dan seterusnya. Nakhtim juga akan menyediakan informasi berapa ayat yang sudah kita baca dalam hari ini, dalam satu pekan dan dalan satu bulan ini. 
Oiya, sebelum mulai menggunakan aplikasi Nakhtim, kita bisa mengatur beberapa hal berikut:
  1. Pilihan apakah ingin memunculkan terjemah dari ayat yang muncul
  2. Mengubah bahasa terjemahan
  3. Mengatur waktu munculnya ayat di layar HP (sewaktu-waktu kita membuka layar HP atau pada jam yang sudah kita tentukan)


Apakah jika tampilan ayat muncul di layar, kita harus membacanya? Sebenarnya bisa di skip, langsung klik tanda silang di pojok kanan atas, tampilan akan menghilang. Tetapi kembali lagi kepada niatan kita memasang aplikasi tersebut, jika tidak untuk dibaca, mendingan nggak usah dipasang kan?
Tampilan ayat per ayat
Di layar smartphone

Rekap jumlah ayat
yang sudah kita baca


Meskipun dianggap bisa membantu mengkhatamkan Al Qur'an, namun kemunculan aplikasi Nakhtim ini juga menuai pro dan kontra. Pasalnya, sebagian ulama menganggap bahwa membaca Al Qur'an dengan cara seperti ini merupakan bid'ah. Karena tilawah Al Qur'an itu butuh isti'adzah, butuh persiapan diri, butuh kehadiran hati, dan butuh mengumpulkan niat dalam hati. Dan terkadang juga butuh khulwah (bersendirian). Juga disertai tadabbur dan kekhusyukan.

Namun, terlepas dari pro kontra yang menyelimuti, keberadaan aplikasi Nakhtim cukup bermanfaat bagi saya. Minimal membantu mengingatkan, sudahkah saya membaca Al Qur'an hari ini ?

Wallahu a'lam.

#Day9
#Tantangan10Hari
#Level12
#KuliahBunsayIIP
#KeluargaMultimedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca, yuk tinggalkan jejak dengan komentar yang santun

Follow Us @soratemplates