Teknik Pijat Bayi ala Sentuhan Cinta Johnson's



Bicara tentang pijat bayi, saya jadi teringat memori beberapa tahun silam. Waktu itu, status masih 'mahmud abas' alias mamah muda anak baru satu, hidup di perantauan hanya berdua dengan suami. Orang tua jauh, mertua apalagi. Merawat bayi (yang baru satu - satunya) serba baru belajar. Ketika suatu hari, si bayi berhari - hari rewel nggak ketulungan, atas rekomendasi tetangga kanan kiri saya membawa bayi saya ke seorang dukun pijat. Sudah datang pagi, ternyata masih antri lumayan panjang. Entah apalah yang membuat si embah dukun pijat tersebut ramai didatangi banyak orang dari berbagai daerah. Mungkin ada faktor sugesti juga. Wallahu a'lam ya, yang jelas karena ogah ngantri dan banyak faktor lainnya saya nggak pernah balik lagi ke embah itu.

Suatu ketika, tidak sengaja saya mendapatkan booklet cara memijat bayi dari produk Johnson's yang saya beli di supermarket. Oo, ternyata pijat bayi bisa dilakukan sendiri dirumah? Dari situ saya belajar melakukan pijat bayi sendiri secara otodidak hehe.. Alhamdulillah, sejak itu anak-anak ( sudah 2, bukan mahmud abas lagi :D) saya lakukan pijat sendiri di rumah.

Jika dulu saya belajar hanya melalui booklet Johnson's, nggak nyangka akhirnya saya bisa belajar langsung tentang pijat bayi bersama Johnson's.  Pas banget, karena Johnson's sedang melakukan roadshow ke 15 kota di Indonesia ( yayy, termasuk Surabaya, dong..) .

Yup, senang sekali saya bisa hadir ke acara "Pelatihan Pijat Bayi dan Manfaatnya Bagi Tumbuh Kembang si Kecil" dimana saya bisa bertemu langsung dengan pakar tumbuh kembang anak dan pijat bayi. Ada dr. Dyah Retno Wulan, Sp. A dan bunda Gina Puspanti Anggraeni, seorang instruktur pijat bayi bersertifikat. Acaranya diadakan tanggal 6 April 2019 kemarin, di Ibis Style Hotel, Jalan Jemursari 110-112 Surabaya dan merupakan kerjasama Johnson's dan The Urban Mama ( TUM ).


Memasuki venue acara, saya tercengang melihat tampilan History of Touch yang terbentang di depan ruang acara. Ternyata sejarah sentuhan cinta Johnson's ini sudah dimulai sejak tahun 1975. Ya, memang faktanya pijat bayi yang dulu terkesan tradisional, kini sudah menjadi ritual perawatan bayi yang modern. Dan Johnson's senantiasa setia memperkenalkan, mengajarkan dan mendampingi para ibu memahami bagaimana teknik pijat bayi yang baik dan benar.

Oiya, sebelum memasuki ruangan acara, saya disodori sebuah kertas untuk menuliskan dukungan pada program Sentuhan Cinta yang sedang dilakukan oleh Johnson's yaitu pembangunan sarana kesehatan ibu dan anak ( semacam posyandu ) di Randusongo - Gresik, Jawa Timur. Eh, kita juga bisa lho turut berpartisipasi pada program Sentuhan Cinta ini melalui donasi . Karena Johnson's akan menyisihkan donasi sebesar Rp. 500,- ( lima ratus rupiah ) pada setiap pembelian produk berikut :
  • Pembelian produk Johnson's di Alfamart dan Shopee senilai minimun Rp. 25.000,-
  • Pembelian produk Johnson's oil 125 ml atau Top-to-Toe Bath 400 ml atau Baby Lotion 200 ml di toko-toko lainnya yang berpartisipasi dalam program Sentuhan Cinta

Kenapa sih, Johnson's concern banget dalam memperkenalkan Sentuhan Cinta kepada masyarakat khususnya ibu - ibu ?

Karena, ternyata nih.. pada periode emas bayi yaitu 1000 hari pertama, masa dimana pertumbuhan yang diperoleh dalam masa ini sangat berpengaruh pada perkembangan berikutnya sampai beranjak dewasa, bayi tidak hanya memerlukan nutrisi yang cukup. Tetapi juga perlu mendapatkan afeksi melalui sentuhan ibu. Nah, sentuhan Ibu tentu saja melalui ritual pijat bayi ini.

Dengan program Sentuhan Cinta, Johnson's mendorong para Ibu untuk terus meningkatkan kesadaran mengenai pentingnya sentuhan pada bayi. Dalam menjalankan program ini, Johnson's juga bekerja sama dengan Habitat for Humanity, Alfamart dan Shopee.

Pelatihan Pijat Bayi  pada progran Kampanye SentuhN Cinta

Jadi,setelah mengikuti pelatihan pijat bayi ini, 'oleh-oleh' apa yang saya dapat ? Banyaaak, insyaa Allah bermanfaat banget..

Manfaat Pijat Bayi 


  1. Pijat bayi ternyata dapat meningkatkan kesehatan psikologis bayi ! Jika kesehatan psikologisnya bagus, saluran pencernaan pun menjadi lancar dan makanan dapat diserap dengan baik. Selain itu, pijat bayi juga bermanfaat untuk mengingkatkan imunitas bayi dan kepadatan mineral tulang. 
  2. Sentuhan cinta melalui pijat bayi juga berpengaruh terhadap sistem syaraf - stimulasi sensorik terbukti mampu membantu otak bayi untuk berkembang dan bekerja lebih cepat. 
  3. Pijat bayi dapat mengurangi kerewelan bayi dan meningkatkan kesehatan juga kesejahteraan bayi. Bayi yang terbiasa dipijat akan mudah bersosialisasi, mudah melakukan kontak mata dan ramah jika bertemu orang lain
  4. Dapat meningkatkan kualitas dan durasi tidur pada bayi
Nah, jadi paham sekarang kan, kenapa ibu - ibu kita jaman dulu dikit - dikit ke dukun bayi. Bayi nggak mau makan, dipijat. Bayi sering sakit, dipijat. Ternyata begitu penjelasan ilmiahnya.


Teknik Pijat bayi ala Sentuhan Cinta Johnson's

Dalam kampanye Sentuhan Cinta ini, Johnson's membawa 22 orang Tim Edukasi Profesional -nya untuk mendukung dan memastikan bayi di Indonesia sudah mendapatkan perawatan yang terbaik sehingga tumbuh kembangnya dapat berjalan secara optimal. Lalu, bagaimana teknik pijat bayi yang baik dan benar ? Ada 6 tahapan pijatan yang bisa dilakukan pada bayi, yaitu :

1. Pijatan wajah.
Pijatan wajah dilakukan dengan tekanan yang sangat ringan dengan menggunakan ibu jari kanan dan kiri. Ada 5 tahap dalam pijatan wajah
  • Caress Love, sentuhan dengan ibu jari dari dahi ke arah samping wajah
  • Relax, pijatan lembut pada alis
  • Circle Down, pijatan dari sudut mata bagian dalam ke pangkal hidung sampai ke tulang pipi
  • Smile, pijatan menyerupai garis senyum yaitu dari atas mulut bayi menuju pipi
  • Cute, pijatan bagian belakang telinga menuju dagu
2. Pijatan dada, tahap - tahapnya sebagai berikut :
  • Butterfly, gerakan menyerupai sayap kupu - kupu 
  • Cross, pijatan membentuk tanda silang bergantian pada area dada
3. Pijatan perut
  • Mengayuh, gerakan memijat dari atas perut ke bawah dengan dua tangan secara bergantian.
  • Bulan dan matahari, gerakan memutar dengan menggunakan dua tangan bergantian dan tidak terputus, mulai dari kiri searah jarum jam
  • I Love You, gerakan seperti membuat huruf I, L terbalik dan U terbalik
  • Walking Fingers, jari-jari berjalan diatas perut, mulai dari kiri bergerak searah jarum jam
  • Relax, gerakan mengangkat kaki sampai mengenai perut
4. Pijatan Tangan
  • Milking, gerakan seperti memerah, dilakukan secara lembut dari pangkal tangan bagian atas sampai pergelangan.
  • Rolling, gerakan menggulung dari pangkal lengan menuju pergelangan tangan
  • Squeezing, gerakan seperti memeras kain, dilakukan dari pangkal lengan ke pergelangan
  • Thumb after thumb,gerakan memijat pada telapak dan punggung tangan
  • Spiral, gerakan memutas pada telapak dan punggung tangan
  • Finger shake, pijatan pada jari
  • Relax,gerakan mempertemukan tangan dan kaku secara bersilang
5. Pijatan kaki,  memiliki tahapan gerakan yang sama dengan pijatan tangan, namun dilakukan pada kaki

6. Pijatan Punggung
  • Go back forward, gerakan memijat maju mundur
  • Slip, gerakan memijat meluncur
  • Mengayuh, 
  • Spiral, gerakan memijat memutar
  • Menggaruk
Sudah cukup jelas kan, penjelasan tentang cara pijat bayi ? Atau masih ada yang penasaran? Untuk lebih jelasnya teman-teman bisa mengunjungi web Johnson's Baby karena disana ada informasi lengkap tentang cara pijat bayi dengan gambar. Juga informasi mengenai produk lengkapnya.


Tips Memijat bayi
Setelah mengetahui teknik memijat, ada baiknya kita juga memperhatikan tips berikut :
  1. Perhatikan tekanan tangan kita. Cara mengukur kekuatan tekanan pada bayi, adalah sama halnya jika kita menekan bola mata. Pejamkan mata, lalu tekan bola mata. Batas maksimal ketika mata tidak merasa sakit, kurang lebih seperti itulah tekanan yang diberikan saat memijat bayi
  2. Ulangi gerakan dengan ritme 8x hitungan
  3. Ajak bayi berkomunikasi, lakukan eye contact dan selalu tersenyum saat melakukan pijatan.
  4. Gerakan tidak harus selalu selesai dari awal sampai akhir. Jika kondisi bayi tidak kondusif untuk dipijat ( misal rewel, mengantuk atau lapar ) hentikan pijatan. Dan lanjutkan gerakan yg tertunda ketika bayi siap untuk dipijat lagi
  5. Gunakan produk berkualitas seperti baby oil atau baby lotion Johnson's yang mengandung mineral alami. Gunakan baby oil jika pijat dilakukan sebelum mandi, dan gunakan baby lotion jika pijat dilakukan menjelang tidur.
Seluruh peserta pelatihan berfoto bersama narsum dan instruktur di akhir acara
Bagaimana, sudah siap memijat sendiri ?
Semoga oleh-oleh saya dari pelatihan pijat bayi bersama Johnson's bermanfaat ya.. 

Posting Komentar

6 Komentar

  1. Kok aku kepingin jadi bayi ya biar dipijat

    BalasHapus
  2. Mahmud abas, hahaha saya baru istilah itu mbak,. Saya suka acara yg digelar Johnson, benar benar memberi pengetahuan tentang pijat memijat yang bisa membantu tumbuh kembang bayi. Kereen.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha, skrg udah gak mahmud lg mbak...
      Iya bener, acaranya sangat berfaedah ya

      Hapus
  3. Wah lengkap panduan pijat bayinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oleh2 belajar sama johnson's mb Han.. Alhamdulillah

      Hapus

Haloo, terima kasih sudah membaca ! Jika kalian mempunyai pertanyaan terkait artikel ini, silakan drop pertanyaan di kolom komentar, bukan melalui media sosial. Jangan gunakan profil 'unknown' ya .. ( maaf banget niih, komentar 'unknown' dan meninggalkan link hidup tidak saya tampilkan )