Pohong Keju Cakfen, Produk Olahan Singkong UMKM Sidoarjo - diarynovri

Rabu, 21 April 2021

Pohong Keju Cakfen, Produk Olahan Singkong UMKM Sidoarjo

pohong keju cakfen sidoarjo


Pohong*)  bisa dibilang merupakan makanan populer di Indonesia. Jika kita diminta menyebutkan 5 nama makanan olahan dari pohong, pasti kita bisa menyebutkan dengan mata tertutup. Keripik pohong, tape, gethuk, tiwul eh baru 4.. apa lagi ya.., oiya pohong keju !

Apa itu pohong keju, apakah pohong digoreng ditabur keju ? Bukaan.. hehe. Pohong keju adalah sebutan untuk olahan pohong yang saking gurih dan ngeprulnya jadi seperti berasa ada rasa  kejunya. Saya baru mengenal pohong keju di Sidoarjo ini, sebab jika di daerah asal saya pohong biasanya ya cuma digoreng, direbus atau dikukus.

Ngomongin soal pohong keju belum lama ini saya menemukan pohong keju yang enak banget. Namanya,  Pohong Keju Cakfen.  Pohong Keju Cakfen merupakan olahan pohong dengan bumbu gurih dan tekstur empuk. Saya senang, karena produk ini praktis, nggak perlu mengupas, mengolah membumbui saya sudah bisa menikmati jajanan pohong keju yang nge hits. Pohong Keju Cakfen dijual dalam bentuk beku langsung siap olah, bisa dikukus atau digoreng. Tentunya anti gagal dan anti ribet. 

Kelebihan Pohong Keju Cakfen


Pohong atau singkong mempunyai kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Karena dalam pohong, terdapat karbohidrat, protein, serat, mineral termasuk kalium, magnesium, fosfor dan kalsium, juga vitamin yaitu vitamin C dan vitamin A.

Karenanya, mengonsumsi pohong atau singkong juga baik untuk kesehatan. Manfaat pohong bagi kesehatan antara lain**) :

  1. Sebagai sumber energi. Dalam 100 gram pohong terkandung kalori yang cukup tinggi, yaitu 110-150 kalori. Ini lebih tinggi daripada kentang dan umbi-umbian lainnya. Karena itu, mengonsumsi singkong akan memberikan energi ekstra untuk menjalani aktivitas sehari-hari.
  2. Sebagai sumber serat dan karbohidrat kompleks. Kedua nutrisi ini berfungsi untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan, mengurangi resiko peradangan dan mengendalikan gula darah.
  3. Mempunyai kandungan antioksidan yang baik, yaitu kandungan vitamin C, vitamin A dan beta karoten. Ketiganya merupakan antioksidan yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari efek radikal bebas, mencegah penyakit jantung dan mengatasi kerutan di kulit. Sedangkan beta karoten berfungsi untuk meingkatkan daya tahan tubuh, mencegah kekambuhan gejala asma, mengurangi risiko kanker serta baik untuk kesehatan kulit dan mata.

pohong keju cakfen
Menikmati pohong keju Cakfen
sembari merampungkan pekerjaan online ( foto dokumen pribadi )

Selain banyaknya manfaat pohong itu sendiri, Pohong Keju Cakfen juga mempunyai banyak kelebihan yang membuat saya ingin merekomendasikan produk ini kepada sahabat Diarynovri

  • Pohong Keju Cakfen terbuat dari singkong pilihan
  • Tekstur Pohong Keju Cakfen yang sangat empuk, atau medhuk istilahnya bahasa jawa timurannya, sehingga bisa dinikmati segala kalangan usia, mulai balita hingga lansia.
  • Pohon Keju Cakfen merupakan produk home industry, yang diproduksi secara higienis dan tanpa bahan pengawet
  • Rasa gurih Pohong Keju Cakfen bikin nagih ! 
  • Kemasan eye catching, membuat produk ini layak menjadi oleh-oleh untuk kerabat di luar kota atau menjadi buah tangan ketika berkunjung ke sahabat atau famili.
  • Sudah bersertifikat HALAL
  • Harga terjangkau


Cara Menikmati Pohong Keju Cakfen

Pohong Keju Cakfen dikemas dalam wall thin dan disimpan dalam keadaan beku agar terjaga kesegarannya.Sebelum digoreng, lakukan thawing***) terlebih dahulu. Agar produk  Pohong Keju Cakfen tidak rusak, sebaiknya thawing dilakukan dengan memindahkan produk Pohong Keju Cakfen dari freezer ke dalam chiller, atau dengan membiarkan Pohong Keju Cakfen berada pada suhu ruang sekitar 2-3 jam sebelum digoreng.

Bagaimana jika terburu-buru ingin menikmati? Jangan khawatir, Pohong Keju Cakfen bisa juga dengan cara langsung dikukus dalam keadaan beku. Ini tidak akan mengurangi cita rasa Pohong Keju Cakfen, karena digoreng atau dikukus, tetap seperti tagline nya Gurih Dirasa Mantap Disantap

Sekilas Tentang Pohong Keju Cakfen

Pohong Keju Cakfen merupakan produk UMKM Kabupaten Sidoarjo yang didirikan oleh Cak Ahmad Effendi, atau yang lebih akrab disapa Cak Fendi. Usaha Pohong Keju Cakfen ini mulai dirintis oleh Cak Fendi sejak tahun 2018. 

Selain mempunyai ciri khas tekstur yang medhuk, Pohong Keju Cakfen juga memiliki kemasan yang eye catching  dengan dominan warna kuning cerah.  Dikemas dalam kemasan tepak atau thin wall seberat 600 gram per pack nya dan dibandrol seharga 15.000 rupiah saja. 

Workshop dan offline store Pohong Keju Cakfen berada di Gedangan Sidoarjo, tapi jangan khawatir, Pohong Keju Cakfen juga bisa melayani pemesanan secara  online kok. Untuk pemesanan atau reseller silakan menghubungi Cak Fendi di nomor whatsApp  082285178857 / 083857015301. Sedangkan untuk etalase online, teman-teman bisa mengunjungi akun instagram Pohong Keju Cakfen di alamat akun IG @pohongkeju_cakfen

Selama bulan Ramadhan ini, Pohong Keju Cakfen membuka booth di Puri Surya Jaya, Gedangan yang melayani penjualan Pohong Keju Cakfen siap santap setiap hari pada jam setelah Ashar sampai menjelang Maghrib, pas ketika waktu berbuka puasa. Wah, tentu nikmat sekali ya berbuka puasa dengan gurihnya pohong keju yang cocok dengan minuman hangat maupun dingin. 


Catatan kaki :

*) Pohong adalah nama lain dari singkong atau ubi kayu. Nama ini populer di wilayah Jawa Timur. Ada juga yang menuliskan pohung, atau puhung
**) Manfaat pohong / singkong bagi kesehatan, sumber www.alodokter.com
***) Thawing merupakan proses mencairkan bahan makanan yang beku, Biasanya daging atau ikan. Thawing dilakukan untuk memudahkan proses memasak, juga untuk menjaga kualitas dan cita rasa bahan makanan tersebut.

9 komentar:

  1. Aku baru tau loh kak Pohong keju ini dan unik banget ya bikin penasaran deh

    BalasHapus
  2. Pohong itu singkong Kan,ya? Namanya belum familier buat saya Yang orang Sunda. Selama ini olahannya direbus atau digoreng aja. Enak kayanya ya. Jadi pengen makan singkong keju.

    BalasHapus
  3. saya suka juga dengan olahan ubi seeprti ini, wah apalagi dicampur keju enak banget pastinya

    BalasHapus
  4. Sekilas aku bacanya pohon... hahahaha. Setelah tahu, wow... kesukaan aku nih Mba. Direbus gitu aja aku suka apalagi dikasih keju macam gini. Love banget.

    BalasHapus
  5. baru tahu sebutan pohong ini buat singkong. kalau di tempatku namanya gumbili. hihi. memang kalau singkong banyak banget ya, mbak olahannya. enak juga rasanya

    BalasHapus
  6. Dari membaca dan melihat gambarnya, saya memahami bahwa pohong adalah ubi kayu. Dari catatan kaki, ternyata pohong adalah bahasa Jawa ya, pantesan ngga ada di tempat saya, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi.. iya mba di Jawa ada yang bilang pohong, pohung, atau puung.. beda2 lidah tiap2 daerah.. mba Khairunnisa tinggal dimana ?

      Hapus
    2. Saya tinggal di Kalsel. Kami biasa menyebutnya gumbili.

      Hapus
    3. Wah unik ya mba, desa mawa cara, lain daerah lain istilah. Di Jawa ada yg mirip namanya gembili, sama-sama tanaman umbi akar, tapo rasa dan teksturnya beda dengan pohung. Gembili cenderung plain rasanya.

      Hapus

Terima kasih sudah membaca. Jika kalian mempunyai pertanyaan terkait artikel ini, silakan drop pertanyaan di kolom komentar, bukan melalui private chat atau media sosial.
Thank you!