IDN Live dan Program IDN Live Streamer Fund dari IDN App, Bagi-bagi Cuan 50 Miliar Untuk Streamer - DIARYNOVRI

Rabu, 27 April 2022

IDN Live dan Program IDN Live Streamer Fund dari IDN App, Bagi-bagi Cuan 50 Miliar Untuk Streamer


Idn live streaming fund 50 miliar


Mempunyai 2 anak gadis yang beranjak remaja, adalah fase pengasuhan yang sedang saya jalani saat ini. Si kakak, baru saja berulang tahun ke 14 awal April lalu dan si adik insyaAllah akan genap 11 tahun nanti di bulan September 2022. Kalau saja nggak ingat tagihan SPP setiap bulan, rasanya mau bilang 'nggak terasa yaa, tau-tau anak-anak sudah gede...' hahaa.. Untungnya bayaran sekolah tiap bulan mengingatkan saya bahwa perjalanan membesarkan anak bukan sebuah perjalanan yang singkat. ( just kidding guys, tapi serius.. ) 


Mendampingi anak pada fase remaja banyak sekali tantangannya. Yang paling nyata, dan nampaknya bukan hanya terjadi pada saya, tetapi sudah menjadi masalah seribu umat, yaitu kecenderungan pemakaian gawai yang berlebihan. Dipicu kondisi pandemi pada 2 tahun terakhir ini, mau nggak mau, anak-anak semakin akrab dengan gawai. Sudahlah sekolah online bertatapan dengan gawai, waktu istirahatpun yang seharusnya bisa mengistirahatkan mata, masih juga mantengin layar gawai. Jika ditegur alasannya, hari ini aku belum 'main'. Padahal screen time di jam sekolah saja sudah 3 jam lebih. 

Alih-alih melarang, saya mencoba berdamai dengan keadaan. Memahami apa yang diinginkan anak-anak zaman now ini. Perkembangan dunia komunikasi yang melaju dengan pesat, membuat saya sebagai orang tua acapkali terseok-seok bahkan tertinggal jauh jika tidak melecut diri agar mampu mengikuti perkembangan zaman. Ya, beda usia kami yang hampir 3 dekade ini rentan sekali menimbulkan gap. Saya harus stay update dengan info terkini, nyambung diajak ngobrol juga mampu berperan sebagai filter ketika anak-anak berhadapan dengan konten negatif atau menerima informasi palsu alias hoax. Huff.... seberat itu tugas orang tua zaman now ? Ah, untungnya saya mengenal IDN App sebuah aplikasi berita bagi kaum milenial dan gen Z. IDN App menawarkan sebuah konsep yang berbeda dengan informasi-informasi segar, up to date dan menginspirasi namun tetap memprioritaskan kebutuhan informasi bagi kalangan milenial dan gen Z.

Ketika anak gadis ini ketika menceritakan film favoritnya atau info-info yang sedang jadi topik trend di dunia maya, wajahnya sontak berbinar ketika saya nyambung dengan apa yang diceritakannya. 

"Mama tahuu..???"
"Ya tahu dwong.., mama kan gaul..hehehe.." 

Begitulah, padahal dibalik itu ada IDN App yang membantu saya tetap update dengan berita terkini. 


Sekilas tentang IDN App

IDN App adalah sebuah aplikasi baca berita yang diluncurkan oleh IDN Media pada 16 Juni 2020. Sebelumnya, IDN Media yang digawangi oleh William dan Winston Utomo ini telah membesut IDN Times sejak 8 Juni 2014. Kemudian IDN App hadir dengan mengusung konsep yang lebih fresh dan cocok untuk milenials dan gen Z. Ada banyak kategori informasi yang bisa diakses diantaranya berita politik, olahraga, informasi selebriti sampai quiz dan kpop juga ada. Dengan berat hanya sekitar 13.5 MB, IDN App terbilang ringan untuk sebuah aplikasi baca berita. Beberapa kelebihan IDN App yang membuat saya betah menginstallnya di smartphone antara lain :

  1. Tampilan newsfeed yang nyaman dilihat
  2. Topik berita yang sangat beragam
  3. Mudah mengakses berita yang diinginkan
  4. Nggak ada iklan yang mengganggu.

Baru-baru ini, IDN App juga meluncurkan fitur barunya yaitu IDN Live. Mari kita kulik ada apa saja di fitur IDN Live ini.


IDN Live, Fitur Terbaru dari IDN App

Fenomena konten video mulai membanjiri media sosial sekitar 2015 - 2016, kemudian dilanjutkan dengan tren live streaming pada era 2017 an. Hampir semua platform media sosial berlomba menyajikan fitur live streaming andalan masing - masing. IDN App sebagai portal berita yang menyasar milenial dan gen Z pastinya nggak mau ketinggalan juga menampilkan fitur terbarunya yaitu IDN Live.

IDN Live menampilkan konten live streaming, yaitu sebuah konten yang dibuat dengan menampilkan kegiatan secara langsung yang direkam oleh kamera. Jika dulu saya hanya mengenal tayangan live balapan motor, atau sepakbola ( haha.. ) dari para streamer -orang yang melakukan live streaming- ini saya melihat banyak sekali ragam konten yang dihadirkan di IDN Live. Para streamer membuat konten live streaming sesuai ciri khas dan keahlian masing - masing. Ada tutorial make up, komedi, nyanyi bareng, memasak, sharing seputar parenting dan banyak lagi yang lainnya.


foto : dok IDN Media

Jujur, sebelumnya saya nggak terlalu antusias dengan fitur live-live an di media sosial, tetapi sebagai pengguna setia IDN App, jadinya penasaran juga nih ada apa di IDN Live. Iseng-iseng sambil rebahan nge klik konten live streaming ibu-ibu yang lagi beberes, haha.. Lucu sih, ketika tau-tau streamernya menyapa nama akun saya.. kaget euy.. haha..

Memang salah satu daya tarik dari konten live streaming ini memang penonton bisa berinteraksi langsung dengan streamer favorit. Streamer juga bisa menanggapi pesan kita yang muncul di live chat. Kebayang nggak sih, jika kita nonton live streaming selebriti atau publik figur idola kita, pasti seneng banget kan disapa idola 😍

foto dok IDN Media

Agar interaksi antara streamer dan penonton semakin menarik, IDN Live juga menyediakan fiur lainnya yaitu virtual gift. Penonton bisa memberikan virtual gift sebagai bentuk apresiasi untuk streamer dan di IDN Live ini tampilan virtual gift didesain dengan kearifan lokal khas Indonesia. Lucu banget, ada makanan Nusantara seperti rawon dan sate, hewan khas Indonesia seperti komodo dan cendrawasih. Selain itu ada virtual gift ala crazy rich yaitu jet pribadi, motor sport dan masih banyak lagi yang lainnya.

Virtual gift ini bisa didapatkan dari jumlah gold yang kita miliki. Jadi saat awal kita mendaftarkan akun IDN Live kita akan dapat gratis sejumlah gold. Jika butuh lebih banyak gold lagi, kita bisa melakukan top up gold sesuai kebutuhan. Pembayaran top up gold bisa melalui Google Play Store atau App Store.


foto dok IDN Media

Gimana gimana, makin penasaran kan pengen nonton IDN Live ? Pastinya kalian harus unduh dulu aplikasi IDN App melalui Google Play Store atau App Store. Kemudian daftarkan akun kamu di IDN App, langsung tuh muncul menu IDN Live di beranda IDN App. Kita bisa menyaksikan konten live streaming gratis, asal ada kuota internet ya, hehe

foto dok IDN Media

Tertarik menjadi streamer ? Why not...di IDN Live terbuka lebar kesempatan untuk menjadi streamer. Jadi buat kamu yang hobi action di depan kamera, punya hobi atau skill yang bisa dibagikan kepada orang lain, buruan daftarkan diri kamu untuk menjadi streamer di IDN Live. Isi data diri pada formulir yang disediakan, kemudian tim IDN Live akan menghubungi untuk proses selanjutnya. Dengan bergabung sebagai streamer di IDN Live kamu berkesempatan mengikuti program IDN Live Streamer Fund 50 Miliar loh...!
foto dok IDN Media


IDN Live Streamer Fund 50 Miliar

Cuan 50 Miliar ? Hemm... siapa yang nolak? hehee.. Program ini khusus buat kalian yang aktif dan kreatif melakukan konten live streaming di IDN Live. Yup, ini adalah program apresiasi dari IDN Media untuk para streamer sebagai reward atas kerja keras dan kreatifitasnya. Pihak IDN berharap, semua streamer berkesempatan meraup penghasilan melalui konten mereka di IDN Live dengan menampilkan apa yang menjadi passion dalam konten-konten yang ditampilkannya.


Bagaimana, tertarik ? Bisa kok, karena program IDN Live Streamer Fund 50 Miliar terbuka bagi siapa saja asalkan memenuhi syarat-syarat sebagai berikut :

  1. Usia minimal 18 tahun dan tinggal di Indonesia
  2. Punya minimal 100 follower di IDN App
  3. Rajin melakukan live streaming, konsisten setiap hari
  4. Menyebarkan konten positif
  5. Memiliki konten yang kreatif, otentik dan ide-ide yang orisinil
  6. Memenuhi persyaratan yang ada pada guideline IDN Live


Tidak ada batasan jumlah streamer, jadi selama memenuhi syarat-syarat diatas siapa saja boleh gabung menjadi IDN Live Streamer. Income yang dapat diperoleh setiap streamer dihitung melalui kombinasi faktor; termasuk jumlah jam streaming dan pemirsa, tingkat keterlibatan obrolan dan hadiah virtual, dan banyak faktor lainnya.



Selain berkesempatan mendapatkan income melalui IDN Live Streamer Fund 50 Miliar, streamer juga akan mendapatkan keuntungan tambahan lainnya, yaitu :


1. Media Coverage and Exposure

Streamer akan mendapatkan liputan media, strategi promosi, dan iklan berbayar di seluruh jaringan IDN Media, seperti IDN Times, Popbela, Popmama, dan lainnya.


2. Akses ke Studio IDN Media

Streamer bisa menggunakan studio profesional IDN Media yang ada di kantor Jakarta dan Surabaya. Wuiih.. ciamik soro.. keren nggak tuh, secara studio profesional IDN Media pastinya lengkap kan. Streamer bisa menggunakan fasilitas yang tersedia untuk mendukung konten, seperti kamera, tripod, mikrofon, mixer, lighting, green screen dan sebagainya.


3. Training and Mentorship

Streamer akan mendapatkan pelatihan dan pendampingan secara ekstensif dari tim IDN Media.


4. Brand Sponsorship

Wah, ini dia.. streamer juga akan berkesempatan mendapatkan sponsorship dari brand yang difasilitasi oleh ICE.



Nah, gimana ? Sudah kebayang kan gurihnya cuan IDN Live Streamer Fund 50 Miliar ? Rugi kalau nggak daftar.. Segera jelajahi IDN App, nikmati IDN Live dan raup income melalui IDN Live Streamer Fund 50 Miliar ! Semoga info ini bermanfaat ya..





6 komentar:

  1. Sebelumnya saya tahu IDN itu untuk wadah para blogger menulis, nah ternyata bisa utk streaming juga. Saya pribadi mau coba daftar utk branding gitu. Tapi memang harus melalui seleksi ya

    BalasHapus
  2. Masyaallah hadiahnya bukan main ini, Mba. Insaallah bermanfaat infonya bagi yang membutuhkannya ya, terima kasih banyak buat infonya. Aku jadi tahu dan tertarik nih

    BalasHapus
  3. semakin beragam saja ya, mbak konten dari dunia digital ini. Saya juga kemarin ada nyoba nonton live streaming di IDN app ini lumayan asyik juga ya ngobrol sama streamernya

    BalasHapus
  4. Sejak ada ID Live Stream, streaming semakin asik dan bagi sang pembuat konten pun semakin semangat karena ada penghasilan yang bisa diperoleh dari konten kreatifnya.
    Semoga semakin bertaburan konten positif yang mengedukasi.

    BalasHapus
  5. Kupikir IDN itu cuma sebatas aplikasi berita aja. Ternyata bisa dapat cuan dari IDN juga yaa dengan jadi streamer. Mau coba aah

    BalasHapus
  6. Iya ya, Mbak. Kalau anak sudah beranjak jadi remaja, harus bisa imbangi arus infonya.

    Saya nyobain juga IDN App. Wah betul-betul beri ruang untuk para milenial ketika live streaming di IDN live

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca. Jika kalian mempunyai pertanyaan terkait artikel ini, silakan drop pertanyaan di kolom komentar, bukan melalui private chat atau media sosial.
Thank you!