Resep Anti Gagal KRAFT Crolette, Sajian Praktis Dengan Budget Minimalis - DIARYNOVRI

Senin, 04 April 2022

Resep Anti Gagal KRAFT Crolette, Sajian Praktis Dengan Budget Minimalis



KRAFT Crolette

"Mamah, makan apa kita hari ini ?"

Tanya Wecha, anak ragil saya. Belum saya jawab, biasanya dia sudah menebak. "Telur ?"

Hehe, memang benar, telur ! 


Telur adalah jalan ninja saya untuk menu makanan sehari-hari. Serbaguna, mudah diolah, rasanya enak dan harganya relatif terjangkau. Tidak hanya itu, telur juga mempunyai kandungan gizi yang lengkap karena mengandung hampir semua zat gizi makro dan mikro.

 

Bocah 10 tahun itu paham jika Mamanya lagi banyak deadline dan nggak keliatan 'ewuh' di dapur, pasti makannya lauk telur. Segala bentuk olahan telur sampai hafal. Ceplok, orak-arik, dadar, dadar sosis, semur. Biasanya dia lebih suka telur ceplok, sementara Icha, kakaknya, lebih suka telur dadar ditambah potongan sosis kecil-kecil. Mereka bahkan sudah terampil membuat olahan telur versi favoritnya masing-masing.


Saya mencoba mencari kreasi menu berbahan telur yang lain sebagai antisipasi sewaktu-waktu mereka mulai bosan dengan olahan telur yang itu-itu aja. Seliweran di beranda instagram, postingan video menu baru dari Keju KRAFT, KRAFT Crolette. Resepnya simple hanya 2 bahan utama, yaitu keju KRAFT Cheddar dan telur. Wah, ini dia yang saya cari..! Apalagi anak-anak juga suka banget sama keju KRAFT, pasti suka dengan menu ini.


Penampakan KRAFT Crolette terlihat menggoda, bagian bawah ada telur dadar diatasnya ada bentuk seperti mahkota dari keju yang krispi, duh kebayang kan gurih renyah kejunya. Usut punya usut, Crolette adalah singkatan dari crown dan omelette. Crown artinya mahkota, dan omelette artinya telur dadar. Keren banget idenya. Setelah saya kalkulasi ternyata biaya yang dibutuhkan untuk membuat KRAFT Crolette ini terbilang low budget. Keju KRAFT Cheddar Mini biasa saya beli di warung langganan harganya 5500 rupiah, untuk 2 butir telur saat ini kurang lebih 3000 rupiah ( dengan asumsi harga telur saat ini 24.000 rupiah per kilogram ), bahan lain yaitu sejumput garam, lada bubuk, sesendok minyak goreng plus kebutuhan LPG untuk memasak, anggaplah 1000 rupiah saja. Total biaya hanya 9500 rupiah ! 


bahan-bahan KRAFT Crolette

Cek stok telur dan bahan pelengkap lain di dapur, aman, langsung deh otewe beli keju KRAFT Cheddar Mini di warung tetangga. Gaskaan, mari kita re cook KRAFT Crolette..!

Resep dan Cara Membuat Kraft Crolette

Resep original KRAFT Crolette sangat simple, hanya keju KRAFT Cheddar dan 2 butir telur. Supaya telur dadarnya berasa lebih gurih saya tambahkan sedikit garam dan lada bubuk.  Untuk 1 resep dengan 2 butir telur disarankan memakai keju KRAFT Cheddar Mini ukuran 30 gram. Jadi kalau mau bikin 2 resep kita gunakan 4 butir telur dan keju KRAFT Cheddar Mini nya 2 buah. Tapi sebenarnya untuk takaran kejunya ini bebas sih, bisa juga memakai keju KRAFT Cheddar yang ukuran 160 gram. Apalagi jika teman-teman suka keju yang melimpah, sisa kejunya bisa dipakai sebagai topping taburan keju parut diatasnya.


KRAFT Cheddar Mini
Keju Kraft Cheddar Mini 30 gram

Resep KRAFT Crolette

Ini dia resep KRAFT Crolette ala saya :

  • 1 buah keju KRAFT Cheddar Mini 30 gram
  • 2 butir telur ayam
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh lada bubuk
  • 1 sendok makan minyak goreng
membuat KRAFT Crolette
Bahan-bahan untuk membuat Kraft Crolette

Cara Membuat KRAFT Crolette

  1. Kocok telur, garam dan lada bubuk menggunakan kocokan tangan / whisker sampai mengembang 
  2. Siapkan wajan anti lengket, tuang minyak goreng lalu panaskan
  3. Setelah wajan cukup panas, tuang telur ke wajan, buat dadar telur dan dilipat, kemudian sisihkan
  4. Bersihkan wajan dari sisa minyak, kemudian panaskan sebentar. 
  5. Parut keju KRAFT Cheddar Mini diatas wajan, kemudian letakkan dadar telur ditengah-tengahnya.
  6. Tunggu hingga parutan keju KRAFT Cheddar Mini mulai leleh dan melekat satu sama lain, kemudian angkat pelan-pelan
  7. Ketika dadar telur diangkat, bagian keju yang tidak terkena telur dadar akan turun, biarkan sebentar sampai bagian tersebut mengeras.
  8. Setelah keju mengeras, letakkan dadar telur dan keju diatas piring dengan posisi terbalik. 
  9. Tadaaa, we got beautiful cheese crown on omelette.. !
Lebih jelasnya, bisa cek video step by step nya di postingan reel Instagram ini ya..


Kandungan Nutrisi Dalam 1 Porsi KRAFT Crolette

Dalam sekejap KRAFT Crolette yang saya buat habis diserbu anak-anak. Langsung dimakan gitu aja tanpa nasi. Karena ada kejunya kata mereka lebih enak buat cemilan. Ya nggak apa-apa sih, kalau cemilannya seperti ini kan termasuk cemilan sehat. Apalagi bahan utama keju KRAFT Cheddar sudah sesuai dengan kriteria #KejuAsliCheck yaitu berbahan baku keju cheddar di urutan pertama. Jadi bukan keju abal-abal yang isinya tepung dan air. Klaim nutrisi yang ditampilkan pada kemasan, keju KRAFT Cheddar mengandung nutrisi Calcimilk yang kaya akan kalsium, protein dan vitamin D. 


kandungan nutrisi KRAFT Crolette
kandungan nutrisi KRAFT Cheddar dan 2 butir telur

Sementara itu telur juga mengandung segudang nutrisi yang nggak kalah baiknya untuk kesehatan. Pada 2 butir telur ayam ras terkandung nutrisi yaitu energi / kalori ( 154 kkal ), protein ( 12,4 gram ), lemak ( 10,8 gram ), karbohidrat ( 0,7 gram ), kalsium ( 86 mg ), fosfor ( 258 mg ), zat besi ( 3 mg ), kalium ( 118,5 mg ), natrium ( 142 mg ). Untuk kandungan vitaminnya, telur memiliki vitamin A sebesar 104 mikrogram, vitamin B1 ( tiamin ) 0,12 miligram, vitamin B2 ( riboflavin ) 0,38 miligram. 

Dengan kandungan KRAFT Cheddar yang tinggi protein dan kalsium, menu KRAFT Crolette ini dapat memenuhi 50% kebutuhan protein harian dan 40% kebutuhan kalsium. Ditambah nutrisi dan vitamin dari telur sangat baik untuk kesehatan, terutama untuk anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. 


Tips Anti Gagal Membuat KRAFT Crolette

Membuat KRAFT Crolette ini gampang-gampang susah. Tantangan terberatnya adalah ketika membuat  crown. Ssst, saya baru berhasil membuat crown nya tegak di eksekusi yang ke 3, hehee... Tapi bisa dibilang, resep ini juga anti gagal karena meskipun bentuknya kurang sempurna, untuk rasa tetap dijamin lezatos. Gimana nggak lezat, telur dadarnya aja sudah gurih ditambah keju pastinya tambah gurih, ya khan?

KRAFT Crolette Diarynovri
KRAFT Crolette ala Chef Novri

Tapi penasaran nggak sih, gimana supaya crown nya bisa tegak paripurna bak mahkota Ratu Elizabeth ? Ini dia tips nya :


1. Wajib pakai Keju Kraft Cheddar. Believe it or not, resep ini bakalan sukses hanya jika menggunakan #KejuAsliCheck yaitu keju KRAFT Cheddar. Karena tekstur kejunya yang lembut, melted-nya pas dan tidak mudah patah ketika diparut sehingga bisa dibentuk menjadi crown.


2. Gunakan wajan anti lengket yang kering ketika memanaskan keju parut. Jika kita memakai wajan bekas goreng dadar telur, lap dulu permukaan wajan menggunakan tisu dapur yang menyerap minyak sampai bersih dan kering. 


3. Gunakan api kecil saat membentuk crown. Setelah KRAFT Cheddar diparut dan telur dadar diletakkan ditengahnya, tunggu sekitar 4 menit atau sampai keju berubah warna kuning keemasan. Kemudian angkat pelan-pelan pakai sutil kayu atau silikon tahan panas yang lebarnya tidak melebihi lebar lipatan dadar gulungnya. Saat diangkat otomatis keju parut yang sudah melt akan turun dan mengeras, kemudian pelan-pelan dibalik sehingga mendapatkan bentuk crown yang cantik.


4. Jangan lupa berdoa sebelum eksekusi


Di bulan penuh berkah Ramadan, menu ini juga cocok jadi sajian takjil buka puasa atau makan sahur. Kandungan KRAFT Cheddar yang tinggi kalsium dan protein dapat membantu menjaga tubuh tetap kenyang lebih lama. Bikinnya mudah, rasanya lezat dan nutrisinya padat. Pastinya KRAFT Crolette akan jadi menu yang ditunggu-tunggu saat berbuka, atau menu yang bikin anak jadi gampang bangun saat sahur. Gimana buibu, yakin nih nggak mau re cook KRAFT Crolette ?


Artikel ini turut memeriahkan Lomba Blog KRAFT Crolette yang diadakan oleh KRAFT bekerja sama dengan Komunitas Ibu-Ibu Doyan Nulis ( IIDN ), dalam rangka kampanye #KejuAsliCheck. Kampanye ini adalah bentuk kepedulian KRAFT untuk membangun awareness di kalangan ibu-ibu dalam memilih keju cheddar berkualitas. Lakukan #KejuAsliCheck sebelum membeli dengan cara :


  • Melihat komposisi bahan baku dan memastikan keju cheddar pada urutan pertama ( bukan air atau tepung )
  • Memiliki klaim nutrisi pada kemasan
  • Lakukan checklist : cek kemasan, cek label, cek ijin edar dan cek tanggal kadaluwarsa  

keju asli check

Kompetisinya berlangsung tanggal 2 - 20 April 2022. Ada hadiah total 10 juta rupiah bagi pemenang. Info lengkapnya bisa teman - teman cek di website IIDN.


flyer lomba blog IIDN


Yuk bagikan informasi dan artikel ini ke teman kalian supaya lebih banyak yang tahu tentang KRAFT Crolette 👑 dan info lomba blog nya. Semoga bermanfaat. 


Sumber Informasi:

www.hellosehat.com - Manfaat Makan Telur Bagi Kesehatan 

instagram @kraft.id - KRAFT Crolette

2 komentar:

  1. Mau bikin buat sahuuur 😄😄. Udah kebayang enaaak banget, apalagi aku dan anak2 penyuka keju mba. Selama ini kalo bikin telr dadar selalu tambahin cream cheese di dalamnya. Jadi ada alternatif deh, kali ini pake keju parut 😄. Kebetulan urusan keju akupun slalu Kraft. Udh pasti paling enak juga .

    BalasHapus
  2. aku sendiri suka nyemilin keju ini mbak hahaha, enak soalnya
    dan crolette belum pernah aku coba bikin, liat resep ini kayaknya perlu dicoba juga

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca. Jika kalian mempunyai pertanyaan terkait artikel ini, silakan drop pertanyaan di kolom komentar, bukan melalui private chat atau media sosial.
Thank you!