Pengalaman Ngevent Pertama Kali ( Pengalaman Pertama Kali Mendapat Uang Dari Nge Blog ) - diarynovri

Minggu, 28 Maret 2021

Pengalaman Ngevent Pertama Kali ( Pengalaman Pertama Kali Mendapat Uang Dari Nge Blog )

Pic source : UnSplash


Saya pernah mendapat pertanyaan dari seorang kawan.. 

"Mbac... iku sampean nulis-nulis ngunu entuk duit ta... ajarin aku po'o..."

artinya kurang lebih begini,

"Mbak, kamu nulis-nulis ( di blog ) gitu, dapat uang ya... ajarin akau dong.."

Terkesan blak-blakan ya, langsung to the point gitu. Tapi jangan kaget lah, iki Suroboyo rek.. 


Mendapat pertanyaan seperti itu, malah saya yang ternganga. Bingung jawabnya. 

Pengen tak jawab..  "Tidak semudah itu, ferguso..." haha.. nggak deng.. saya kan baik. 


Sebuah blog, dapat menghasilkan jika bisa dimonetisasi dengan baik. Ya tentu saja si empunya blog harus paham dulu seluk-beluk blogging seperti SEO, algoritma, supaya bisa sukses mendulang cuan di google adsense

Tapi jangan khawatir, ada beberapa ceruk peluang penghasilan dari blog, selain adsense. Contohnya :


  • Kerjasama review produk
Kerjsama review produk datang dari  brand yang memercayakan produknya, untuk di review  dan dipublikasikan melalui blog ini. Penawaran bisa datang langsung dari brand, atau melalui agensi. Kerjasama ini biasanya  sepaket dengan publikasi di media sosial, saat ini medsos yang banyak dipakai yaitu Instagram. 

Dari review produk ini, blogger mendapat benefit free produk dan fee, tentunya. Besarannya tidak sama antara satu brand dengan brand lainyya. Bisa juga mengikuti rate card si blogger. 

  • Kerjasama content placement
Pada kerjasama content placement,  blogger tinggal memuat materi artikel yang sudah diberikan oleh klien. Kalau saya, biasanya saya 'nego' agar artikel boleh saya edit agar sesuai dengan gaya bahasa saya. Biasanya sih, klien tidak keberatan selama tidak mengubah makna dan tujuan artikel itu sendiri. 

  • Liputan event
Liputan event yang mengundang blogger biasanya launching produk baru dari brand. campaign produk, hingga sosialisasi program pemerintah. Di acara ini nggak cuma ketemu sesama blogger, tapi wartawan juga. Seru sih buat saya, itung-itung hang out  dapat duit pula.

Sayangnya, sejak pandemi COVID 19  melanda, liputan event banyak yang ditunda dan dibatalkan. 

  • Hadiah Lomba
Memang nggak gampang sih menaklukan lomba blog. Tapi siapa tahu hokinya teman-teman di lomba blog. Ada buku kecil Tips Mengikuti Lomba Blog  karya mas Harris Maulana yang pernah saya pelajari dan alhamdulillah membawa saya meraih juara 1 Writing Contest Kategori Blogger yang diadakan oleh Nutrisi Untuk Bangsa  


( yup, beberapa alternatif penghasilan dari blog versi saya, jika teman-teman punya pengalaman yang lain, please feels free, tulis di komentar yaa..)


Oke, setelah paham peluang penghasilan dari blog, lalu apa yang harus kita lakukan sebagai blogger pemula


1. Hapus mindset, nge blog untuk uang. 

Gimana sih mbaac, katanya ngeblog untuk menghasilkan uang ? Iyaa... akan tetapi susah jika di awal kita ingin nge blog langsung untuk mendapatkan uang secara cepat. Kecuali jika kalian sudah punya skill blogging yang mumpuni.  


2. Perbanyak kunjungan ke blog lain, atau istilahnya blogwalking

Tidak hanya berkunjung, tinggalkan juga jejak berupa komentar yang sopan untuk si empunya blog. Blogwalking akan membantu kita menjalin relationship dengan blogger lain.


3. Nulis, nulis, nulis ! 

Punya blog jangan dianggurin. Tentukan spesifik niche yang akan kita tulis. Tentunya yang kita tulis adalah bidang yang kita pahami, agar tulisan kita bermanfaat bagi pembaca.


4. Gabung Komunitas Blogger

Komunitas ini macem-macem ya, ada yang based on lokasi tinggal per kota atau wilayah, ada juga yang komunitas blogger secara umum tanpa ditentukan lokasi tinggal. Komunitas blogger ini banyak kita jumpai di Facebook. Jangan lupa, ikuti rule of the game, alias tata tertib dari setiap komunitas yang kita ikuti ya. Be nice !


5. Jangan berhenti upgrade ilmu. Ilmu blogging itu luas. 

Dari komunitas dan teman sesama blogger kita bisa mengembangkan ilmu duna blogging. Terus update dan upgrade


Pengalaman Pertama Kali Dapat Uang dari Nge Blog

Awal punya blog, saya sama sekali nggak ada gambaran bahwa menulis di blog bisa menghasilkan cuan. Saya mulai nge blog sekitar tahun 2010.  Waktu itu internet masih barang mewah buat saya. Laptop juga nggak punya, modem apalagi. Setelah punya blog ( dibuatkan teman), mulailah nabung buat beli laptop dan modem. Gile lu ndro, beli modem  jaman segitu sejuta lebih loh... Cerita lengkap awal nge blog bisa kalian baca disini


Long story short,

saya dihubungi mbak Amma untuk ikutan di event produk susu formula untuk anak. Itu di tahun 2017. Koordinator event waktu itu adalah mbak Haya Aliya Zaki, seorang blogger senior dari ibukota. Tapi Mbak Haya nya nggak datang ke Surabaya, mungkin karena itu event di Surabaya di sub koordinatorkan ke mbak Amma. 


Lokasi event di salah satu mall di Surabaya, dengan dresscode kuning seperti corporate colour brand yang mengadakan event. Senang? Sudah pasti dong.. Meski rasanya dominan deg-deg an dan bingung bercampur aduk jadi satu. Segala arahan di brief saya baca berulang-ulang dan saya ikuti. Takut ada yang kelewat. Kali pertama kali hadir di event, ada artis Syahnaz Haque dan psikolog-psikolog kondang sebagai nara sumbernya.  Sayangnya saya nggak pede buat ngajak foto mbak Syahnaz. Haha.. 


Alhamdulillah, event pertama yang saya ikuti berjalan lancar. Artikel liputan event pertama saya bisa dibaca di blog ini berjudul Percaya Diri Melepas si Kecil Bereksplorasi 

Setelah semua laporan  saya serahkan, masuklah transferan fee nge blog saya yang pertama. Terharu :'(

That's all, sekelumit pengalaman saya mendapatkan uang dari nge blog. 

Semoga bermanfaat 🤍

2 komentar:

  1. Nulis, nulis, nulis.. yap, bukankah itu memang sejatinya jadi blogger.

    Betul banget mbak bahwa kalaupun memang bertujuan untuk uang, lucunya, untuk mencapai itu para blogger seharusnya melepaskan pikiran tentang uang. Kalau pikiran itu tetap ada yang hadir adalah tekanan dan kalau tekanan sudah hadir, biasanya malah jadi nda kreatif dan akhirnya tidak bisa menulis dengan lancar.

    Pada akhirnya proses tidak akan mengkhianati hasil. kalau sesuatu memang ditekuni dengan sungguh-sungguh , suatu waktu akan ada manfaat yang akan hadir dengan sendirinya.

    Miriplah dengan menanam bibit pohon. Butuh waktu agar pada akhirnya pohon itu memberikan hasil

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nice thought mas Anton, terima kasih sudah mampir ^^

      Hapus

Terima kasih sudah membaca. Jika kalian mempunyai pertanyaan terkait artikel ini, silakan drop pertanyaan di kolom komentar, bukan melalui private chat atau media sosial.
Thank you!