Dear FutureMe, Menulis Surat Untuk Diri Sendiri di Masa Depan

futureme
ilustrasi menulis surat ( source : unSplash )


Ada yang tahu FutureMe ?

Situs untuk menulis surat kepada diri sendiri di masa depan. Semacam versi digital dari menulis surat dan menguburnya di kapsul waktu, untuk dibuka beberapa tahun mendatang. ( kayak di film-fim itu, heheh..) Sebenarnya bukan hanya untuk diri sendiri juga sih, karena email tujuan bisa ditujukan ke email orang lain. Tapi konsepnya, situs ini menyediakan fitur untuk berkirim surat kepada diri kita di masa mendatang. 


Menurut saya, ini menarik banget. Menulis sesuatu di masa kini dan membacanya di masa depan. Saat itu ( asumsi jika panjang umur yah.. hanya Allah yang tahu ) mungkin kita akan senyum-senyum membaca curhatan di masa lalu. Bisa juga sambil mereview target-target yang diharapkan oleh diri kita di masa lalu, apakah sudah tercapai di tahun tersebut. 


Kayaknya seru ya ? Sebenarnya saya juga baru pakai sekali, bulan lalu ( November 2022 ). Bertepatan dengan bulan lahir saya, saya menuliskan surat untuk diri saya satu tahun ke depan. Baru sebulan berlalu, saya sudah lupa isi suratnya. Ketika saya buka lagi, ternyata situs menyembunyikan isinya, disertai tulisan "this letter is time travelling". Duh.. bikin penasaran kan ? Jadi nggak sabar nunggu ulang tahun di tahun depan supaya bisa membaca suratnya. 


futureme

futureme
my letter is on the way to the future 😁


Bagaimana cara menulis surat di FutureMe ?

Gampang banget! Langsung masuk ke situs FutureMe . Begitu situs terbuka, akan muncul field untuk menulis surat dengan diawali, Dear Future Me.. langsung lanjutkan saja. Bisa curhat, cerita kisah-kisah lucu ataupun hal-hal silly tentang diri sendiri. Namanya juga ngobrol sama diri sendiri, bebas kan..?



Kita bisa pilih lamanya surat akan dikirimkan. Ada pilihan 6 bulan, 1, 3, 5 atau 10 tahun dari sekarang, atau memilih tanggal yang dikehendaki. Kemudian mengisi alamat email tujuan. nomor ponsel dan klik "send to the future" surat kita akan berkelana di ruang waktu menuju masa depan.

Oiya, sebelum mengirim surat kita diwajibkan untuk login dulu, alias membuat akun di situs ini. Jangan khawatir, gratis kok ! 

Ada pilihan untuk support FutureMe dengan donasi Rp. 19.999 tapi nggak wajib. Eh ada juga sih FutureMe premium, kayaknya ada fitur-fitur premium yang nggak ada di akun free. 


Manfaat Menulis Surat Untuk Diri Sendiri

Menulis surat untuk diri sendiri mungkin aneh bagi yang belum terbiasa. Tapi hal sederhana ini bisa terasa sangat istimewa, seistimewa jika kita memberi hadiah kepada diri sendiri ( self reward ). Menulis surat untuk diri sendiri bisa menjadi media diri kita untuk menyemangati diri sendiri. Siapa lagi yang paling peduli dengan diri kita, selain kita ?

Selain menyemangati diri sendiri, ada manfaat lain dari menulis surat untuk diri sendiri,

❤ Menentukan Tujuan di Masa Depan

( pic source : UnSplash )

Istilah trennya resolusi. Awal tahun sibuk menyusun resolusi, di penghujung tahun eh.. lupa kesimpan dimana... ( Siapa hayo..? ) Menulis surat ke diri sendiri di masa depan bisa juga sebagai antisipasi, kalau-kalau lupa dengan resolusi yang pernah ditulis.


❤ Evaluasi Pencapaian Pribadi

( pic source : UnSplash )


Surat dari masa lalu, akan jadi bahan evaluasi pencapaian ataupun perubahan-perubahan dalam hidup kita. Entah itu perubahan positif atau negatif, karena ditulis dengan jujur oleh diri sendiri tidak perlu malu untuk mengakui kekurangan, ataupun jika ingin menyanjung pencapaian diri sendiri. Bebaas..!

❤ Menuliskan Kenangan dengan Detail

Kapasitas memori manusia yang terbatas tanpa sadar kita melupakan beberapa lapisan memori yang mengendap di otak. FutureMe membantu mengingatkan kenangan-kenangan dengan detail, jika kita menuliskan dan mengirimkannya ke masa depan. Dirimu di masa depan pasti akan surprais membacanya !

❤ Mind Decluttering

( pic source : UnSplash )


Bukan hanya isi rumah saja yang perlu di declutter. Ketika isi kepala sudah overload, tapi tidak ada orang atau media yang pas untuk menumpahkan, tidak ada salahnya mencoba FutureMe untuk merapikan isi kepala. Worth to try !


Bagaimana, apakah tertarik untuk mencoba ? Atau malah sudah pernah mencoba situs ini dan sudah menerima surat dari diri sendiri di masa lalu ? Cerita-cerita yuk, gimana rasanya ?



Posting Komentar

43 Komentar

  1. Wow, aku baru tau nih, mba. Unik yaa aplikasi FutureMe ini, bisa menulis surat untuk diri sendiri. Ini bisa banget buat teman-teman yang suka bikin goals jangka panjang, dituliskan di FutureMe sekaligus sebagai reminder bahwa kita pernah punya goals tersebut dan sudah terwujud atau belum, gitu ya, mba.

    BalasHapus
  2. Ada ya situs seperti ini, menulis surat untuk diri sendiri. Mungkin isinya lebih kepada motivasi ya, agar kita tahu bagaimana kita dimasa sekarang dan akan bisa memperbaiki jika ada kekurangan. Jadi penasaran nih, jadi pengin mencoba juga.

    BalasHapus
  3. Baru tau nih kak, ada situs kayak gini. Nulis di FutureMe jadi semacam selftalk gitu ya.

    BalasHapus
  4. Seri banget aplikasi dear future me, Worth to try nih, supaya isi kepala TDK terlalu dipenuhi hal2 yg tidak terlalu penting Yaa, mba. Supaya bisa lebih fokus PD kemajuan diri dan lebih terarah.

    BalasHapus
  5. Mind decluttering ini penting banget ya mba. Memilah 'sampah" dan membuat kita fokus untuk meraih target positif dalam hidup.

    BalasHapus
  6. Unik bangett..
    Aku pikir cara terbaik untuk nostalgia adalah dengan membaca buku diary. Tapi ini menuliskan apapun untuk future me.
    Rasanya bisa menjadi ajang bersyukur atas keadaan masa depan bila mengingat masa lalu yang mungkin ada kurang-kurangnya.

    BalasHapus
  7. Baru tahu ada situs Future Me, pingin nyobain lagi nulis surat untuk diri sendiri, jadi ingat buku diari waktu masih kecil, suka senyum-senyum sendiri kalau baca lagi dan ajaibnya mimpi masa kecil ada beberapa yang bisa diwujudkan. Sayangnya beberapa buku diari ngak bisa diselamatkan, soalnya kebuang mama saat beres-beres gudang wkwkwk, kira-kira situs ini masih bisa diakses sampai tahun-tahun setelahnya kan?

    BalasHapus
  8. Pingin banget menerapkan ini tapi masih banyak alasan. Semoga segera bisa menerapkan

    BalasHapus
  9. menarik nih mbak, saya belum coba situs ini, decluttering penting la supaya ga penuh termasuk isi kepala saya, hal ini ga mudah perlu latihan juga

    BalasHapus
  10. Wah ada situsnya ya
    Aku dulu pernah sih nulis surat untuk diriku di masa depan
    Emang biasanya pas akhir tahun gini

    BalasHapus
  11. wahs aya belum pernah menulis surat untuk diri sendiri, ah jadi penasaran saya ingin mencobanya, iya juga ya, sebagai doa juga semoga kedepannya mimpi yang kita tulis tercapai aamiin

    BalasHapus
  12. Wah, keren ya situs ini. Saya baru tahu. Semacam menulis untuk sahabat padahal diri sendiri. Bisa jadi sarana refleksi diri di masa depan. Bagus juga untuk mencatat goal-goal pribadi dan sarana untuk nostalgia dan rekam jejak.

    BalasHapus
  13. Jadi pengen cobaaa, kayaknya seru buat kegiatan awal tahun sekaligus resolusi di masa depan

    BalasHapus
  14. Pernah dengar soal situs ini tapi bary tahu kalau punya fungsi keren seperti ini. Menarik sekali

    BalasHapus
  15. Menarik banget nih. Aku baru tahu ada yang begini. Bisa buat curhat juga dong ya. Mengenang dan menguatkan diri sendiri ketika membacanya. Jadi pengen nyobain.

    BalasHapus
  16. Wah kepo situsnya ini rtersimpan apa yang kita tulis ya mbak? bisa dibaca orang ga heheh kadang kan tulisan saya kayak curcolan jadi malu kalo dibaca orang

    BalasHapus
  17. Unik juga ide aplikasinya ya Mbak. Jadi memberi kesempatan dan penghargaan ke diri yang telah berjuang menjadi versi terbaik diri sendiri. Ah, jadi terharu aku.

    BalasHapus
  18. Belum pernah aku mba Nov, jaman sekarang udah canggih ya bisa begini jadi pengen ikutan dirimu nih

    BalasHapus
  19. Wihiiii ciamiikk bgt nih app nya.
    Pan kapan boleh lahhh dicoba.
    Btw, aku jg kdg suka amazed dgn postingam blogku yg jadul2 gt mba.

    Mbatin "loh mosok aku biyen nate nulis gini yakk qkqkqkkq"

    BalasHapus
  20. Jujur baru tahu ada situs keren seperti ini. Bisa jadi sarana menyimpan milestones. Thanks for sharing, Mbak.

    BalasHapus
  21. Jadi ingin mencoba juga menulis surat untuk diri sendiri hehe. Apalagi itu sesuatu banget nunggu ulangtahun dulu baru bisa kebuka isinya ya.

    BalasHapus
  22. Jadi pingin ah bikin surat di Future Me
    Semoga gak malu baca setahun kemudian hehehe
    Karena menurut saya penting banget bikin resolusi
    agar hidup jadi terarah, walau banyak godaan untuk singgah kesana-sini dulu :D

    BalasHapus
  23. Wah wah wah menarik banget ini Mbak. Saya jadi pengen nyoba deh. Tadinya bahkan hingga saat ini, selain menulis di blog, saya juga membuat banyak buku diary yang masih ditulis tangan. Semuanya saya buat sebagai legacy yang bisa dibaca di masa mendatang baik saat saya masih hidup maupun sebagai kenang-kenangan untuk orang-orang terkasih disaat saya sudah wafat. Ntar coba tak intip ah FUTUREME ini.

    BalasHapus
  24. Jujur sih baru denger ada aplikasi/fitur FeatureMe dari baca artikel kk. Wah resolusi skrg bisa ditulis untuk dibaca di masa depan ya? Jadi penasaran pengen cek FutureMe ini.

    BalasHapus
  25. Saya baru tahu ada situs menulis surat untuk diri sendiri, Mbak. Dan sebenarnya, dari masa pandemi, saya ingin menulis surat untuk diri sendiri yang ceritanya seputar kejadian atau apa saja yang saya alami selama pandemi. nanti Insya Allah akan saya baca 5 tahun lagi hehehe.
    Dan kayaknya, saya pernah menonton film dari ide ini. Salah satunya beberapa anak menulis surat untuk masing-masing dirinya, lalu memasukkan di botol dan dikubur. Saat mereka dewasa baru dibaca kembali.

    BalasHapus
  26. Gak mudah menuliskan apa yang kita rasakan saat ini dan mengapresiasinya apapun itu.
    Tapi kudu banget kita memberikan compliment bagi diri sendiri agar di masa depan, saat kita membaca surat untuk masa depan ini, kita paham betul apa yang kita rasakan saat ini dan semoga bisa menjadi penyemangat.

    BalasHapus
  27. Info yang menarik mbak, dan saya tertarik untuk mencobanya. Menulis saat ini dan di masa depan bakal dapat kiriman email yang isinya surat yang ditulis di masa lalu. Gimana ya rasanya......

    BalasHapus
  28. Baru tau, ternyata ada ya web menulis surat untuk diri sendiri, menarik banget! Waktu itu lewat di beranda Instagram, ada yang bikin surat untuk diri sendiri dan dimasukkan ke jar, nantinya akan dibaca di tahun berikutnya.. cobain juga deh Dear FutureMe ini

    BalasHapus
  29. Pengalaman seru menulis di platform menulis. Menjadikan setiap momen tercatat dengan baik dan terbaca oleh diri sendiri dan pembaca.

    BalasHapus
  30. Seru juga sih kayaknya. Kita bisa curhat tentang orang yang kita sukai saat ini. Terus biarkan suratnya berkelana. Lalu kita baca di masa depan ketika kita udah punya pasangan halal. Entah siapa dia. Seru... Seru...

    BalasHapus
  31. Ini sisi lain dari diary tapi dimasukkan ke time capsul ya mbak
    aku sering dulu nulis ke diri sendiri, kebanyakan sih kalo lagi sedih hahahhaaa

    makanya sekarang punya blog yang satu open dan satunya private biar berasa time capsul

    BalasHapus
  32. Menarik ini...baru tahu tentang futureme ini,asyik juga buat mind decluttering terutama secara sehari-hari pengin buang kemana nih segala isi kepala...Makasih sharingnya ,mau nulis juga ah surat buat diri sendiri

    BalasHapus
  33. Eh baru tahu ada situs kayak gini jadi keinget drama First Love yang pake nulis surat buat masa depan juga. Kayaknya bakalan seru ya dan lebih mudah juga buat melacaknya. Asal emailnya masih kepake aja. Hehe

    BalasHapus
  34. Wih, asyik. Lucu juga ya kalau nulis surat buat diri sendiri di masa depan. Dahulu pas perpisahan dengan teman-teman kuliah, kami juga menulis surat untuk diri kami di masa depan, harusnya sih sudah dibuka amplop tulisan tangan kami itu pada 2020 lalu, tapi buktinya sampai sekarang belum juga ada waktu yang pas bagi kami untuk mengadakan reuni akbar yang benar-benar semuanya bisa datang. Ini pakai web aplikasi gitu ya. Menarik.

    BalasHapus
  35. Boleh dicoba njh buat bikin agenda sehari2 juga bisa ya mba.. selain buat surat gitu aplikasi FutureMe menarik bngt juga

    BalasHapus
  36. seru banget mencoba aplikasi baru ya pastinya menemukan sensasi yang bagus untuk dicoba nih

    BalasHapus
  37. Jadi ingat ketika menemukan tulisanku jaman dahulu di diary dan multiply. Ngakak bacanya. Ya Allah jadi gini tulisanku jaman jadul dulu. Aku di masa depan aja geleng geleng kepala. Gimana kalau aku ngirim ke diriku sendiri di masa depan nanti. Pasti lebih ngakak lagi ya. Wkwwkwk

    BalasHapus
  38. Wah boleh tuh dicoba aplikasinya. Secara sekarang menulis lebih simple nulis di hp atau di laptop

    BalasHapus
  39. Terimakasiiiih mba. WWwah seru bangettttt aku langsung buka webnya dan mau cobain. Karena aku guru online bahasa Inggris aku juga mau nyuruh anak anakku buat bikin juga. Makasih ya mbaaa sangat berguna!

    BalasHapus
  40. Aku pernah cobaaaa mba. Tapi bukan lewat futureme ini Yaa. Jadi waktu itu Ama Bbrp temen bloggers, saling bikin surat buat diri sendiri setahun yg akan datang. Yang jadi pemegang suratnya mba creameno 😄. Jadi pas setahun, dikirimin tuh semuanya. Ya ampuuun aku sampe lupaaaa loh kalo ikutan wkwkwkwkwkw. Teus ketawa sendiri bacanya , 🤣. Memang seru, dan jadi sadar kalo banyak resolusi yg tercapai saat itu 😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah seru juga ya bisa bikin kayak gitu mba.. kepikiran aja idenya.. surprise pasti ya, baca tulisan setahun yang lalu.. karena kebanyakan kita akan lupa apa aja yg sudah ditulis.. dan ternyata goalnya banyak yang tercapai.. kereen

      Hapus
  41. Setahun kemudian pas baca, kemungkinan akan senyum senyum sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha, betul sekali.. terima kasih ya, sudah mampir.. sukses untuk app kalendernya^^

      Hapus

Haloo, terima kasih sudah membaca ! Jika kalian mempunyai pertanyaan terkait artikel ini, silakan drop pertanyaan di kolom komentar, bukan melalui media sosial. Jangan gunakan profil 'unknown' ya .. ( maaf banget niih, komentar 'unknown' dan meninggalkan link hidup tidak saya tampilkan )